Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Tahapan Kegiatan Metode Statistik Untuk Bisnis

Belajarbersamayudha.com – Tahapan Kegiatan Metode Statistik Terbagi dalam lima bagian antara lain Pengumpulan data, Penyusunan data, Pengumuman data, Analisis data, dan yang terakhir yaitu interprestasi data.

Baca Juga:

Supaya lebih jelas mari kita ulas satu persatu tentang tahapan kegiatan dari metode staistik ini.

Tahapan Kegiatan Metode Statistik Ekonomi dan Bisnis

Berikut ini adalah lima bagian yang ada didalam metode statistic, Mari kita baca!

Mengumpulkan Data

Tahap pertama yang harus anda perhatikan didalam sebuah metode statistic adalah pengumpulan data. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara sensus dan cara sample.

Cara sensus

Kegiatan sensus ini merupakan aktivitas yang digunakan untuk mengumpulkan data  tetapi harus terjun kedalam lapangan untuk bertemu langsung dengan objek penelitian. Secara khusus cara sensus ini merupakan cara yang lebih efektif karena dengan cara ini seluruh objek dapat dicatat

Cara Sample

Yang kedua adalah dengan cara sample. Cara sample dalam pengumpulan data ini tergolong masih umum. Karena hanya Sebagian kecil saja yang dicatat dalam pengumpulan obyek penelitian.

Sederhananya cara sample ini hanya mencatat samplenya saja terehadap obyek yang akan di teliti. Jadi tidak semua obyek dilakukan penelitian.

Menyusun Data

jika anda sudah melakukan pengumpulan data maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah Menyusun data tersebut.

Kegiatan Menyusun data ini bertujuan untuk membantu seseorang yang akan membaca data supaya lebih mudah untuk memahami. Biasanya kegiatan penyusunan data ini juga disajikan dalam bentul table , grafik dan sebuah diagram.

Terdapat 3 tahap didalam proses penyusunan data antara lain : Editing, Klasifikasi dan Tabulasi Data.

Mengumumkan Data

Tahap selanjutnya jika anda sudah mengumpulkan dan Menyusun data maka Langkah selanjutnya adalah mengumumkan data tersebut.

Aktivitas pengumuman data ini memiliki tujuan supaya orang secara umum dapat mengetahui apa yang sedang terjadi dari proses Analisa statistik yang sudah dilakukan.

Menganalisa Data

Setelah semua tersusun dan sudah jadi. Maka data tersebut perlu dianalisa secara Bersama. Kegiatan ini agar data tersebut memiliki hasil yang baik serta akurat.

Kegiatan Analisa data ini menjadi bagian penting dari tahapan kegiatan metode statistic baik perusahaan ataupun Lembaga.

Melakukan Interpretasi Data

Setelah dilakukan Analisa dan ternyata semua sudah baik. Maka Langkah selanjutnya adalah melakukan interpretasi data. Hal itu supaya seseorang dapat memperoleh sebuah kesimpulan dari data tersebut.

Baca juga : Pengertian Statistik Serta Tujuan, Contoh dan Jenisnya

Akhir Kata

Itulah  Tahapan Kegiatan Metode Statistik yang harus anda ketahui. Supaya kegiatan Analisa anda memberikan hasil yang terbaik dan bisa diterima masyarakat luas dengan baik.

 

 

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com