Kelebihan dan Kekurangan Komputerisasi Akutansi

Belajarbersamayudha.com – Komputerisasi akuntansi adalah suatu media seperti komputer dan perangkat lunak (software) akuntansi yang berguna  untuk mencatat, menyimpan, dan menganalisis data keuangan. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh sistem komputerisasi akutansi, tetapi juga memiliki kekurangan karena buatan manusia tidak ada yang sempurna. Inilah Kelebihan dan kekurangan  komputerisasi akuntansi :

Baca Juga : Cara Membuat Roti Nastar 

Kelebihan Komputerisasi Akuntansi

a. Akurasi Tinggi

Sistem akutansi dari komputer memiliki keakuratan tinggi karena didesain khusus guna menghitung data hingga detail. Setelah data dimasukan maka pengolahan data terjadi dengan otomatis dan kemungkinan terhindar dari kesamaan data sehingga lebih akurat.

b. Adanya PenerapanOtomatisasi

Dibandingkan dengan akutansi manual komputerisasi akutansi memiliki nilai yang lebih unggul karena banyak proses yang lebih efektif dan efisien. Komputerisasi akutansi . bisa menyederhanakan proses penyimpanan catatan transaksi dalam bentuk elektronik. Pada saat yang sama, transaksi diposting secara otomatis ke akun-akun dalam buku besar dan buku pembantu.

c. Akses Data Menjadi Lebih Mudah

Setiap individu atau user dimudahkan ddengan adanya komputerisasi akutansi karena Komputerisasi akuntansi menyajikan informasi tentang saldo akun untuk mendukung pengambilan keputusan karena saldo akun diposting sejak transaksi muncul sesuai dengan hakikat akutansi

d. Keandalan atau Reliabilitas Laporan Keuangan

Perhitungan transaksi perusahaan dengan komputerisasi akutansi sangatlah akurat dan memiliki ketepatan tinggi sehingga laporan yang dihasilkan sangat baik. Dengan akses yang cepat  melalui alat perhitungan yang tersistem reliabilitas bisa terwujud.

e. Adanya Skala Perhitungan  

Setiap perusahaan pasti membutuhkan jenis jenis akutansi yang jumlah banyak dan kompleks. Dengan sistem komputerisasi semua hal dapat terjaga dikarenakan pemilihan data dengan sistem tersebut bisa menyaring banyak dokumen.

f. Kecepatan dalam Proses Akuntansi

komputerisasi akuntansi menunjang keseluruhan proses pembuatan akun menjadi lebih cepat. Setelah input data maka jenis – jenis laporan keuangan bisa dihasilkan secara langsung semudah menekan tombol yang diinginkan. Seorang manajer tidak usah menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari untuk menyerahkan laporan keuangan pada pihak internal perusahaan yang membutuhkannya.

g. Keamanan Data Terjamin

Data keuangan perusahaan tentunya lebih aman karena jika terjadi bencana alampun tidak begitu berpengaruh terhadap data perusahaan dan apabila terjadi kerusakaan file juga masih mampu untuk di perbaiki

h. Lebih Hemat dalam Biaya

Komputerisasi akuntansi lebih efisien daripada akuntansi berbasis manual sehingga lebih hemat biaya. Pekerjaan terkait siklus akutansi dan konsep dasar akutansi akan dilakukan lebih cepat dan lagsung disimpan sehingga menghemat (efisiensi) waktu.

j. Visualisasi Data

Dengan visualisasi data seorang manajer mampu melihat melalui komputer sehingga memungkinkan untuk mengambil keuntungan dari opsi melihat data dalam format yang berbeda. Data dalam tabel dan berbagai jenis grafik bisa mudah dibuat sehingga visualisasi data dalam fungsi akutansi mudah untuk diwujudkan.

 Kekurangan Komputerisasi Akuntansi

Terlepas dari banyak kelebihan, ternyata komputerisasi akuntansi juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

a. Butuh Biaya untuk Membeli Perangkat

Tentu setiap komponen pada komputer perlu dibeli dengan uang sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar.

b. Butuh Biaya untuk Perawatan (Maintenance)

Dalam setiap komponen pada perangkat komputer pasti membutuhkan biaya perawatan karena apabila tidak rutin dilakukan perawatan maka bisa menimbulkan kerusakan yang serius pada perangkat komputer.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Sobek 

Belajabersamayudha.com sudah menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari komputerisasi akutansi, tentu banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Saat ini komputerisasi akutansi sangat banyak digunakan oleh perusahaan berskala besar maupun kecil.

You May Also Like

About the Author: Yudha Epsen

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *