Belajar Konvergensi Standar Akuntansi Lengkap Untuk Pemula

konvergensi standar akuntansi

Belajarbersamayudha – Pengertian Konvergensi adalah beberpa hal yang digabungkan dengan tujuan agar dapat bertemu dan bisa bersatu dalam sebuah titik. Untuk itu arti dari konvergensi standar akuntansi atau yang dikenal dengan istilah IFRS yang berarti international financial report standart.

IFRS memiliki tujuam untuk dapat menggabungkan apa yang menjadi standar akuntansi bagi setiap negara kedalam satu titik yang sama.

Dan bagi kamu yang belum mengerti apa itu IFRS? mari kita belajar bersama. IFRS adalah standar akuntansi yang dibuat oleh  lembaga akuntansi resmi atau yang kita kenal sebagai IASB ( International Accounting Standar Board )

Apa itu Konvergensi IFRS?

Konvergensi IFRS memiliki beberapa tujuan antara lain untuk mengatur apabila ada penyimpangan didalam PSAK berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan.

Baca Juga:

Tujuan paling utama dari sistem konvergensi IFRS ini adalah Supaya IFRS terhadap PSAK tanpa harus ada perubahan apapun. Tetapi di indonesia ini belum menggunakan sistem IFRS yang diadopsi penuh dari IAS.

Pada dasarnya Konvergensi Standar Akuntansi ini lebih menekankan kepada principle base daripada rule base.

Pada tahun 2012 lalu, Indonesia sempat mengadopsi Konvergensi Standar Akuntansi secara penuh. Strategi yang dogunakanpun menggunakan 2 macam yaitu Gradual Strategi dan Big Strategi.

Namun saat ini Indonesia masih menggunakan Strategi yang Gradual. Yang berarti masih dilakukan secara bertahap. Sedangkan big strategi ini memiliki arti konvergensi standar akuntansi secara penuh atau Full Adoption.

Konvergensi IFRS ini menyasar Revisi pada PSAK supaya materialnya dapar sejalur dengan Konvergensi Standar Akuntansi. Berikut ini saya juga akan membahas manfaat konvergensi IFRS.

Manfaat Konvergensi IFRS :

  • Membuat Keefisienan dalam Menyusun Laporan Keuangan
  • Mendapatkan peluang fund raising lewat sebuah pasar modal internasional yang bertujuan untuk menurunkan biaya modal
  • Arus investasi global dapat ditingkatkan dengan cara transparansi
  • Memberikan kemudahan didalam penyusunan laporan keuangan.

Mengapa Perlu Konvergensi IFRS ?

Berikut ini adalah pentingnya konvergensi IFRS :

  • Menurangi peran dan panduan badan otoritas dari industri spesifik
  • Transaksi dan evaluasi dapat direfleksikan memlaui realitas ekonomi yang ada.
  • Memberi informasi yang baik di pasar modal internasional
  • Meningkatkan daya banding laporan
  • Mengurangi hambatan pada arus modal internasional
  • Mecegah terjadinya perbedaan ketentuan pada laporan keuangan.
  • Menghemat biaya laporan dan analisis untuk perusahaan multinasional

Mengapa Indonesia Mengacu Pada Konvergens Standar Akuntansi ?

Karena arus globalisasi yang begitu cepat terjadi. Maka mau tidak mau bangsa indonesia juga harus terjun ikut di arus globalisasi tersebut.

Alasan utama Indonesia mengacu pada IFRS adalah supaya perekonomian Indonesia di Akui Secara International termasuk juga pelaporan keuangannya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Komputerisasi Akuntansi

Akhir Kata

Mungkin sampai disini dulu ya teman – teman pembahasan Konvergensi Stadar Akuntansi IFRS. apabila didalam saya menuliskan artikel ini banyak kekurangan mohon dimaklumi.

Beri kritik dan saran di kolom komentar supaya saya lebih bersemangat lagi didalam memberikan informasi tentang akuntansi.

Tinggalkan Komentar