Kenapa Bluetooth Hidup Terus: Begini Cara Mengatasinya!

Kenapa Bluetooth Hidup Terus – Sampai saat ini masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengatasi bluetooth hidup sendiri secara terus menerus di Android. Masalah seperti ini memangt sulit di mengerti apa penyebab sebenarnya. Pada kesempatan ini kami akan membahas penyebab Bluetooth hidup terus dan cara mengatasinya.

Hingga saat ini Bluetooth memang masih menjadi salah satu fitur yang penting di Android. Karena dengan menggunakan Bluetooth Anda bisa mengirimkan file tanpa harus menggunakan kabel. Selain itu juga tergolong cepat saat sedang mentransfer file ke ponsel lain.

Meskipun ada aplikasi yang memiliki fungsi seperti Bluetooth seperti Shareit. Namun aplikasi tambahan yang bisa Anda dapatkan di Playstore tersebut tetap saja membutuhkan Bluetooth yang harus hidup saat ingin mengirim file.

Jika ada yang masih penasaran dengan cara mengatasi kenapa Bluetooth hidup terus dan ingin mengetahui penyebabnya. Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya!

Penyebab Kenapa Bluetooth Hidup Terus di Xiaomi

Dibawah ini sudah kami siapkan beberapa penyebab Bluetooth yang tiba-tiba hidup sendiri dan tidak mau mati:

  • Sistem Android banyak yang sudah tidak berfungsi
  • Settingan pada jaringan GPS yang mewajibkan Bluetooth aktif
  • Perintah MI Drop untuk mengaktifkan Bluetooth secara otomatis
  • Overload penyimpanan di aplikasi Bluetooth
  • Ada aplikasi pihak ke-3 yang mengharuskan Bluetooth tetap hidup.
  • Aplikasi Bluetooth yang digunakan adalah versi lama dan harus diperbarui.

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

Cara mengatasi Bluetooth yang menyala terus yang akan kami bagikan ini merupakan pengalaman pribadi dan ada beberapa yang mengutip dari sumber terpercaya. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan cara yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Menonaktifkan dan Membersihkan Aplikasi Latar Belakang

Cara mengatasi Bluetooth nyala sendiri yang pertama adalah dengan menonaktifkan dan membersihkan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Misalnya ada aplikasi Shareit yang masih aktif maka Bluetooth akan menyala sendiri.

Meskipun kalian sudah mencoba mematikan aplikasi Bluetooth secara manual tetapi biasanya akan tetap menyala. Nah cara untuk mematikannya yaitu dengan memaksa aplikasi Bluetooth berhenti.

Cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri juga tidak susah kok. Karena kalian cukup menekan tombol dibagian sebelah home. Setelah itu klik pada icon x yang terdapat pada layar maka Bluetooth akan segera mati.

Restart Ponsel

Merestart ponsel merupakan cara mematikan Bluetooth yang hidup sendiri dengan cara paling simple. Apabila Bluetooth yang nyala sendiri tersebut dikarenakan malfungsi pada system kami menyarankan kepada Anda untuk menghidupkan Android Anda.

Biasanya di HP Xiaomi redmi 6 yang sering mengalami Bluetooth nyala sendiri. Namun juga bisa jadi berlaku untuk ponsel yang lainnya ya.

Membersihkan Penyimpanan Pada Aplikasi Bluetooth

Setiap aplikasi yang terinstall di Android akan menyimpan file tidak berguna yang akan menjadi sampah atau cache. Jadi mau tidak mau kita harus sering-sering membersihkan file tersebut. Karena bila terlalu banyak file yang tersimpan akan menimbulkan masalah seperti Bluetooth hidup terus dan tidak mau mati.

Tidak ada salahnya apabila kalian membersihkan data pada aplikasi Bluetooth, Caranya yaitu melalui pengaturan > manajer aplikasi > bluetooth lalu klik opsi dengan tulisan “Hapus Semua Data”.

Jika ingin menghapus data Bluetooth di Xiaomi redmi 6 kalian bisa masuk di setting > Kelola aplikasi > Bluetooth > hapus semua data atau hapus semua cache.

Mengupgrade Versi Android

Banyak orang yang kurang memperdulikan notifikasi yang mengingatkan bahwa Anda harus memperbarui versi Android. Padahal mengupgrade system Android dengan mengupdate versi Android sangat penting untuk menstabilkan kinerja Android Anda.

Karena jika kalian menggunakan system Android yang lawas tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi banyak masalah seperti bug yang ada didalamnya. Dan bug yang sering terjadi ada dibagian Bluetooth yang menyala terus dan fitur-fitur yang lain tiba-tiba blank.

Ubah Pengaturan Lokasi atau GPS

Hampir semua Android sudah dilengkapi dengan fitur GPS. GPS sendiri berfungsi untuk memberitahui arah jika ingin berbergian ke suatu tempat. Di fitur ini pengguna Android juga bisa mengatur GPS dengan mode Hemat Baterai, Akurasi Tinggi dan Perangkat Saja.

Apabila kalian menggunakan mode hemat baterai di GPS maka lokasi Anda akan ditentukan oleh Jaringan seluler, Wifi dan Bluetooth. Dan inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa Bluetooth hidup terus saat menyalakan GPS.

Nah untuk cara mengatasinya adalah mengubah mode GPS dari Hemat Baterai menjadi akurasi tinggi atau perangkat saja supaya Bluetooth di Android Anda tidak menyala sendiri.

Hapus Data MI Drop

Mi Drop merupakan salah satu aplikasi pengirim file di Xiaomi. Aplikasi bawaan Xiaomi tersebut tidak jauh berbeda dengan Shareit yang tadi sudah saya singgung sebelumnya. Nah untuk penggunaan aplikasi tersebut maka harus menyalakan Bluetooth.

Hal inilah yang kadang membuat pengguna Android Xiaomi terutama Redmi 6 tidak menyadari bawhwa Bluetooth di ponselnya hidup terus dengan sendirinya.

Selain itu juga sering terjadi bug pada aplikasi Mi Drop tersebut. Untuk mengatasinya bisa masuk di pengaturan > Kelola aplikasi > Mi Drop > hapus semua data.

Baca Juga: Cara mengetahui password wifi tetangga

Sekian dari kami tentang pembahasan kenapa Bluetooth hidup terus dan cara mematikan dan mengatasi Bluetooth yang nyala sendiri di HP Xiaomi Redmi 6. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sob!

You cannot copy content of this page