Internet Pertama Kali digunakan Oleh ? Jawaban Lengkap!

arpanet

Internet memiliki sejarah yang panjang. Salah satunya adalah kapan pertama kali internet dibuat dan siapa penggunanya? internet pertama kali digunakan oleh ARPA ( Advanced Research Project Agency ) untuk tahun pembuatannya 1969.

Pembuatan internet memiliki tujuan bagi kepentingan militer Amerika Serikat. Saat itu lembaga ARPA menyebutkan dan memperkenalkan kepada dunia mengenai Hardware dan Software.

Awalnya Departemen Pertahnan ( Departement of Defense ) yang bertugas untuk menjaga keamanan lembaga pemerintahan ini membuat jaringan internet hanya untuk 4 situs saja. Situs tersebut adalah Santa Barbara , University of california, University of Utah , research institute.

Perkembangangan Internet setelah Arpanet

internet pertama kali digunakan oleh

Baca Juga:

Setelah membuat 4 situs di Amerika. Arpanet mengembangkan internet untuk seluruh dunia. Dan nengara yang pertama kali menikmati internet selain amerika adalah london. Tepatnya di kampus university college.

Orang pertama yang mempresentasikan internet adalah Vinton Cerf sehingga beliau disebut bapak  internet dunia. Vinton Cerf didalam mengembangkan internet tidak sendiri. Beliau ditemani oleh Bob Kahn dan membuat sebuah team yang bernama INWG ( International Network Working Club ).

Peristiwa Sejarah Internet pertama kali di gunakan

  • tahun 1957 : Uni Soviet atau Negara Rusia pernah meluncurkan sputnik dan wahana luar angkasa.
  • tahun 1950 : Amerika Serikat mengembangkan teknologi Komputer dan membentuk lembaga Pertahanan ARPANET atau yang biasa kita sebut lembaga yang pertama kali menggunakan internet.
  • tahun 1962 : J.C.R Liclider mengembangkan internet yang difokuskan dalam pertahanan.
  • tahun 1960 : Pengimplementasian packet switing yang awalnya hanya sebuah teori saja.
  • Tahun 1965 : Ted nelson mengenalkan istilah baru yakni Hypertext
  • Tahun 1968 : untuk pertama kalinya jaringan tymnet di buat
  • Tahun 1971 : penambahan anggota ARPANET menjadi 232 orang
  • Tahun 1972 : pertama kali bapak internet dunia Cint Cerf mempersentasikan internet
  • Tahun 1980 : Awal mula munculnya sebuah domain yang digunakann untuk menyeragamkan alamat internet.

Baca juga : cara belajar komputer di hp denga mudah

Diatas merupakan sejarah peristiwa penting didalam perkembangan internet. Sekali lagi saya tegaskan kepada anda semua bahwa internet pertama kali digunakan oleh ARPANET dan dikembangakan Oleh Vint Cerf sebagai bapak Internet dunia.

 

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!