Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

PENGERTIAN TOPOLOGI BUS : Cara Kerja, Karakteristik, Kelebihan & Kekurangan

Bagi kalian yang awam akan topologi jaringan secara secara khusus bertanya apa itu topologi bus? hari ini kita akan bersama membahas pengertian topologi bus, cara kerja, karakteristik, kelebihan dan kekurangan pada topologi bus.

Baca Juga:

topologi bus ini dikenal akan kemudahan dalam instalasinya maka sering digunakan untuk perusahaan kecil yang sering mengalami perkembangan. Terdapat satu kabel tunggal yang akan membagikan jaringan ke komputer lain dalam topologi bus in. dan yang menjadi kabel utama dari jaringan tersebut memilkki fungsi sebagai kabel pusat dari jaringan tersebut

Baca Juga : Laptop Gaming 5 Jutaan

Topologi Bus menggunakan jenis kabell coaxial. Dengan menggunakan konektor T maka jaringan yang ada di kabel utama akan di salurkan ke komputer lainya dalam satu jaringan. topologi ini memiliki terminator di setiap unit di ujung kabel jaringan

terminator tersebut memiliki fungsi sebagai sinyal penyerapan, dan sinyal pantulan. apabila sinyal dipantulkan kembali maka akan membuat sinyal latar belakang dan dapat mempengaruhi jaringan. Untuk mengenali jenis topologi bus ini cukup mudah. dengan melihat karakteristik topologi tersebut maka kita akan mengenalinya.

Baca Juga : kelebihan dan kekurangan hp vivo y91

Pengertian Topologi Bus

Definisi topologi bus adalah bentuk atau metode yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer menggunakan kabel serial ke pusat lalu lintas utama atau sebagai pusat. Kabel tunggal pada topologi bus akan menyalurkan kepada jaringan komputer yang lainnya.

Seperti namanya bahwa desain topologi jaringan ini hampir sama dengan ruang yang ada di dalam bus. Sebuah fungsi dari jenis topologi bus ini adalah untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer untuk melakukan pertukaran data atau informasi. topologi bus ini  menggunakan konektor BNC dan terminator yang digunakan sebagai media untuk transmisi data

Baca Juga : 10 Merk Laptop Terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus

Sebelum memilih topologi bus untuk sebuah jaringan komputer di perusahaanmu. Setidaknya kamu tahu terlebih dahulul mengenai kelebihan dan kekruangan yang dimiliki topologi bus ini. Berikut adalah merupakan kelebihan dan kekurangan topologi jenis bus.

Kelebihan Topologi Bus

setiap topologi jaringan pasti memiliki kelebihan yang berbeda-beda. hari ini saya akan membahas kelebihan topologi bus pada artikel ini. simak ya!

  1. Tidak ada keterkaitan antar perangkat

Walaupun terdapat berapa error yang kerap terjadi di PC klien, Kamu tidak usah takut jika memakai jaringan topologi ini. Tidak ada hubungannya dengan PC lain di satu jaringan tersebut

  1. Tidak memakai perangkat keras

selain prosesnya yang mudah. Pada kenyataanya topologi bus ini tidak mewajibkan hardware yang terpasang. Tidak seperti topologi star dan topologi ring yang harus memerlukan hub switch atau konekto semacamnya.

  1. Biaya tergolong murah

Tidak perlu kabel yang banyak sehingga mengurangi biaya ketika kita akan merakit topologi jenis bus ini. Sebab itu kebutuhan biayanya semakin sedikit dan dikatakan lebih murah.

  1. Desain dari topologi yang khas dan unik

Berbeda dengan topologi jenis lainnya yang memiliki bentuk standar. Tetapi topologi busu ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai bu

  1. Fleksibel untuk di update

Selain dari pada harga yang murh dan bentuk yang unik. Topologi bus ini juga mudah di kembangkan seiring dengan kebutuhan perusahaan. Atau kebutuhan pemakainya.

  1. Topologi jaringan yang sederhana

Bagi teman – teman yang masih sedikit kebingan tentang topologi jaringan. Jenis topologi bus ini saya kira cocok untuk kalian. Karena untuk tampilan dan instalasinya cukup sederhana dan mudah di  mnegerti.

Kekurangan Topologi Bus

selain memiliki kelebihan, topologi bus juga memiliki beberapa kekurangan antara lain :

  1. Susah mengidentifikasi ketika ada kesalahan

Dikarenakan kabel yang sedikit kemungkinan besar akan timbul beberapa kesalahan dan susah untuk mengetahui kesalahannya karena satu kabel di gunakan untuk banyak komputer

  1. Memiliki jalur trafic yang padat

Dikarenakan transfer data melalui kabel yang terangkai dan kabelnya pun sedikit apabila terjadi kesalahan pada kabel utama maka semua akan mengalami kesalahaan transfer data dan error. Selain itu juga sangat lambat jika di gunakan untuk transfer data.

  1. Kecepatan akses tidak stabil

Apabila salah satu komputer mengharapkan kecepatan yang tinggi bisa menggunakan sebuah perangkat tambahan yaitu repeater.

Baca Juga : cara masuk bios lenovo ideapad 310

Cara Kerja Topologi Bus :

Secara sederhana kita bisa melihat topologi bus ini berkerja dengan menggunakan 1 komputer sebagai pusatnya dan mengalirkan jaringan ke komputer lainnya melalui kabel yang terangkai pada komputer tersebut. Dibantu dengan konektor sebagai terminal untuk menyalurkan data dan informasi.

Contoh Topologi Bus

berikut ini adalah contoh gambar dari topologi bus yang terkenal dengan desain yang unik :

topologi bus

Itulah sedikit informasi tentang pengertian, karakteristik, kelebihan & kekurangan pada topologi bus. Semoga dengan artikel ini bisa membantu sobat semua didalam belajar.

 

 

 

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com