6 Cara Membuka HP Yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Menggunakan ponsel Android pasti tidak akan terlepas dari sebuah kendala atau masalah. Entah itu dari System yang Error atau Human Error. Misalnya, seseorang lupa kata sandi pada ponsel yang digunakan. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah agar sandi di HP yang terkunci bisa dibuka kembali.

Smartphone Android yang terkunci atau lupa kata sandi bisa Anda atasi melalui berbagai cara. Menurut kami cara termudah adalah dengan menggunakan panggilan darurat. Melalui nomor panggilan darurat, Anda bisa mengakses menu pengaturan tanpa harus memasukan kata sandi yang sudah lupa.

Namun nomor panggilan darurat HP lupa sandi ternyata berbeda-beda. Misal HP merk Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi semua memiliki nomor panggilan darurat yang berbeda.

Tetapi kamu tidak usah khawatir karena kami akan membagikan cara membuka HP lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat tanpa menghilangkan data.

Namun sebelum itu kami akan membagikan nomor panggilan darurat untuk HP yang lupa kata sandi.

Nomor Panggilan Darurat HP Android

Berikut ini adalah kontak Emergency Call untuk berbagai merk HP.

1. Nomor Panggilan Darurat HP Samsung : 911

2. Nomor Panggilan Darurat HP Oppo : 112

3. Nomor Panggilan Darurat HP Vivo : *#000009#0*##0

4. Nomor Panggilan Darurat HP Xiaomi : 911 dan 112

Cara Membuka HP Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Cara Membuka HP Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Membuka ponsel yang terkunci oleh kata sandi yang lupa yaitu pola, PIN, dapat ditangani dengan mudah melalui beberapa cara. Namun cara yang paling efektif dan aman menurut kami adalah menggunakan panggilan darurat.

Cara lain seperti mengatur ulang data adalah salah satu pilihan bagus berikutnya yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda coba untuk membuka kata sandi yang terlupakan melalui panggilan darurat.

  1. Klik “Emergency Call” pada layar Handphone Anda.
  2. Setelah itu masukan nomor panggilan darurat sesuai dengan ponsel yang saat ini Anda gunakan.
  3. Setelah melakukan panggilan darurat maka Anda bisa memilih menu pengaturan.
  4. Ketika berada di menu settings atau pengaturan maka Anda bisa mengganti password terbaru.
  5. Saat ini kata sandi HP sudah diperbarui dan Anda bisa mencobanya.

Jadi panggilan darurat juga bisa menjadi pilihan yang baik dan mudah saat lupa password dan akhirnya ponsel terkunci. Jika dibandingkan dengan cara reset password, sebaiknya Anda menggunakan opsi panggilan darurat karena lebih aman tanpa khawatir data Anda hilang.

Pilihan untuk menggunakan panggilan darurat di ponsel Android dapat menjadi langkah yang lebih mudah dari reset kata sandi HP. Namun, bila cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat di atas tidak dapat digunakan, Anda dapat menggunakan metode reset password.

Cara Reset Password HP Samsung Dengan Factory Reset

Saat ini kami akan membagikan pengalaman ketika melakukan reset password di HP samsung

Sebenarnya cara reset password tidak kami rekomendasikan karena semua data di ponsel Android Anda akan hilang. Tetapi ketika opsi panggilan darurat tidak dapat digunakan maka metode reset adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan.

Cara mengatasi lupa kata sandi cukup rumit adalah melakukan reset password dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Namun, Anda dapat melakukan reset sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Matikan ponsel yang ingin kalian reset, kemudian tekan tombol power + volume up beberapa saat secara bersamaan.
  2. Saat HP tersebut memunculkan Logo maka Anda bisa melepas tombol power dan volume yang tadi Anda tekan.
  3. Setelah itu maka akan muncul beberapa pilihan dan pilih Wipe Data atau Factory Reset menggunakan tombol Volume + dan Volume -. 

    > Reboot System Now

    > Rebot to Bootloader

    > Apply Update from ADB

    > Apply Update From SD Card

    > Wipe Data / Factory Reset

    > Wipe Cache Partition

    > Mount / System

    > View Recovery Settings

    > Run Graphic Test

    > Power Off

  4. Jika sudah memilih Wipe Data / Factory Reset maka selanjutnya tap “Yes” menggunakan tombol power.
  5. Langkah terakhir kalian bisa memilih Reboot System Now dan klik menggunakan tombol power.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses Reboot Selesai.

Meskipun mudah dilakukan, pengguna ponsel Samsung harus tahu bahwa tidak semua ponsel Samsung memiliki tampilan yang sama dalam mode pemulihan. Selain itu, proses reset data memerlukan waktu terkadang bisa 5 menit sampai 10 menit. Semakin banyak file waktu yang diperlukan untuk melakukan Reset Password juga semakin lama.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Pola Vivo Y91

Akhir Kata

cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat adalah pilihan pertama pada saat Anda lupa kata sandi dan tidak bisa membuka kunci ponsel. Namun, tidak semua ponsel Samsung bisa menggunakan panggilan darurat. Nah, untuk pilihan terakhir kamu bisa melakukan factory reset dengan resiko hilangnya data file yang ada di Android kalian.