Mengenal Pengertian Software, Cara Kerja dan Fungsinya

Seringkali kita mendengar tentang istilah software dan hardware ketika membicarakan soal perangkat seperti smartphone atau laptop di website portal teknologi.

LIHAT JUGA:

Saat perangkat tersebut mengalami kerusakan, pihak servis pasti akan menjelaskan kerusakan pada bagian hardware atau software.

Software adalah perangkat lunak yang terdapat dalam perangkat elektronik tersebut. Bisa dibilang software merupakan sistem yang sangat penting sebagai perintah untuk operasional dari perangkat elektronik tersebut.

Untuk tahu lebih jelasnya mengenai software, yuk kenali pengertian, fungsi hingga contohnya.

Belajar tentang Pengertian Software

Perangkat lunak merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan software. Apabila dilihat dari pengertiannya, software adalah kumpulan dari banyak perintah, nantinya akan dijalankan oleh mesin komputer.

Software bekerja sebagai perangkat yang berfungsi untuk menyimpan banyak perintah hingga dokumen dan arsip. Data elektronik akan disimpan oleh komputer yang berbentuk program hingga instruksi.

Data software ini disimpan dalam perangkat keras atau yang disebut dengan hardware. Komputer ditanamkan sebuah software yang merupakan rancangan susunan logika. Logika inilah yang diolah menjadi perangkat lunak dan menjadi program serta data-datanya.

Dalam pengelolaannya, software memiliki sistem operasi, program serta data. Dengan adanya software, logika bisa dimengerti oleh komputer. Software disimpan dalam hardisk atau SSD bahkan DVD, ada yang disimpan permanen dan disebut dengan firmware.

Awal Mula Software dan Cara Kerjanya

Apa itu software dan bagaimana software berfungsi untuk kehidupan sehari-hari manusia. Apabila ditilik dari sejarahnya, software sendiri diciptakan oleh seorang ilmuwan dan berupa kode mesin. Bentuknya adalah angka biner dan bisa dibaca oleh komputer, terutama prosesor.

Pada zaman komputer awal, kode program diciptakan menggunakan mesin switchboard yang ukuranya sangat besar. Kode tersebut disimpan dalam media tertentu.

Kode mesin inilah yang membuat software bekerja untuk menciptakan instruksi dan mulai melakukan perhitungan, aritmatika, logika, I/O dalam prosesor. Berbeda dengan komputer saat ini, software yang digunakan adalah alternatif dalam pembuatan kode mesin sebagai contoh adalah Assembly.

Komputer sudah bisa digunakan untuk menciptakan software tanpa adanya switchboard lagi. Bahasa untuk pembuatan firmaware ini adalah BIOS. Bahasa pemrograman rendah atau yang disebut dengan low level language, sangat mudah dipelajari.

Adanya kode program yaitu syntax membuat lebih mudah untuk dimengerti. Sedangkan dalam pembuatan bahasa pemrograman yang tinggi diperlukan software compiler yang bisa bekerja melalui hardware komputer.

LIHAT JUGA:

Compiler adalah sebuah software yang fungsinya untuk mengubah kode bahasa pemrograman menjadi kode mesin. Oleh karena itulah bisa dimengerti oleh hardware. Ada beberapa jenis bahasa pemrograman rendah yang cukup banyak digunakan seperti Assembly, C#, C++ dan C.

Ada juga bahasa pemrograman tinggi yang bisa bekerja tanpa memanfaatkan compiler. Bahasa ini dikenal adalah pemrograman web yang terkenal seperti CSS, HTML, PHP, Javascript.

Pada tahapan yang lebih tinggi lagi adalah Phyton yang memanfaatkan interpreter. Setiap bahasa pemrograman tinggi ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan software tertentu. Contohnya saja untuk kode program PHP, maka menggunakan software webserver PHP.

Software adalah perangkat lunak yang memanfaatkan bahasa pemrograman sendiri, istilah ini digunakan karena software tidak dapat dilihat dalam bentuk fisik bahkan disentuh. Keberadaannya sangat penting dan memiliki acuan instruksi dan data komputer yang sudah terorganisasi.

Baca Juga: Cara Menarik Uang di Snack Video

Fungsi Software dalam Komputer

Dilihat dari pengertian software di atas, maka sekilas bisa dikenali apa saja fungsi software komputer. dalam sistem operasi komputer, software memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut ini:

  1. Mengoperasikan komputer dengan baik

Komputer merupakan perangkat yang bekerja menggunakan program, tanpanya komputer tidak dapat dioperasikan. Komputer bisa dioperasikan dengan perintah melalui software, oleh karena itu fungsinya sangatlah penting.

  1. Mengatur hardware

Hardware dalam komputer adalah perangkat yang bisa dilihat dalam bentuk fisik. Perangkat ini bisa berjalan juga berkat adanya software sehingga komputer bisa bekerja dengan baik sesuai yang diperintahkan.

  1. Menjadi penghubung antar software

Software tidak berdiri atau bekerja sendiri karena sebuah software juga bisa menjadi penghubung beberapa software lainnya dengan hardware dalam komputer.

  1. Menjadi penerjemah software lain

Dalam bahasa komputer software memiliki fungsi untuk menerjemahkan perintah dalam software lainnya. Oleh karena itu hardware bisa bekerja dan mengerti perintah dengan baik.

  1. Mengidentifikasi program

Ada begitu banyak program yang digunakan dalam sebuah komputer yang semuanya harus diidentifikasi. Software memiliki fungsi untuk bisa mengidentifikasi program yang ada dalam komputer.

LIHAT JUGA:

Tinggalkan komentar