Cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4, Trik Lolos!

cara daftar kartu pra kerja

belajarbersamayudha.com – halo teman teman hari ini saya akan memberikan tutorial cara daftar kartu pra kerja agar kamu bisa mudah lolos dan bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Pada bulan agustus tanggal 8 kemarin tepatnya jam 12.00 WIB pendaftaran kartu prakerja sudah resmi dibuka.

Sekitar kurang lebih 2 bulan ini kartu prakerja pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan kartu prakerja.

Dan sayarat yang berlaku untuk mendaftar kartu prakerja adalah orang asli indonesia  yang usianya diatas 18 tahun dan tidak sedang kuliah

800 ribu kuota sudah disiapkan dan bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri bisa langsung mengunjungi situs www.prakerja.go.id

Baca Juga:

Memang kuota pendaftaraan pada kartu prakerja gelombang 4 ini memang lebih banyak dibandingkan gelombang sebelumnya yang hanya menerima 200 ribu kuota saja.

Pada acara video confrence jumat lalu (7/agustus/2020)  susiwijiyono moegiharso atau sekertaris menko bidang perekonomian mengungkapkan bahwa pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 akan dimulai pada 8 agustus 2020.

Kesempatan bagi karyawan PHK untuk Mendaftar Kartu Prakerja.

Peserta yang kemungkinan akan mendapat bantuan kartu prakerja adalah karyawan yang terkena PHK dari perusahaan akibat pandemi virus corona ujar beliau.

Masyarakat yang diutamakan untuk mendapat kaertu prakerja adalah karyawan yang namanya sudah tercantum di kementran ketenagakerjaan. Dan kini data yang masuk sudah mencapai 3 juta karyawan PHK.

Bagi kalian yang terkena dampak pandemi ini tetap diberkan kesempatan untuk daftar kartu prakerja siapa tahu beruntung dan bisa lolos.

Kartu prakerja ini merupakan salah satu program yang di unggulkan dari presiden jokowi dan menargetkan dalam 30 gelombang pendaftaran kartu prkakerja ini dan kurang lebih sebanyak 5,6 juta jiwa.

Jadi buat kalian jangan kuatir tidak di terima karena kesempatan dan peluang  untuk diterima ketikan daftar karrtu pra kerja akan lebih banyak.

Saat ini program kartu pra kerja ini sudah mencapai di gelombang ke 3 yang sudah dapat berjalan dan kuota yang masuk hingga saat ini tidak sampai 700 ribu jiwa.

Sebelum kalian mendaftar kartu prakerja pada gelombang ke 4 ini perhatikan cara agar kamu bisa lolos untuk mendapat kartu prakerja dengan langkah berikut ini.

Tips Lolos Daftar Kartu Pra kerja Gelombang 4 ( Online )

Sebelum mendaftar pastikan komputer / smatphone yang kamu miliki memiliki kuota initernet karena untuk mendaftar kartu prakerja di lakukan secara online.

Dan berikut ini adalah langkah – langkah untuk mendaftar kartu prakerja.

Cara Membuat Akun Kartu Pra kerja

cara daftar kartu pra kerja

Langkah awal untuk daftar kartu prakerja adalah kamu harus memiiliki akun. Dan berikut ini adalah cara membuat akun pra kerja :

  1. Kunjungi Situs www.prakerja.go.id di google
  2. Pilih menu daftar sekarang
  3. Isi kolom yang sudah disediakan seperti email, password dan juga data diri seuai KTP yang kamu miliki.
  4. Ketika sudah di isi cek email kalian dan pilih verifikasi
  5. Pastikan verifikasi dapat berhasil
  6. Kemudian setelah berhasil melakukan verifikasi bisa langsung login di situs pra kerja di atas

Syarat untuk memenuhi cara daftar kartu pra kerja adalah harus memiliki akun dan bagi kalian yang sudah punya akun bisa langsung mendaftarkan diri di situs pra kerja tersebut. Dan dibawah ini adalah langkah nya :

Cara Mendaftar Kartu Pra kerja

Berkut ini adalah langkah – langkah untuk registrasi kartu prakerja.

  1. Buka situs www.prakerja.go.id
  2. Memasukan email dan password dari akun prakerja yang sudah kamu buat tadi
  3. Mengisi data diri secara lengkap sesuai dengan KTP
  4. Upload foto Selfie dengan ktp dan foto ktpnya juga
  5. Lakukan verifikasi kartu prakerja dengan memasukan nomor hp kalian yang masih aktiv karena setlah itu kalian akan menerima kode verifikasi tersebut.
  6. Setelah menerima kode OTP masukan kode tersebut di kolom verifikasi.

Jika kamu sudah mengikuti 2 langkah yang sudah saya uraiikan diatas di pastikan kamu sudah memiliki sebuah akun dan sudah resmi terdaftar menjadi calon penerima kartu prakerja.

Tapi ini belum selesai karena kamu harus mengikuti 2 langkah lagi yaitu adalah.

Cara Mengikuti Tes Kompetensi Kartu Pra Kerja

Ketika akun kartu prakerja sudah siap langkah selanjutnya adalah kamu harus mengikuti tes ini dan juga harus mengisi beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan sebagai tahap seleksi.

Kira kira waktu yang ditetapkan untuk mengisi 18 soal adalah 25 menut. Setelah kamu selesai mengikuti langkah ini tuggu saja beberapa hari maka kamu akan mendapat kabar diterima atau tidaknya melalui sebuah pesan yang akan dikirim di ponsel kalian.

Mengikuti sebuah pelatihan

Bagi kamju yang sudah berhasil dan lolos mengikuti tahap seleksi kartu prakerja di atas maka kamu akan mendapatkan insetif sebesar 3.5 juta yang akan masuk di saldo akun kartu prakerja kalian.

Tapi saldo tersebut tidak bisa langsung di cairkan karena akan di bagi lagi untuk membayar biaya pelatihan senilai 1 juta dan sisanya akan diberikan setiap bulan sebesar 600 ribu.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Secara Offline

Bagi kalian yang bingung dengac cara daftar kartu pra kerja secara online maka diberikan kesempatan untuk mendaftarkan secara offline melalui lembaga pemerintah dengan mendatangi kantor dinas ketenagakerjaan .

Dan berikuti ini adalah sayarat untuk mendaftar pra kerja yang dilakukan secara offline :

Melengkapi data dari formulir yang sudah di sediakan pemerintah

  • Mengisi nama sesuai dengan ktp
  • Mengisi NIK ( Nomor Induk di KTP)
  • Mengisi tempat dan tanggal lahir
  • Mengisi no hp
  • Mengisi alamat lengkap sesuai ktp
  • Mengisi no kk
  • Mengisi pendidikan terakhir di formulir
  • Mengsi status apakah masih bekerja atau tidak
  • Mengisi minat sesuai keinginan

Jika sudah mengisi formulir pendafataran di atas selanjutnya adalah dengan melampirkan foto kopi ktp dan mengisi formulir lanjutan yang sudah di sediakan atas kesediaan mendaftar pra kerja

Itulah beberapa tips dan cara daftar kartu pra kerja pada putaran 4 agar kamu bisa lolos dan mendapat bantuan dari program prakerja tersebut.

Cobalah mendaftar bagi kamu yang memang terkenda dampak covid-19 ini dan jika memang tidak membutuhkan jangan mendaftar ya supaya kita memberikan kesempatan kepada orang yang lebih membutuhkan. Semoga berhasil!

 

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!