Yuk Bisnis: Dapatkan Uang Tambahan di Masa Pandemi

yuk bisnis

Kamu sedang ingin berbisnis tapi bingung bisnis apa yang cocok ? Atau sedang ingin cari uang tambahan di masa pandemi gini ? atau sekadar ingin tahu bisnis apa yang sekarang sedang tren? Artikel ini bisa membantu kamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan barusan. Singkatnya yuk bisnis. Ga sulit kok dan ga perlu takut ini itu karena bisnis yang satu ini pasti kamu suka. Dan kamu ga perlu riset karena artikel ini sudah merangkumnya untuk kamu.

Pandemi covid-19 ini merubah pola hidup kita. Setuju ga? Salah satunya aktivitas kita yang tadinya offline sekarang jadi online. Pasti ada enak dan ga enaknya dong online itu. Tapi eittsss tunggu dulu,  jangan langsung marah-marah sama keadaan yaa, karena sebenarnya digitalisasi seperti ini bisa jadi peluang besar buat kita.

Peluang dari mananya? Yuk sama-sama kita lihat data pengguna internet tahun 2021. Ada 875,000 pengguna baru setiap harinya di seluruh dunia. Dan pengguna internet di awal tahun 2021 mencapi 4.66 miliar pengguna atau sekitar 60 persen populasi manusia di dunia.

Wow angka yang fantastis. Di indonesia sendiri seperti yang di lansir kompas.com pada 23 februari 2021 memaparkan ada 202.6 juta jiwa yang menggunakan internet dari 274.9 juta populasi manusia di indonesia atau mencapai prosentase 73.7 persen. Ini yang namanya peluang besar.

Ga perlu pusing dengan angka-angka itu yaa, intinya sederhana kok, angka itu adalah banyaknya pelanggan dari bisnis digitalmu nanti. Gimana?Tertarik untuk mulai bisnis digital?

Baca Juga:

Baca Juga: Praktek Manajemen Bisnis Online di Masa Pandemi

Yuk bisnis digital

Apa itu bisnis digital? Bisnis yang seluruh prosesnya kita lakukan secara online, mulai dari produksi, pemasaran, hingga penjulannya. Gimana? Udah kebayang mau buat bisnis digital apa? Kalo masih bingung tenang aja, artikel ini akan merekomendasikan beberapa ide yang bisa kalian coba. Yuk simak bisnis digital apa saja yang bisa kamu lakukan.

1. Penulis

Kamu suka menulis? Apapun tulisan kamu bisa jadi bisnis digital lho seperti puisi, opini, naskah, dll . Mimin kasih contoh deh. Coba jadi blogger kayak mimin, eh belum pantas dijadikan contoh sepertinya hehe. Seperti Raditya Dika contohnya, nah ini pantes. Dia adalah salah satu orang yang sukses melalui blog pribadinya yang saat itu adalah kambingjantan.com. Menjadi blogger itu intinya kamu bisa menarik pengunjung, nah terus uangnya darimana? Sediakan ruang untuk iklan masuk di blog kamu. Daftar aja seperti google ads, dsb.

Atau kamu mau jualan tulisan langsung? Kalo tadi kan secara tidak langsung ya. Kamu bisa masuk ke website freelance seperti feverr.com, sociabuzz.com, projects.co.id, writingtowealth.com, dsb. dimana tulisanmu bisa langsung dihargai.

2. Designer grafis, pelukis, animator, dan fotografer

Bagi kamu yang suka menggambar, mengedit foto di lightroom, membuat logo, membuat desain power point, membuat desain grafis lainnya, membuat video, membuat animasi, atau fotografi, kamu bisa memulai bisnis dari sini. Kamu bisa coba situs feverr.com, sociabuzz.com, redbubble.com, 99design.com, shutterstock.com, envato.com, atau kamu buat website jualan kamu sendiri.

Era digital adalah eramu wahai pecinta garis dan warna. Omzet yang bisa kamu hasilkan dari sini bisa mencapai puluhan juta dalam sebulan.

3. Yuk Bisnis Youtuber

Kamu tentu tahu Atta Halilintar, yaa salah satu youtuber dengan subscriber yang banyak di indonesia. Atau Corbuzier dengan podcast close the doornya yang sering sekali trending. Mereka adalah contoh sukses orang yang bermain di youtube dan memiliki penghasilan hingga hampir miliyaran dalam setahun dari youtube. Dan masih banyak lagi konten kreator youtube yang sukses dengan konten yang sangat kreatif lainnya.

Platform yang satu ini mewadahi kamu yang memiliki ide kreatif dalam membuat tontonan.

4. Social media influencer

Memiliki akun media sosial yang terawat adalah sebuah aset di era digital ini. Untuk bisnis yang satu ini jelas kamu pasti sudah melakukannya, hanya saja kamu belum menyadari nilai bisnisnya. Keuntungan yang kamu peroleh dari merawat media sosial bisa berupa manfaat langsung maupun manfaat tidak langsung.

Manfaat langsung contohnya adalah kamu bisa menjadi endorse dari suatu produk dengan cara mendaftarkan akunmu di sociabuzz.com atau menjalin kerja sama dengan perusahaan. Selain sebagai endorse, kamu sendiri misa memanfaatkan akun media sosialmu untuk media pemasaran produkmu sendiri. Sedangkan manfaat secara tidak langsungnya adalah sebagai media self branding-mu atau sebagai etalase karya/portfolio -mu.

5. Podcaster

Jika kamu suka berbagi cerita, mendongeng, dan masih banyak lagi seni berbicara lainnya. Bisnis ini cocok sekali buat kamu. Kamu bisa merekam audio lalu mengunggahnya ke platform seperti Spotify atau Anchor.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital di Indonesia Yang Menjual

Jadi tunggu apalagi? Yuk bisnis

Beberapa ide bisnis di atas hanyalah saran berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mimin itu pun masih belum mencakup semua bisnis digital yang sekarang ada karena masih ada banyak lagi, seperti dropshipper, pengajar online, bisnis afiliasi, pengajar online, motivator, dsb.

Dan mimin yakin kebanyakan dari itu sekarang sudah dan sedang kamu lakukan tapi belum menyadarinya sebagai peluang bisnis. Jadi jangan bingung lagi harus bisnis apa, karena sebenarnya kamu sudah memulainya hanya saja perlu lebih menyadari dan mulai serius menyusun manajemennya. Yuk bisnis mulai dari sekarang.