20 Cerita Rakyat Dari Jawa Barat Paling Lengkap

Cerita rakyat dari jawa barat – kamu sedang mencari cerita rakyat yang berasal dari daerah jawa barat? tepat sekali kamu sedang berada di artikel ini. karena di artikel ini kami sudah menulis 20 dongen cerita rakyat yang berasal dari jawa barat.

Berikut ini adalah dongeng,cerita rakyat dan legenda  dari Jawa Barat yang saat ini masih dikenal oleh banyak orang.

kota Bandung berada di Provinsi Jawa Barat tepatnya pada perbatasan Provinsi Jawa Tengah Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta

Sangkuriang, Si Kabayan, Lutung Kasarung, Telaga Warna, Situ Bagendit, Ciung Wanara dan cerita lainnya merupakan cerita rakyat dari Jawa Barat yang populer di Indonesia

20 Cerita Rakyat dari Jawa Barat 

Berikut ini adalah cerita fiksi yang berasal dari jawa barat. apa saja itu? mari kita lihat!

Kisah Nyi Mas Belimbing

Nyi mas blimbing merupakan putri seorang pertapa bernama Resi Rarata. ia hidup di pertapaan Ujung Kulon yang sekarang di sebut provinsi Banten. ia hidup pada jaman Sunan Gunung Jati. itulah sedikit kisah tentang cerita rakyat Nyi mas Blimbing asal jawa barat.

Asal Mula Pulau Mas (Pulomas)

Asal usul pulau mas merupakan sebuah pulau kecil kini pulau tersebut menjadi destinasi wisata. sedikit kisah dari pulau mas yaitu adanya sinar kekuningan seperti sinar emas pada pulau tersebut. lokasi pulau ini di Kabupaten Indramayu

Nyai Anteh Penunggu Bulan

Sejarah cerita Nyai anteh penunggu bulan. beliau kini hidup di bulan. tidak bisa pulang ke bumi. tapi Nyi anteh sedang berusaha menenun benang menjadi sebuah tangga yang akan digunakan untuk turun ke bumi.

ketika bulan purnama, konon katanya kelihatan bayangan Nyai Anteh sedang menenun ditemani oleh kucingnya.

Asal Mula Munculnya Pohon Padi

Asal usul munculnya pohon padi adalah sebuah anugerah yang diberikan Dewi Sri Pohaci Long Kancana. sehingga munculah pohon padi di negeri Buana Panca Tengah. itu hanya berdasarkan cerita rakyat jawab barat loh.

Cerita Rakyat Nyi Roro Kidul (Putri Kandita)

Kisah Nyi Roro Kidul ini sangat populer di telinga masyakarat jawa. Laut Pantai Selatan ini konon katanya seorang putri dari kerajaan Pakuan Pajajaran.

Nama lain dari Nyi Roro Kidul yaitu Putri Kandita. itulah sedikit cerita Seorang Putri Kerajaan Pakuan Pajajaran kenapa bisa menjadi Ratu Laut Pantai Selatan.

Kisah Prabu Panggung Keraton

Dahulu kala ada raja bernama Prabu Panggung Keraton. beliau adalah raja dari Kerajaan Dayeuh Manggung Masanggrahan. kerajaan disana sangat tetram dan penuh dengan kemakmuran.

Legenda Gunung Tampomas

Dongen Gunung Tampomas merupakah cerita dari Gunung Gede yang berada di Provinsi Jawa Barat . tepatnya di kota Sumedang.

menurut cerita rakyat dari jawa barat Gunung Gede atau Tampomas ini pernah bererupsi secara besar – besaran.

Sehingga Raja dari Kerajaan Sumedang Larang ini terpakasa mengeluarkan pusakanya  yakni keris. keris tersebut dilempar ke dalam kawah Gunung. oleh sebab itu sekarang namanya jadi Gunung Tampomas.

Kabayan dan Lintah Darat

Siapa itu Kabayan? kaya pernah denger. Kabayan adalah tokoh dari cerita rakyat dari jawa barat yang tinggalnya didesa.

ia adalah seorang yang pemberani. selain itu kabayan juga memiliki rasa takut ketika ia berani menentang larangan agama dan akhirnya takut juga dengan perliakunya tersebut.

Kabayan Menyamar Jadi Haji

Berdasarkan cerita kabayan menyamar jadi haji. seorang haji adalah orang yang saleh, terhormat. dan juga merupakan seorang miliarder.

itu dibuktikan dalam cerita tersebut bahwa mampu membayar ongkos kapal laut. ketika hendak pergi haji.

dan pada cerita tersebut kabayan menyamar jadi haji..

Ciung Wanara

Cerita rakyat dari jawa barat Ciung Wanara hampir mirip dengan cerita rakyat dari jawa timur yaitu cindelaras. Asal usulnya sih kerajaan Galuh yang terletak di jawa barat ini.

adalah sebuah pusat muara suangi yang ada di kota surabaya provinsi jawa timur.

Sejarah ciung wanara ini mengisahkan hubungan saudara antar jawa barat, jawa tengah dan jawa timur.

Asal Usul Nama Girilawungan

Kerajaan Girilawungan terletak di Provinsi Jawa barat tepatnya di daerah majalengka. Arti dari Girilawungan adalah berhadap hadapan yang di adopsi dari bahasa sunda “Ngalawung”.

