Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan Paling Lengkap dan Murah!

Belajarbersamayudha.com – Kini pakan alami ikan lele dari tumbuhan sudah tidak jaman lagi. Tapi apakah kamu tau manfaat memberi makan lele dengan tumbuh – tumbuhan? Jika belum, simak artikel berikut ini.

Karena perkembangan zaman yang semakin maju, produksi pakan iklan lele juga semakin baik dan praktis.jika dulu menggunakan tumbuhan kini sudah bisa menggunakan pelet.

Baca juga : Cara ternak lele yang baik di ember

Memberi makan ikan lele denga pelet menjadi hal yang gampang, karena hanya cukup membeli di toko pakan ikan. Tetapi jika ingin lebih berhemat kamu juga bisa menggunakan pakan alami ikan lele dari tumbuhan.

Selain hemat, makanan dari dedauan juga tidak kalah gizinya jika dibandingkan dengan pakan siap jadi seperti pelet.

Pakan Ikan Lele Alternatif dari Tumbuhan

Lalu apa saja tumbuhan yang bisa dijadikan pakan lele? Mari kita lihat!

Daun Eceng Gondok

Menurut penelitian BBPBAT atau Badan Uji Coba Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar bahwa didalan eceng gondok terdapat kandungan protein sebesar 32%.

Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan daun eceng gondok sebagai pakan ikan lele alternative bagi kita.

Padahal selama ini kita ketahui bahwa eceng gondok ini hanyalah tumbuhan penggangu. Tapi kenyataanya bisa jadi pakan alami ikan lele dari tumbuhan yang memiliki banyak manfaat.

Daun Kangkung

Selain menggunakan daun eceng gondok, kamu juga bisa gunakan daun kangkung. Untuk mendapatkan daun kangkung kamu bisa membeli dipasar atau mencari di pinggiran kolam.

Harga dari daun kangkung ini juga tidak mahal jika kamu berniat untuk membelinya. Jadi cukup dapat menghemat pengeluaranmu Ketika akan membudidayakan ikan lele tersebut.

Daun Pepaya

Apalagi daun papaya, daun ini ada dimana mana. Apalagi didaerah pedesaan, pasti banyak yang menamam pohon papaya.

Daripada daunnya tidak dijadikan apa apa dan menjadi sampah. Kita bisa jadikan sebagai pakan ikan.

Cara Memberi Makan Ikan Lele dari Tumbuhan

  • Jika kamu akan memberi makan ikan lele dengan tumbuhan sangat disarankan Ketika bibit ikan lele sudah berusia lebih dari empat minggu.
  • Potong kecil – kecil daun diatas kira kira sebanyak 3kg setiap harinya kemudian berikan kepada ikan tersebut. (tergantung banyaknya ikan didalam kolam tersebut)
  • Setelah bibit lele berusia hamper dua bulan. Kamu tidak perlu lagi memotong daun tersebut. Jadi bisa langsung diberikan kepada lele.

Jika kamu mau membudidayakan ikan lelel tapi dengan metode yang lebih hemat. Kamu bisa menggunakan pakan alami ikan lele dari tumbuhan sebagai salah satu cara yang efektif dan effisie.

Baca juga : Cara ternak lele bioflok untuk pemula

Jika didalam pembuatan artikel ini terdapat kata yang tidak berkenan atau kurang lengkap. Kamu juga bisa menambahkannya di kolom komentar supaya setiap pembaca dapat menemukan manfaatnya, Terimakasih

 

Tinggalkan komentar