Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Ternak Lele Yang Baik di Ember ! Mudah Dilakukan di Rumah

Baca Juga:

Cara ternak lele – Ikan merupakan mahkluk hidup yang sering kita jumpai dan tidak bisa dihindari dari kehidupan manusia. Selain dari keinginan untuk di konsumsi ternyata banyak orang juga memiliki keinginan untuk mengembangkan dan melestarikan ikan tersebut. Pada dasarnya membudidayakan ikan memanglah mudah karena hanya membutuhkan tempat budidaya yang kompatibel akan pemenuhan oksigen.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Channel Youtube Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Namun dalam keadaan tertentu budidaya ikan memang membutuhkan tempat yang luas selain itu juga banyak cara untuk membudidayakan ikan tersebut antara lai bisa menggunakan booster dan tebar padat, ada juga yang membangun kolam yang besar dan masih banyak cara lain untuk membudidayakan ikan tersebut.

Kendala yang sering kita jumpai yaitu tempat dimana kita tinggal, terutama kita yang tinggal di kota kita susah untuk menemui spot untuk kita membudidayakan ikan tersebut. Namun dengan kendala yang seperti itu kita tidak perlu khawatir. Masih banyak cara ternak lele yang baik yang bisa kita jumpai.

Ada cara yang mudah sekali yang bisa kita lakukan cara tersebut adalah cara ternak lele di ember. cara tersebut dikembangkan oleh bapak Yuli Nursandi, sarjana asal lampung. Beliau memang peduli akan kebutuhan masyarakat di daerah kota yang ingin mengembangkan usaha.

Baca Juga : Cara Memulai Microsoft Word 2010 – Mudah dan Jelas

Untuk mengawali ternak lele di ember ini, kita perlu menyiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan. Untuk alat dan bahan ini kita bisa temukan dirumah kita masing masing. Jika kita tidak memiliki alatnya kita bisa membelina di toko dekat rumah.

Alat dan Bahan Untuk Ternak Lele di Ember

  • Ember ukuran 100 liter
  • Benih ikan lele yang berukuran 6-10 cm sebanyak 60-100 ekor
  • Bibit kangkung
  • Kawat kecil yang bisa di bengkokan
  • Arang
  • Gelas plastic
  • Tang

Cara Ternak Lele yang Baik di Ember 

Untuk membudidayakan lele Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Silahkan lubangi bagian bawah dari gelas plastikyang sudah kita siapkan sebelumnya dengan menggunakan solder ataupun paku yang sudah dipanasi. Gunanya adalah untuk menyerap air saat kita anami kangkung.
  2. Potong kawat yang lentur tadi sekitar 15 cm lalu bengkokan seperti huruf Uagar nanti bisa di kaitkan ke ember. Untuk bentuk pembengkokan/pembentukan kawat, Anda dapat berinovasi sendiri sesuai selera yang penting penting kawat yang sudah dibengkokkan dapat dikaitkan dengan ember.
  3. Selanjutnya isilah gelas dengan bibit kangkung, untuk bibit kangkungnya sendiri kalian bisa menggunakan kangkung yang ada akarnya yang bisa kalian beli di warung potong bagian bawahnya lalu tanam ke gelas yang sudah di siapkan.
  4. Setelah kalian mengisi bibit kangkung kalian isikan gelas dengan arangtapi mengisinya jangan sampai penuh setengah gelas lebih sedikit.
  5. Isilah ember dengan air secukupnya hingga sampai garis ember saja. Lalu diamkan selama 2-3 hari agar air memiliki suhu stabil.
  6. Masukan bibit lele yang sudah di siapkan tadi, untuk satu ember bisa di isi hingga 60-100 bibit lele.
  7. Cantolkan kangkung yang sudah di siapkan tadi pada pinggiran emberdan usahakan bagian bawah gelas terendan air hingga setengahnya.
  8. Kangkung cukup dilakukan sekali tanam untuk dipanen berkali-kali hingga 4 bulan berikutnya. Caranya adalah dengan memotong kangkung agar tunasnya dapat tumbuh kembali

Baca Juga : 5 Tokoh Kebangkitan Nasional ! Yang Harus kamu tahu

nah diatas adalah artikel Cara Ternak Lele yang Baik di Ember untuk kamu yang masih bingung memilih cara ternak lele salah satu metode ini bisa kalian pilih karena metode ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan. selain murah alat dan baha juga mudah di dapatkan.

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com