Singkat cerita seorang putri dari kerjaan Giri lawang sempat ditunggu oleh Kerajaan Girilawungan untuk dibawa ke kerajaan majapahit.

Situ Bagendit

Asal usul situ bagendit adalah karena ada seorang janda bernama Nyi Endit. lokasi dari situ bagendit ada di Jawabarat, kabupaten Garut. Nyi Endit merupakan Janda kaya.

Beliau bisa di sebut rentenir jika ada dijaman sekarang. karena barang siapa meminjam uang pada Nyi Endit maka harus mengembalikan uang dengan bunga yang berlipat ganda.

Nyi Endit adalah orang yang kejam. karena jika Penduduk desa tidak bisa membayar utang maka akan di pukuli oleh pengawalnya.

Asal Mula Cianjur

Asal Mula Canjur adalah karena ada seseorang yang kaya tapi pelit. hampir semua ladang dan sawah dimilikinya. semua penduduk desa tersebut berkerja bagi dia.

tidak hanya dengan orang lain, tapi dengan anaknya sendiri ia juga pelit. sehingga ia disebut pak kikir.

Legenda Telaga Warna

Asal muasal Legenda Telaga warna adalah pada zaman kerjaan Kutatanggeuhan yang terletak di Jawa Barat. raja dari kerajaan tersebut bernama Prabu Suwartalaya. ia adalah raja yang adil dan bijaksana.

meskipun begitu ia tetap memiliki masalah dalam hidupnya. masalahnya adalah tidak punya anak sebagai pewaris kerajaan. sehingga pada akhirnya Raja Suwartalaya melakuakan pertapaan di Hutan untuk berdoa agar diberi petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa.

 

Lutung Kasarung

Lutung kasarung sebenarnya adalah Pangeran Guruminda. alasan menjadi sebuah lutung adalah karena ingin tahu siapa gadis di dunia manusia yang secantik ibunya. menjadi lutung adalah persyaratan yang harus dilakukan.

ia dianggap sebagai pemimpin bangsa lutung. karena mampu mengalahkan semua lutung di dunia. dan oleh sebab itu ia berhasil melakukan persyaratan tersebut dan bertemu gadis idamannya.

Kisah Lutung Kasarung

Lanjut cerita kalau Lutung tersebut berhasil menikan dengan Putri Purbasari. perjalannya ke bumi tidak mudah. karena ia harus tersesat di hutan dan juga harus bertarung dengan lutung yang lainnya.

Istri Lutung Kasarung ini memiliki 7 saudara. dan yang belum menikah hanya putri purbasari dan putri purbararang. ia adalah anak dari haja Tapa Agung. Prabu tapa agung ini merupakan raja dari Pasir Batang.

Si Kabayan

Kabayan adalah orang asal jawa barat tepatnya di pasundan. ia sangat malas, tidak pintar, tapi… dia cerdas. dengan kecerdasannya ia mampu rasa kesal dari mertuanya dengan akalnya yang cerdik.

istri dari kabayan adalah nyi iteung. akan tepai Nyi Iteung tetap sabar dalam menghadapi sifat kabayan.

Sangkuriang

Legenda sangkuriang sangat identik dengan terbentuknya gunung Tangkuban Perahu yang berada di jawa barat.

lucunya sangkuriang ingin menikahi ibu kandungnya. Ibu kandung sangkuriang adalah dayang sumbi. syarat yang diberikan ibu sangkuriang dianggap terlalu berat. sehingga sangkuriang sangat kesal.

akhirnya sangkuriang menendang perahu sampai terbail. kini perahu tersebut dikenal dengan gunung tangkuban perahu.

Legenda Asal Mula Nama Kota Bandung

Sejarah nama Kota bandung berdasarkan cerita rakyat dari jawa barat itu karena ada seorang kakek yang sakti. kakek tersebut tinggal di daerah pasundan dengan anak perempuan yang sangat cantik. ia juga memiliki 2 murid yakni jaka dan wira yang temukan sejak bayi. kemudian keduanya diajari ilmu yang sangat sakti oleh empu wisesa tersebut.

Legenda Karang Nini dan Bale Kambang

Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang adalah salah satu desa yang memiliki cerita rakyat yang cukup populer. cerita tersebut adalah Karang Nini dan Bale Kambang. itu bukan nama orang loh ya. tapi nama batu karang yang ada di Pantai Karang Nini. batu karang tersebut memiliki pasangan sehingga bisa disebut nini dan bale kambang.

itulah cerita rakyat dari jawa barat yang populer dan masih dikenal hingga tahun ini. mana cerita rakyat yang paling kamu sukai? silahkan berkomentar di bawah ini.

Terimakasih sudah berkunjung di web belajarbersamayudha.com

Referensi:

  • Agni, Danu. 2013. Cerita Anak Seribu Pulau.Yogyakarta: Buku Pintar.
  • Komandoko, Gamal. 2013. Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara, PT.Buku Seru.
  • Mihardja, Achdiat K. 1997. Si Kabayan, Manusia Lucu, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Ruhiyat. S. 2013. Cerita Rakyat : Lutung Kasarung, Gerai Comics.

Tinggalkan komentar