Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Kelebihan dan Kekurangan Komputerisasi Akutansi

Belajarbersamayudha.com – halo teman – teman pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan komputerisasi akuntansi. berikut ini penjelasannya.

Baca Juga:

Komputerisasi akuntansi adalah suatu media seperti komputer dan perangkat lunak (software) akuntansi yang berguna  untuk mencatat, menyimpan, dan menganalisis data keuangan.

Okey teman – teman semua pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan aplikasi komputerisasi akuntansi. jadi penjelasan tentang komputerisasi akuntansi adalah sebuah metode atau alat yang digunakans seorang akuntan ketika ingin membuat sebuah laporan keuangan dengan otomatis

Selain itu, dari pemahaman akuntansi itu sendiri, itu adalah sistem informasi yang mencatat, mengumpulkan dan melaporkan data keuangan untuk keperluan pengambilan keputusan.

Sistem akuntansi yang efektif dapat mencapai tiga tujuan utama. Pertama, laporkan secara internal kepada manajer untuk merencanakan dan mengendalikan aktivitas sehari-hari. Kedua, laporan internal digunakan untuk perencanaan strategis, dan ketiga, laporan eksternal digunakan untuk pihak eksternal yaitu: pemegang saham, pemerintah dan pihak eksternal lainnya. Ketiganya dihasilkan melalui pemrosesan data yang disebut transaksi akuntansi.

Pengolahan data menjadi informasi dapat dilakukan secara manual atau menggunakan peralatan elektronik (seperti komputer). Kemajuan teknologi komputer berdampak besar pada semua aspek kegiatan bisnis.

Tentunya akuntansi tidak lepas dari pengaruh ini. Dalam sistem akuntansi manual, data sebagai masukan diproses secara manual sebagai informasi sebagai keluaran. Dalam sistem atau sistem akuntansi komputer yang biasa disebut dengan electronic data processing (PDE),

data sebagai masukan juga diproses sebagai informasi sebagai keluaran. Keunggulan menggunakan komputer ini dapat dilihat dengan jelas yaitu kecepatan, ketepatan dan kemampuan untuk dengan mudah mengubah data menjadi informasi akuntansi.

Manfaat Komputer Akuntansi

Baik teman – teman langsung saja kita bahas apa saja manfaat komputetrisasi akuntansi, Lets GO! Mengenai berbagai keunggulan sistem komputer di bidang akuntansi dibandingkan dengan sistem tulisan tangan (sistem manual), sistem komputer mempunyai banyak keunggulan, antara lain:

  • Waktu lebih efektif
  • Mencegah kesalahan
  • Posting otomatis
  • Pembuatan laporan otomatis
  • Pencetakan dokumen otomatis

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh sistem komputerisasi akutansi, tetapi juga memiliki kekurangan karena buatan manusia tidak ada yang sempurna.

Kelebihan dan kekurangan  komputerisasi akuntansi :

Pada pembahasan yang pertama, saya akan jelas jelaskan kelebihan sistem komputerisasi akuntansi. Mari kita simak artikel berikut inI!

kelebihan dan kekurangan komputerisasi akuntansi

Kelebihan Komputerisasi Akuntansi

a. Akurasi Tinggi

Sistem akutansi dari komputer memiliki keakuratan tinggi karena didesain khusus guna menghitung data hingga detail. Setelah data dimasukan maka pengolahan data terjadi dengan otomatis dan kemungkinan terhindar dari kesamaan data sehingga lebih akurat.

b. Adanya PenerapanOtomatisasi

Dibandingkan dengan akutansi manual komputerisasi akutansi memiliki nilai yang lebih unggul karena banyak proses yang lebih efektif dan efisien. Komputerisasi akutansi . bisa menyederhanakan proses penyimpanan catatan transaksi dalam bentuk elektronik. Pada saat yang sama, transaksi diposting secara otomatis ke akun-akun dalam buku besar dan buku pembantu.

c. Akses Data Menjadi Lebih Mudah

Setiap individu atau user dimudahkan ddengan adanya komputerisasi akutansi karena Komputerisasi akuntansi menyajikan informasi tentang saldo akun untuk mendukung pengambilan keputusan karena saldo akun diposting sejak transaksi muncul sesuai dengan hakikat akutansi

d. Keandalan atau Reliabilitas Laporan Keuangan

Perhitungan transaksi perusahaan dengan komputerisasi akutansi sangatlah akurat dan memiliki ketepatan tinggi sehingga laporan yang dihasilkan sangat baik. Dengan akses yang cepat  melalui alat perhitungan yang tersistem reliabilitas bisa terwujud.

