5 Tokoh Kebangkitan Nasional ! Yang Harus kamu tahu

ir soekarno

Belajarbersamayudha.com Hari Kebangkitan Nasional diperingati pada tanggal 20 Mei dalam setahun. Maksud sebuah kebangkitan nasional itu sebenarnya adalah fase pertama bangkitnya rasa persatuan dan kesatuan setelah ditindas oleh kolonialisme bangsa belanda selama 350 tahun..

Baca Juga : Nama dan Fungsi Toolbar pada Microsoft Word ! Lengkap

Semua tindakan itu tidak terjadi begitu saja. Dibalik semuanya itu tentu pasi ada tokoh – tokoh yang memelopori suatu gerakan rasa persatuan dan kesatuan untuk bangkit. Dibawah ini adalah Tokoh – Tokoh Pelopor Kebangkitan Nasional.

5 Tokoh Kebangkitan Nasional :

Sutomo

Baca Juga:

sutomo

Tokoh Pelopor kebangkitan nasional yang satu ini lebih akrab dengan sebutan Bung Tomo. Beliau sangat berpengaruh akan pergerakan perjuangan rakyat indonesia, yang terutama ada maskyarakat surabaya. Sudahkah kamu tahu tentang pidato beliau yang sangar bergelora dan membangkitakan arek Surabaya ?

Pada tahun 1945 silam , Bung Tomo hendak membangkitkan sebuah rasa kesatuan dan persatuan yang bertujuan untuk membuat penjajah angkat kaki dari indonesia. Nah jadi teman – teman sekarang bisa tahu asal usul hari kebangkitan nasional yang jatuh pada tanggal 10 November.

Ir. Soekarno

ir soekarno

Siapa yang tak kenal dengan Ir. Soekarno. Saya kira semua sudah mengenal bapak proklamator ini. Karena beliau memang menjadi Presiden RI yang ke – 1. Peran beliau tidak perlu diragukan lagi dalam membangkitkan semangat nasionalis bagi rakyat indonesia.

Beliau memiliki kharisma yang begitu kuat saat berpidato. Karena barang siapa mendengar pidato bapak Ir. Soekarno akan tergerak jiwanya untuk bisa semangat. Beliau merupakan salah satu pencetus pancasila. Selain itu juga beliau juga membina hubungan internasional antar negara.

Berkat Ir. Soekarno Indonesia juga termasuk ikut didalam gerakan Non Block dan berhasil berkerja sama dengan Unisoviet yang saat ini menjadi Rusia. Suatu hal yang mebanggakan untuk Indonesia yaitu nama Ir. Soekarno Menjadi nama jalan di Rusia.

Baca Juga : Renungan Harian Kristen ! Ketika Sedang Kecewa

Dr. Cipto Mangunkusumo

cipto mangunkusumo

Beliau adalah tokoh penting pendiri Tiga Serangkai atau dikenal dengan Indische Partij yang merupakan organisasi politik pertama dan yang sangat akktiv dalam memberikan kritik kepada pemerintahan belanda kala itu. Sikap kritis dari beliau merupakan sikap bawaan sejan Ia masih bersekolah di Stovia.

Banyak tulisan dari Dr. Cipto Mangunkusumo yang dikenang oleh masyakarakat indonesia saat ini mengenai ketidakpuasan terhadap Pemerintahan Belanda. Salah satu tulisan beliau dimuat di De Locomotif yang merupakan surat kabar yang berkembang kala itu. Tulisan beliau berfokus pada perkembangan pemerintahan kala itut.

Selain kritik terhadap pemerintahan , beliau juga melontarkan kritikan akan diskriminasi terhadap pribumi. Karena tulisan beliau juga sering mendapat teguran dari pemerintah. Bukanya berhenti dalam menulis sebuah kritik malahan beliau keluar dari pemerintahan tersebut dan menanggung uang ikatan dinasnya yang tidak sedikit.

Ki Hajar Dewantara

ki Hajar Dewantara

Beliau merupakan icon pendidikan di indonesia. Ki Hajar Dewantara memiiki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Beliau selain membidangi pendidikan juga meruoakan plitikus dan kolumnis.Beliau juga menjadi salah satu anggota 3 serangkai.

Salah satu lembaga yang di didirkan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu Taman Siswa. Lembaga tersebut memberikan kesempatan kepada rakyat yang memiliki ekonomi rendah kal itu untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Pada masa itu tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan dengan mudah karena memang keadaan kolonial saat itu. Hanya anak bangsawan yang diijinkan untuk mengenyam bangku pendidikan.

dr. Douwes Dekker

Douwes Dekker

Beliau adalah salah satu dari tokoh 3 Serangkai yang bersama mendirikan indische partij. Douwes Dekker merupakan tokoh asal pasuruan yang identik sebagai penulis kritik terhadap pemerintah, wartawan, serta aktivis politik. Nama lengkap beliau adalah dr. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker dan juga penggagas nama Nusantar sebagai tanah Hindia belanda yang merdeka.

Baca Juga : Rumus Mencari Harga Transfer Akutansi Manajemen ! Dijamin Paham

Dari 5 Tokoh Kebangkitan Nasional diatas. Semoga kalian bisa mengambil satu atau dua point mengenai makna dari kebangkitan nasional tersebut. Tokoh kebangkitan nasional tersebut sangat mengangumkan karena dalam kondisi yang sulit saat itu mereka mampu berpikir sangat luas dan cermat demi kebaikan bangsa indonesia. Dengan situasi yang lebih mudah saat ini para rakyat indonesia diharpkan bisa merealisaikan pikiran para pejuang kita.

 

 

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!