Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Berpakaian Saat Interview Auto di Terima Kerja ( 10 Tips )

BelajarbersamayudhaCara berpakaian saat interview yang baik dan benar, merupakan salah satu faktor penentu lolos atau tidaknya dirimu saat melamar sebuah pekerjaan.

Baca Juga:

Jika kamu memberikan penampilan terbaik. Maka seorang HRD di perusahaan tersebut akan memberikan nilai yang baik untuk kamu.

Sebelum kamu berangkat untuk interview. Alangkah baiknya kamu sudah mengerti jenis perusahaan yang hendak kamu lamar.

Kan ada tuh perusahaan yang formal dan perusahaan yang fashionable. Misal perusahaan yang formal adalah seperti PT. Astra, Unilever dan lainnya.

Dan perusahaan yang santai adalah perusahaan seperti distro, foodcourt dan masih banyak lagi. Jelas keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Yang tentunya kedua perushaan tersebut ingin merekrut karyawan yang terbaik, terutama adalah cara berpakaiannya.

Oleh sebab itu kamu harus benar – benar memahami cara berpakaian saat interview yang baik dan benar. Berikut ini ulasannya.

Cara Berpakaian Saat Interview Supaya di Sukai HRD

Saat akan berjumpa dengan HRD dan akan melakukan interview. Sebisa mungkin kamu memberikan penampilan terbaik supaya HRD diperusahaan tersebut terkesima dengan dirimu.

Menggunakan Celana Hitam Sopan

Yang pertama jangan sekali kali kamu menggunakan celana jeans saat interview. Ya meskipun celana tersebut nyaman saat dipakai.

Karena menggunakan celana jeans saat interview dianggap kurang sopan. Pilihlah celana yang berbahan kain dan berwarna gelap.

Karena dengan begitu akan memberikan tampilan yang berbeda dan elegan. Dan untuk wanita kamu diharapkan untuk menggunakan rok dengan catatan harus dibawah lutut supaya terlihat formal dan feminim.

Menggunakan Pakaian Berkerah dan Lengan Panjang

Salah satu pakaian yang dianggap digunakan saat interview adalah kemeja. Gunakan kemeja dengan warna yang netral dan jangan mencolok.

Biasanya kemeja untuk melamar kerja yaitu berwarna putih. Ketika menggunakan kemeja kamu tidak perlu mengancingkan kancing kemeja sampai paling atas sendri.

Kamu cukup mengancingkan seperti kamu menggunakan kemeja ketika sedang berada di acara resmi lainnya. Karena dengan begitu suasanya akan menjadi lebih enak dan santai.

Selain santai tentunya tetap formal. Pilih kemeja dengan bahan dan ukuran sederhana dan standar. Jangan pakai yang ketat. Karena dianggap kurang sopan apabila memamerkan bentuk tubuh anda.

Bisa Menggunakan Jas atau Kardigan

Menggunakan jas saat interview maka akan memberikan kesan elegan dan rapi. Dan bagi wanita kamu juga bisa menggunakan kardigan.

Saat memilih akan menggunakan kardigan atau jass. Sebaiknya kamu memilih warna yang netral. Karena dengan warna netral tersebut akan memberikan kesan sederhana tapi profesional.

Jangan pakai Pakaian Bermotif Terlalu Banyak

Pakaian yang memiliki banyak motif akan memberikan kesan yang kurang profesional. Aneh saja jika dilihat ketikan akan interview.

Coba saat menghadap HRD kamu menggunakan mptif polkadot, lucu gak? Aneh mah iya! Pilih saja motif yang tidak terlalu lebay. Malahan bagus juga kalau polosan.

Pahami Arti sebuah Warna Pakaian

Warna akan mempengaruhi lolos atau tidaknya kamu saat wawancara. Karena HRD akan lebih paham dengan sifat sifat seseorang mulai melihat dari warna pakaian yang dikenakan.

Dibawah ini saya akan jelaskan sedikit saja arti dari sebuah warna :

  • Coklat : warna yang fleksibel dan memberikan arti kepercayaan diri dan bisa diandalkan.
  • Abu abu : Warna ini merupakan warna netral dan akan memberikan sifat yang profesional.
  • Hitam : Lebih cenderung memiliki sifat seorang pemimpin atau suka mengatur.
  • Biru : warna yang bagus karena berarti setia, jujur, dan memiliki kredibilitas yang baik.

Menggunakan Sepatu Pantofel

Sepatu menjadi bagian penting ketika akan wawancara. Sebelum berangkat cek dulu sepatumu sudah layak dan sopan atau belum.

Jangan sekali kali kamu berangkat interview dengan sepatu futsal. Nanti dikira kamu malah mau maen sepak bola sama HRDnya.

Biasanya sih sepatu pantofel akan memberikan kesan profesional dan sopan untuk diterima disebuah perusahaan.

Jika tidak punya pantofel ya gunakan sepatu biasa saja. Asal warnanya jangan mencolok. Nanti keliatan lebay.

Pastikan Rambutmu Rapi

Seorang karyawan dituntut memiliki kerapian. Kalau kamu ingin memiliki rambut dengan gaya yang kamu sukai. Mendingan kamu jadi Bos aja.

Jangan terlambat datang saat interview. Itu semua akan membuat dirimu terlihat acak acakan. Berangkat lebih awal pastikan semua sudah siap termasuk juga rambutmu.

Sebelum berangkat klimisan dulu biar terlihat oke. Kalau untuk cewek jangan pakai klimis ya nanti aneh jadinya hehehe. Cukup kamu kucir aja rambutnya kalau tidak ya disisir dengan rapi.

Hindari Pakaian Warna Orange

Warna orange cenderung warna yang tidak profesional itu menurut seseorang yang paham tentang warna lho ya. Dikutip dari studi 2013 Carrer Builder.

Karena profesionalisme berkerja akan menjadi pertimbangan paling besar akan diterima atau tidaknya dirimu.

Kembali saya ingatkan gunakan warna netral saja. Jangan warna warni selain kelihatan tidak profesional kelihata seperti mau piknik aja.

Akhir Kata

Sampai disini dulu ya thread tentang cara berpakaian saat interview, tentu didalam penulisan ini pasti banyak kekurangan. Mohon maaf ya.

Saya juga menerima kritik kok, silahkan diisi di kolom komentar apabila ada yang mau memberi masukan. Semua itu supaya konten yang saya buat semakin informatin dan solutif seperti kata bu tejo hehehe.

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com