PENGERTIAN TOPOLOGI STAR : Fungsi, Cara Kerja, Karakteristik Serta Kelebihan dan Kekurangan

topologi star

Kamu sudah tahu apa itu Topologi Star? Jika belum hari ini saya akan menjelaskan Pengertian Topologi Star, Cara Kerja Topologi Star, Ciri – Ciri Topologi Star Serta Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star.

Didalam kegiatan kita sehari – hari kita akan menemui beberapa Warnet, Perusahaan, Sekolah, maupun institusi – institusi perusahaan lainnya yang mengaplikasikan topologi jaringan tipe Star untuk mengaitkan beberapa komputer. Pada kesempatan yang baik ini saya dengan senang hati akan menjelaskan kepada kalian semua tentang apa itu topologi star? Bagaimana Karakteristik dari Topologi Star?, Apa saja Kelebihan dan Kekurangan jika menggunakanTopologi Star?. Itu semua saya akan bahas di artikel ini. Silahkan di baca sampai habis ys sob.

Baca Juga : Pengertian NAT : Static Nat, Dynamic Nat & Port Adress Nat

Pengertian Topologi Star

Topologi Star adalah sebuah rangkaian topologi jaringan yang merupakan pertemuan antara node/titik tengah dengan node – node lainya. Setiap node akan di hbungan secara langsung dengan sebuah Hub Switch atau Server. Kesimpulannya hubungan antar node yang ada dalam satu rangkaian topologi star ini di hubungkan oleh Hub Switch atau sering disebut dengan server. Fungsi Hub Switch hampir menyerupai sebuah terminal yakni segala bentuk sinyal dari komputer akan diterima hub switch dan setelah itu segera di teruskan kepada komputer lainnya yang berada dalam satu rangkaian. Topologi Star ini biasanya dipakai oleh perusahaan menengah keatas dikarenakan biaya yang di gunakan untuk membuat jaringan topologi berbentuk star ini cukup mahal.

Karakteristik Topologi Star

Setelah memahami pengertian topologi star. Maka kita akan menemukan ciri – ciri serta karakteristik yang ada didalam topologi star tersebut. Dan dibawah ini merupakan beberapa karakteristik yang ada dalam rangkaian jaringan topologi star.

Baca Juga:
  • Tiap – tiap node akan berhubungan langsung dengan node pusat yang biasa disebut dengan central node. Sirkulasi arus data dimulai dari pusat node kemudian setelah mengaliri node lainya maka akan kembali lagi ke pusat.
  • Dikarenakan kabel pada rangkaian tersebut terhubung dengan central node maka rangkaian topologi star ini sangat mudah untuk di kembangkan.
  • Dikarenakan tidak ada hubungan antar node didalam jaringan tersebut. Maka jika terjadi kerusakan pada sebuah node, node lainnya tidak akan terpengaruhi.
  • Dikarenakan hanya berkaitan dengan sebuah arus node dan hanya menggunakan kabel tipe UTP maka kita bisa menggunakan lower cable.

Baca Juga : 5 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik 2020, Layak kalian dapatkan

 Kelebihan Topologi Star

Selain memiliki karakteristik yang begitu baik, topologi star juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa kamu lewat kan dan inilah kelebihan dari topologi star :

  • Jika ada satu node yang rusak node yang lain tidak ikut rusak
  • Cukup aman jika digunakan
  • Mampu bertahan pada traffic yang cukup sibuk
  • Terminal dapat ditambah maupun dikurangi dengan mudah.
  • Lebih mudah melakukan kontrol node karena arus terpusat
  • Identifikasi kerusakan pada node akan lebih mudah
  • Rangkaian yang cukup sederhana

Kesimpulan: dikarenakan lebar jalur atau bandwith pada arus jaringan yang lebih besar maka performa atau kinerja pada jaringan tipe topologi star ini menjadi lebih baik. Selain itu dari faktor yang menggunakan kabel terpusat maka jika ada kerusakan pada salah satu node tidak akan mempengaruhi node – node yang lainnya.

Kekurangan Topologi Star

diatas sudah jelas mengenai karakteristik serta kelebihan dari topologi star dan selanjutnya saya akan menjelaskan apa saja kekurangan topologi star. Dan berikut ini adalah kekurangannya :

  • Kerusakan semua node akan terjadi apabila central node mengalami kerusakan
  • Pemakaian kabel tergolong boros
  • Pusat kontrol terjadi pada HUB Switch
  • Dikarenakan pusat kontrol pada hub switch.apabila hub switch error maka akan mempengaruhi semuanya.
  • Central node sangat mempengaruhi arus jaringan dalam rangkaian tersebut.
  • Akan terjadi keterlambatan jaringan apabila switch dan arus lalu lintasnya pada
  • Dibandingkan dengan topologi ring, jaringan ini tergolong cukup mahal.

Baca Juga : √10 Merk Laptop Terbaik : Harga Murah & Spek Tinggi!

Cara Kerja :

Berikut ini adalah cara kerja topologi star :

  • Komputer yang berada dalam rangkaian topologi star akan memiliki sebuah HUB switch atau sebuah terminal
  • Dengan adanya HUB switch maka memory hub switch akan mlakukan penyimpanan daftar pada CAM ( Content Adressble Memory )
  • Didalam sebuah CAM akan tersimpan semua alamat komputer yang terhubung dengan switch.

Itulah sedikit ringkasan bagaimana cara kerja dari topologi star tersebut. Cara kerja yang disajikan oleh topologi jaringan yang satu ini tergolong sangat simple dan fleksible.

Contoh Topologi Star

bagi teman – teman belum tahu gambaran tentang topologi star. saya akan berikan contoh topologi star di bawah ini.

contoh topologi star

Baca Juga : √ Tips Mudah Belajar Komputer Dasar

Akhir Kata

Bagaimana sobat apakah sudah paham? Itulah beberapa pengertian, ciri – ciri, karakteristik, cara kerja, fungsi serta kelebihan dan kekurangan topologi star. Semoga dengan artikel ini dapat membantu sobat semua.

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!