Lakukan 5 Cara Memanaskan Kendaraan Bermotor ini! Dijamin Motormu Awet Sampai Kamu Tua

Memanaskan kendaraan bermotor – merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh pemiliki motor. aktifitas tersebut sama halnya dengan seorang manusia, sepeda motorpun perlu melakukan pemanasan juga. Walaupun kamu memiliki alasan hanya dogunakan untuk berpergian di tempat yang dekat, tetap saja memanaskan kendaraan bermotor itu harus dilakukan.

Bagi kita yang memiliki kendaraan, memanaskan mesin bukalah suatu pekerjaan yang baru. Walaupun pekerjaan ini tidak terlihat penting tetapi salah satu manfaat memanaskan mesin kendaraan adalah untuk menjaga mesin tetap optimal dan baik Electronic Control Unit (ECU).

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honda Genio 2020

Jika kamu mau tau bagaimana cara memanaskan mobil yang benar ? berikut ini adalah 5 cara memanaskan kendaraan bermotor, yang bisa kamu lakukan setiap ingin berkendara!

Memanaskan Mesin selama 5 menit

Cara memanaskan mesin yang pertama kamu cukup menghidupkan kendaraanmu saja selama jangka waktu kurang lebih 5 menit, memang sering kali kit lupa memanaskan mesin ketika terbuuru – buru tetapi perlu diingat memanaskan mesin merupakan cara ampuh menjaga kulitas kendaraanmu.

Adapun fungsi memanaskan kendaraan yaitu untuk memberikan pelumas kepada seluruh bagian mesin di kendaraanmu dengan oli. Oleh karena itu kamu perlu menunggu beberapa saat supaya oli bersirkulasi merata di mesinmu.

Tetapi untuk memanaskan mesin kendaraan kamu tidak perlu dalam waktu yang terlalu lama, malahan dengan waktu yang terlalu lama nanti bensinmu akan terbuang tanpa ada guna.

Dilarang Menarik Gas Ketika Memanaskan Mesin

Ketika saya masih kecil sering kali melihat cara memanaskan mesin dengan menarik gas yang istilah jawabnya adalah mbleyer. Ternyata cara tersebut itu dilakukan supaya mesin yang menggunakan karburator tetap dalam keadaan stationer dan supaya mesin tidak mati.

Tapi sekarang jaman sudah sangat maju, jadi kamu tidak perlu mbleyer – mbleyer ketika sedang memanaskan mesin karena hal itu sangat tidak efektif.

Karena dengan cara memanaskan kendaraan bermotor yang salah malahan bisa membuat mesin – mesin yang ada dimotormu bergesekan tanpa ada oli yang melumasinya sehingga menyebabkan kerusakan dan keausan pada mesin tersebut. Selain itu juga bensinmu jadi boros karena terbuang.

Memanaskan Mesin Ditempat Terbuka

tempat terbuka menjadi opsi yang penting bagi kamu yang ingin memanaskan mesin, jika kamu memanaskan mesin di dalam rumah bisa – bisa kamu kena omel sama emak kamu, betul gak? Selain kena omel gas yang keluar dari mesin kendaraan kita tidak baik untuk paru-paru kita.

Pastikan Posisi Mesin Netral

Sebelum memanaskan mesin, pastikan posisi transmisi di motormu netral. Karena jika kamu lupa meneterlakan transmisinya. Bisa bisa motormu melaju ke depan dan bisa menabrak apa saja yang didepannya.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Vespa Sprint Terbaru 2020

Selain menabrak aoa yang ada didepanmu, kemungkinan motormu juga akan jatuh dan menyebabkan kerusakan juga.

Itulah 5 cara memanaskan kendaraan bermotor yang benar, dengan melakukan cara memanaskan mesin yang benar dijamin kendaraanmu akan awet dan bisa kamu gunakan sampai tua.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha Nmax Terbaru

Terimakasih sudah berkujung, diartikel selanjutnya kita akan membahas manfaat memanaskan kendaraan! Jangan lewatkan ya.

 

You May Also Like

About the Author: Yudha Epsen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *