Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon di HP Oppo

Bagi para pengguna Hp Android atau pun iOS tentunya pernah mengalami masalah layar mati saat menelpon, termasuk Hp Oppo. Pada artikel kali ini, kami akan memberitahu anda tentang cara mengatasi layar mati saat menelpon Hp Oppo.

Masalah ini bisa terjadi karena oleh pengaturan pada sistem hp anda, bukan disebabkan oleh hardware. Jadi tidak hanya Hp Oppo saja yang bisa mengalami masalah tersebut tetapi merk hp lainnya seperti iPhone, Vivo, Realme, Samsung juga bisa mengalaminya.

Penyebab Layar Mati Saat Menelpon di Hp Oppo

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatasi layar mati saat menelpon Hp Oppo, anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Karena setelah anda mengetahui penyebabnya, tentunya anda akan bisa mengatasi masalah tersebut.

Fitur sensor jarak atau proximity yang sudah mendukung pada Hp anda merupakan salah satu penyebab layar mati saat menelpon. Fungsi utama dari fitur ini yaitu untuk menghemat baterai, oleh karena itu fitur ini sudah banyak digunakan di berbagai Hp Android dan juga iOS.

Fitur ini banyak digunakan karena ketika Hp anda mendekati wajah dengan kondisi sedang menelpon, akan secara otomatis fitur ini akan mematikan layar Hp anda dengan tujuan untuk menghemat baterai. Selain itu fitur tersebut sangat berguna untuk orang yang suka menelpon dengan jangka waktu yang lama, karena dengan menghemat baterai anda tidak akan kehabisan daya saat menelpon.

Fitur sensor jarak atau proximity ini juga berfungsi ketika anda sedang menelpon, maka tidak ada tombol atau touchscreen yang tersentuh secara tidak sengaja selain berfungsi untuk menghemat baterai.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar mati saat menelpon Hp Oppo? Jika anda ingin mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon Hp OPPO

Setelah anda mengetahui penyebab terjadinya masalah tersebut, pasti anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Cara mengatasi masalah tersebut akan kami sampaikan dibawah ini.

  1. Nonaktifkan Sensor Jarak

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menonaktifkan fitur sensor jarak. Karena seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa fitur sensor jarak ini menjadi penyebab layar mati saat menelpon. Anda bisa menonaktifkan fitur sensor jarak ini melalui pengaturan pada Hp anda dengan cara – cara berikut ini.

  • Langkah pertama yaitu silahkan masuk ke Setting atau Pengaturan pada Hp anda.
  • Kemudian cari bagian Setelan Panggilan atau Panggilan pada pengaturan.
  • Lalu, pilih opsi selanjutnya Setelah Panggilan Masuk yang tersedia.
  • Pada menu Panggilan Masuk, pilihan Sensor Jarak ada pada menu tersebut.
  • Klik 1 kali jika anda ingin menonaktifkan fitur sensor jarak tersebut.
  • Setelah berhasil, maka fitur sensor jarak sudah tidak aktif lagi.

Anda bisa mencoba dengan cara menelpon teman atau siapa pun untuk memastikan apakah fitur tersebut sudah tidak aktif.

Biasanya, setiap Hp Android memiliki cara yang sama untuk menonaktifkan fitur sensor jarak tersebut. Anda hanya perlu masuk ke dalam pengaturan pada Hp anda dan mencari pengaturan panggilan untuk menonaktifkannya.

  1. Menggunakan Kode Rahasia

Menggunakan kode rahasia yaitu cara selanjutnya yang bisa anda coba untuk mengatasi layar mati saat menelpon apabila hp anda tidak memiliki fitur sensor jarak.

Baca Juga: Cara Melihat Berapa Lama Kita Main HP di Oppo

Ada 2 pilihan kode rahasia yaitu ##64663## dan juga ##6484## yang bisa anda coba. Anda bisa mencoba dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Silahkan menelpon kode rahasia yang sudah kami berikan, kemudian pilih opsi “Proximity” atau Sensor Jarak.
  • Setelah itu tutuplah bagian sensor yang berada di samping kamera depan karena anda akan diarahkan pada tahap kalibrasi.
  • Anda harus menahan selama 4 detik, selanjutnya buka kembali dan tutup kembali selama 4 detik.
  • Silahkan ulangi langkah tersebut sebanyak 3 kali agar berhasil.
  • Klik tombol Pass setelah berhasil.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara mengatasi layar mati saat menelpon Hp Oppo. Anda bisa mencoba cara – cara diatas yang telah kami sampaikan agar anda bisa mengatasi masalah tersebut.