e. Adanya Skala Perhitungan  

Setiap perusahaan pasti membutuhkan jenis jenis akutansi yang jumlah banyak dan kompleks. Dengan sistem komputerisasi semua hal dapat terjaga dikarenakan pemilihan data dengan sistem tersebut bisa menyaring banyak dokumen.

f. Kecepatan dalam Proses Akuntansi

komputerisasi akuntansi menunjang keseluruhan proses pembuatan akun menjadi lebih cepat. Setelah input data maka jenis – jenis laporan keuangan bisa dihasilkan secara langsung semudah menekan tombol yang diinginkan. Seorang manajer tidak usah menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari untuk menyerahkan laporan keuangan pada pihak internal perusahaan yang membutuhkannya.

g. Keamanan Data Terjamin

Data keuangan perusahaan tentunya lebih aman karena jika terjadi bencana alampun tidak begitu berpengaruh terhadap data perusahaan dan apabila terjadi kerusakaan file juga masih mampu untuk di perbaiki

h. Lebih Hemat dalam Biaya

Komputerisasi akuntansi lebih efisien daripada akuntansi berbasis manual sehingga lebih hemat biaya. Pekerjaan terkait siklus akutansi dan konsep dasar akutansi akan dilakukan lebih cepat dan lagsung disimpan sehingga menghemat (efisiensi) waktu.

j. Visualisasi Data

Dengan visualisasi data seorang manajer mampu melihat melalui komputer sehingga memungkinkan untuk mengambil keuntungan dari opsi melihat data dalam format yang berbeda. Data dalam tabel dan berbagai jenis grafik bisa mudah dibuat sehingga visualisasi data dalam fungsi akutansi mudah untuk diwujudkan.

 Kekurangan Komputerisasi Akuntansi

Disamping kita menemukan kelebihan menggunakan sistem komputerisasi akuntansi didalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelumnya, hal tersebut adalah kelemahan yang ada didalam aplikasi komputer akuntansi.

pada artikel ini juga saya akan memberikan sedikit ulasan tentang kelemahan komputer akuntansi, jangan sampai lewatkan hal ini karena bisa dikatakan sebagai persiapan kita untuk menggunakan sistem komputer didalam perusahaan kita.

langsung saja kita simak ulasan di bawah ini mengenai kekurangan atau kelemahan yang ada di dalam komputerisasi akuntansi.

a. Butuh Biaya untuk Membeli Perangkat

Tentu setiap komponen pada komputer perlu dibeli dengan uang sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar.

b. Butuh Biaya untuk Perawatan (Maintenance)

Dalam setiap komponen pada perangkat komputer pasti membutuhkan biaya perawatan karena apabila tidak rutin dilakukan perawatan maka bisa menimbulkan kerusakan yang serius pada perangkat komputer.

c. diperlukan user atau operator yang memiliki pengetahuan tentang teknologi

karena komputerisasi akuntansi ini memiliki sifat teknologi, jadi secara pengelihatan kita akan lebih sulit dibanding dengan sistem yang manual. didalam pengoperasiannya tentu membutuhkan seseorang yang tidak gaptek, agar pekerjaan dapat berjalan baik.

d. Membutuhkan Ketelitian yang Ekstra.

jadi ketika kita mengerjakan pekerjaan kita, jangan sampai ada satu hal yang terlewat misalkan kita harus menyimpan sebuah dokumen atau hasil kerja kita. apabila kita lupa menyimpan pekerjaan kita maka hal itu akan sia sia dan hilang, jadi harus teliti.

e. Berisiko Terjadi Kerusakan pada Sistem

selain perawatan yang mahal, kita perlu memperhatikan sistem komputerisasi yang kita pakai. karena apabila terjadi kerusakan tidak serta merta dapat kita perbaiki secara langsung. karena dalam perbaikan tentu di butuhkan tenaga ahli dan biaya yang mahal.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Sobek 

Belajabersamayudha.com sudah menjelaskan kelebihan dan kekurangan komputerisasi akutansi, tentu banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Saat ini komputerisasi akutansi sangat banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar maupun kecil.

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com