Cara Mengirim Tugas di Google Classroom Yang Tidak Bisa Dikirim

Beberapa orang terutama pelajar dan mahasiswa kebingungan yang disebabkan mengapa tidak bisa mengumpulkan tugas di Google Classroom. Oleh sebab itu pada artikel ini kami akan mengulas secara lengkap cara mengirim tugas di Google Classroom yang sudah terlambat.

Bagi seorang mahasiswa pasti mengalami tugas yang menumpuk. Selain itu waktu untuk mengirim tugas juga sangat singkat. Sehingga tidak sedikit para pelajar dan mahasiswa yang terlambat mengirim tugas di Classroom dan gagal saat mengirimkan tugas tersebut.

Memang belakangan ini kita semua yang berprofesi sebagai pelajar dan mahasiswa diwajibkan untuk belajar dari rumah dikarenakan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Sehingga mau tidak mau kita harus menggunakan Google Classroom untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas.

Banyak yang senang menggunakan aplikasi Google Classroom dikarenakan penggunaanya yang praktis serta aplikasinya cukup ringan digunakan. Selain itu untuk menggunakan aplikasi tersebut kita tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi Classroom ini menjadi aplikasi pembelajaran online yang paling popular dan favorit ditengan kondisi pandemi saat ini. Tapi sayangnya tidak sedikit yang mengeluh karena tidak bisa mengirim tugas di Google Classroom dikarenakan terlambat atau sudah melebihi batas waktu yang diberikan oleh guru atau dosen.

Oleh karena itu banyak yang merasa putus asa dan malahan ingin keluar dari kelas di Google Classroom tersebut. Jika kalian menjadi salah satu siswa yang ingin meninggalkan kelas di Classroom maka kalian bisa membaca artikel dari Belajarbersamayudha tentang cara keluar dari Google Classroom dari Laptop dan HP.

Kembali kedalam pemabahasan awal kita yaitu cara mengirim tugas di Google Classroom yang sudah melebihi batas waktu yang ditentukan. Langsung saja ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Cara mengirim Tugas Di Google Classroom

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun Google Classroom terlebih dahulu. Disini kalian bisa menggunakan email untuk membuat akun GCR tersebut. Bagi yang sudah punya akun Google Classroom maka kalian bisa langsung masuk kedalam aplikasi tersebut untuk mengirimkan tugas.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengunduh dan menginstall aplikasi Google Classroom di Android kalian. Jika pengguna Laptop atau Komputer maka kalian bisa langsung masuk kedalam situs website Google Classroom.
  • Apabila kalian sudah berhasil login kedalam situs atau aplikasi Google Classroom maka kalian bisa mengirimkan tugas di Google Classroom sebelum batas waktu yang diberikan.
  • Cara mengirim tugas di Google Classroom adalah dengan masuk kedalam kelas dimana kalian diberikan tugas.
  • Jika sudah kalian bisa memilih tugas yang ingin kalian kumpulkan. Anda bisa melampirkan tugas tersebut dengan klik menu lampirkan tugas di aplikasi tersebut. Anda bisa melampirkan tugas tersebut kedalam Google Drive. Selain itu kalian juga bisa mengirimkan tugas dalam format link, PDF, Word, Excell, Powerpoint, JPG dan format file yang lainnya.
  • Jika sudah kalian lampirkan semua tugas yang ingin kaliam kumpulkan maka tinggal klik serahkan dan konfirmasi.
  • Kemudian jika kalian menggunakan HP Android maka cara mengirimkan tugas di Google Classroom sedikit berbeda. Yang pertama kalian bisa login kedalam aplikasi Google Classroom. Setelah itu cari kelas yang menjadi tugas kalian.
  • Apabila sudah ketemu klik lampirkan tugas dan pilih tugas yang ingin kalian serahkan kepada pengajar. Jika sudah Anda bisa mengklik menu serahkan tugas dan konfirmasi.
  • Selesai

Kesimpulan

Bagi yang masih kebingungan kenapa tidak bisa mengumpulkan tugas di Google Classroom Anda bisa memerikan jaringan internet yang kalian pakai. Apakah sinyal internet tersebut bagus atau lemot.

Karena jika sinyal dari Internet kalian buruk maka bisa jadi saat kalian ingin melampirkan tugas, tugas yang ingin kalian serahkam tersebut gagal di upload.  Selain itu Anda harus memastikan bahwa Anda masuk kedalam daftar siswa dari kelas tersebut. Anda bisa cek email yang kalian gunakan.

Itulah ulasan mengenai cara mengirim tugas di Google Classroom melalui HP dan Laptop. Semoga tutorial yang sudah kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa mengatasi error saat ingin mengumpulkan tugas.

You cannot copy content of this page