Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Mengintip Fitur Menarik dari Aplikasi Kasir untuk Usaha Anda

Masih bingung memilih mana aplikasi yang tepat untuk usaha? Anda perlu mengecek fitur apa yang tersedia untuk mengetahuinya. Salah satunya adalah Majoo yang bukan sekedar aplikasi kasir biasa.

Baca Juga:

Mengetahui fitur ini akan memudahkan Anda memutuskan apakah hendak berganti ke aplikasi kasir atau masih menggunakan mesin kasir konvensional. Kira-kira apa saja fitur menarik yang dihadirkan aplikasi kasir masa kini?

Baca Juga: Aplikasi Vidstatus Penghasil Uang

7 Fitur Aplikasi Kasir yang Bikin Usaha Lebih Maju

Sebagai pemilik usaha Anda dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Mesin kasir adalah salah satu bagian dari pelayanan yang tak boleh ketinggalan untuk ditingkatkan.

Mulai mengganti mesin kasir konvensional dengan aplikasi kasir masa kini adalah perubahan yang perlu Anda lakukan. Tak hanya itu, aplikasi kasir modern ini telah membawa beragam fitur, apa saja itu?

1. Point of Sales (POS)

Fitur utama yang menjadi faktor penting dari kasir adalah point of sales atau POS. Fitur ini akan membantu usaha dalam pencatatan bukti transaksi dalam bentuk digital dan juga struk. Sistem ini akan mengurangi kesalahan dalam penghitungan.

Melalui ini Anda bisa mengumpulkan bukti transaksi dengan cepat dan tanpa dilakukan manual. POS juga meningkatkan pengalaman pelanggan dalam bertransaksi karena cepat dilakukan.

2. Laporan serta Analisis Penjualan

Selain pencatatan transaksi, aplikasi kasir juga akan memberikan laporan serta analisis dari penjualan di toko. Anda tak perlu menebak-nebak hasil penjualan setiap harinya. Laporan dicatat dalam format yang mudah dipahami baik itu angka serta grafik.

Keakuratan dari laporan pun tak perlu diragukan ditambah Anda bisa mengaksesnya secara real time dengan koneksi internet. Anda juga akan tahu mengenai analisis penjualan, apa barang yang paling laris dan mana yang perlu di up selling.

3. Manajemen Penyimpanan Stok

Fitur yang memiliki kontribusi besar pada usaha adalah sistem stock atau inventory. Apalagi jika Anda mengelola bisnis yang jumlah stoknya sangat banyak, sulit untuk menghitung manual setiap hari.

Cara kerjanya adalah untuk mengidentifikasi barang sesuai kategori ukuran, warna hingga harga. Sehingga Anda tahu ketersediaan produk yang sedang banyak dicari konsumen masih tersedia di gudang.

4. Manajemen Konsumen

Selain masalah ketersediaan barang, aplikasi kasir juga memiliki fitur mengenai pelanggan. Cara kerjanya adalah memasukan data pelanggan ke dalamnya saat bertransaksi. Sehingga Anda tahu mana saja konsumen yang loyal serta produk apa saja yang menjadi favorit.

Mengetahui jumlah konsumen dan produk apa saja yang mereka sukai memudahkan Anda untuk menyusun strategi marketing. Anda akan tahu kapan dan bagaimana promo harus diberikan. Sehingga membangun loyalitas konsumen lebih baik lagi.

5. Memisahkan Tagihan

Jika Anda memiliki jenis usaha yang memperbolehkan konsumen untuk menggunakan sistem pembayaran berkala, aplikasi kasir akan sangat membantu. Pasalnya terdapat fitur untuk memisahkan transaksi cash dan tempo.

Sehingga Anda bisa memiliki data tagihan yang terpisah dan tahu kapan jatuh temponya. Dengan begitu aplikasi juga berfungsi sebagai pengingat mengenai pembayaran tempo dari konsumen.

6. Fitur Multi Cabang

Aktivitas bisnis yang besar menuntut pengelolaan yang baik. Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus bisnis di banyak cabang. Oleh karena itulah aplikasi kasir memiliki cara tersendiri untuk membantu Anda.

Adanya fitur multi cabang ini memudahkan Anda untuk mengontrol laporan dari banyak cabang secara real time. Laporan penjualan dari cabang manapun bisa Anda dapatkan dengan mudah walaupun Anda tidak berada di lokasi langsung.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat 2021

7. Penyimpanan Cloud

Tiba-tiba komputer di kantor yang menyimpan data transaksi rusak atau terkena hack Anda tidak perlu khawatir. Walaupun data tidak sengaja hilang Anda masih memiliki cadangan penyimpanan di cloud.

Aplikasi kasir memiliki sistem penyimpanan otomatis ke dalam cloud yang memudahkan Anda mengecek kapan saja secara online sekaligus mengamankan data. Sistem penyimpanan juga dilakukan dengan rapi sehingga Anda bisa mengecek dengan mudah.

Melihat dari semua jenis fitur yang dihadirkan oleh aplikasi kasir ini tentu membuat Anda tak boleh meremehkannya. Pilih aplikasi kasir terbaik yang tepat supaya pengelolaan usaha Anda jadi semakin rapi dan bisa berkembang dengan pesat.

Baca Juga:
Blog Militer | Kangyusufmn | tipspraktiz.com