Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Tips Menghadapi Resesi Ekonomi Untuk Menjaga Keuangan

Tips menghadapi resesi ekonomi – Akibat pandemi Covid 19 yang terjadi hingga saat ini, maka mengakibatkan kondisi ekonomi keuangan negara semakin tidak stabil. Nampaknya tidak hanya negara Indonesia saja, tapi banyak negara di seluruh dunia yang akan mengalami resesi ekonomi. Untuk itu kita harus melakukan antisipasi dikala terjadinya resesi ekonomi dengan memperhatikan beberapa tips dan cara yang akan saya bagikan pada artikel ini.

Baca Juga:

Badan Pusat Statistik atau BPS resmi mengumumkan keadaan ekonomi di indonesia semakin hari semakin surut. Saat ini kontraksi ekonomi sebesar 5,32 persen dan apabila pada bulan juli hingga september tahun 2020 ini pertumbuhan ekonomi diindonesia semakin memburuk, kita perlu waspada.

Tentu kita selalu berharap semoga nantinya kondisi ekonomi di Indonesia ini tidak semakin buruk. Agar resesi ekonomi di negara kita juga tidak terjadi. Beberapa upaya sudah dilakukan oleh Hartanto yang menjabar sebagai menteri koordinator bidang perekonomial airlangga untuk menghadapi resesi ekonomi agar bisa mengcover hal tersebut.

Saat ini nilai tukar rupiah ( kurs ) dinyatakan melemah. Dari pernyataan tersebut mau tidak mau kita harus berfikir lebih matang lagi untuk mengatur keuangan dikalan menghadapi resesi ekonomi ini.

Pembahasan Tips Menghadapi Resesi Ekonomi

Resesi merupakan turunya kegiatan ekonomi secara drastis yang berlangsung dalam jangka waktu bulanan bahkan tahunan. Hal ini merupakan sebuah perkara yang sangat sulit dihindari bagi seorang pebisnis maupun orang biasa didalam suatu negara.

Penyebab Terjadinya Resesi :

Tips menghadapi resesi ekonomi dapat kita lakukan untuk mencegah hal yang akan terjadi berikut ini.

  • Produk domestik bruto mengalami penurunan
  • Angka pengangguran semakin meningkatkan
  • Penjualan perusahaan ritel semakin menurun
  • Pendapatan perusahaan manufaktur yang semakin menurun
  • Sempitnya lapangan pekerjaan
  • Produktifitas perusahaan berkurang
  • Pendapatan usaha mengalami penurunan

Selain dari pihak pemerintah, kita juga perlu memikirkan bagaimana caranya agar kita bisa lepas dari resesi ekonomi ini. Jika kamu bingung akan melakukan hal seperti apa, mari kita simak artikel tips menghadapi resesi ekonomi berikut ini.

Cara dan Tips Menghadapi KrisisEkonomi

Dibawah ini adalah strategi yang bisa kamu terapkan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadi resesi ekonomi di negara kita.

Hilangkan sifat hedonisme atau membelanjakan sesuatu yang tidak penting

Tips menghadapi resesi ekonomi yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi belanja yang tidak terlalu penting atau boros – borosan. Misal kamu sering membelanjakan pakian yang mungkin tidak menjadi kebutuhanmu, hal ini sebisa mungkin harus kamu kurangi.

Mempersiapkan beberapa hal dikala menghadapi pandemi yang tidak tahu kapan berkahirnya dengan membelanjakan uang untuk kebutuhan primer. Kebutuhan yang harus anda beli adalah kebutuhan sembako untuk makan kita sehari – hari.

Selain itu kamu juga bisa mengikuti program asuransi untuk mejaga kehidupanmu dalam jangka waktu yang akan datang.

Memperhitungkan kapasitas dana dengan baik

Kamu bisa lebih bijak lagi dalam mengelola uang karena hal tersebut adalah salah satu startegi yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi resesi ekonomi. Supaya kelak kita tidak harus berhutang kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita.

Persiapkan kebutuhan anda dengan estimasi waktu sekitar 6 bulanan. Agar kehidupanmu akan tercukupi sepanjang hari.

Tips menghadapi resesi ekonomi dengan meningkatkan penghasilan

Srategi atau cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi resesi ekonomi adalah dengan cara mengingkatkan penghasilan anda. Jadi anda harus lebih giat lagi didalam berkerja supaya dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah yang lebih banyak.

Apabila kamu sering membaca, mungkin kamu bisa menemukan cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah dan dapat diakses untuk pemula. Tetapi anda harus mengutamakan pekerjaan utama anda sehingga didalam berkerja lebih maksimal.

Meningkatkan rasa kekeluargaan

Dimasa sulit ini kita tidak bisa hidup sendiri. Kita pasti membutuhkan pertolongan orang lain, entah itu keluarga, tetangga maupun teman dekat kita. Tentu dengan meningkatkan hubungan baik dengan orang lain akan memberikan dampak baik dikala resesi ekonomi sedang terjadi.

Mencari penghasilan sampingan

Tips menghadapi resesi ekonomi yang selanjutnya adalah dengan memiliki penghasilan sampingan. Jadi kamu harus bisa menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebenarnya mendapatkan penghasilan sampingan itu cukup mudah, karena kamu hanya cukup mencarinya melalui sebuah internet dan mempelajarinya. Nantinya kamu juga akan mengerti bagaimana cara menghasilkan uang dari internet. Lumayan bisa kamu gunakan untuk menambah penghasilan anda.

Membayar hutang dengan bunga yang tinggi

Jika anda memiliki hutang, pastikan anda melunasi seluruh hutang terutama yang berbunga tinggi. Karena dimasa resesi ini tentunya kamu akan kesusahan didalam mengelola kelungan perusahaan ataupun keluarga anda.

Jadi untuk menghindari pembengkakan hutang anda di kartu kredit, anda perlu memperhatkan tips menghadapi resesi ekonomi yang sudah saya bahas ini.

Melakukan investasi

Hal penting yang bisa jadi pertimbangan untuk anda semua adalah hal investasi. Jadi ketika anda mengalami kondisi sulit ketika terjadi resesi ekonomi. Anda masih mempunya tabungan yang berupa investasi. Dengan begitu keuangan keluarga anda bisa lebih sedikit terbantu.

Prioritaskan kebutuhan makanan

Makanan adalah kebutuhan primer bagi setiap orang. Tidak akan ada orang yang tidak makan dan bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Denga ini kita semakin sadar dengan pentingnya dari sebuah pangan.

Sebab itu kita harus tau mana kebutuhan primer maupun sekunder. Anda harus memenuhi kebutuhan primer anda dan apabila hal ini sudah terpenuhi maka anda bisa bergeser kepada kebutuhan sekunder anda.

Akhir Kata

Cukup sampai disini dulu ya kawan – kawan pembahasan tentang tips menghadapi reses ekonomi. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua ketika berjaga – jaga dalam krisis ekonomi di negara kita.

Terimakasih karena sudah mampir di web kami, silahkan baca artikel menarik lainya seperti cara melacak hp hilang yang sudah saya tuliskan di website ini.

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com