Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara membuat roti tawar

Belajarbersamayudha.com – Roti tawar merupakan makanan tertua di indonesia. Hal itu terbukti karena  30.000 tahun lalu di benua eropa memperlihatkan bekas tepung di permukaan batu yang digunakan untuk menumbuk makanan. Cara membuat roti tawar adalah dengan bahan tepung gandum atau tepung terigu.

Baca Juga:

Walaupun begitu populer, kisah roti tawar tidak diketahui secara pasti. Tetapi , banyak yang mempercayai bahwa asal usul  roti tawar adalah roti gepeng yang ditemukan bangsa Mesir Kuno. Kemudian Roti tawar terus mengalami perkembangan. Sejak itu Roti tawar menjadi populer dan dinikmati banyak orang di indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Goreng yang Mudah dan Enak

Roti tawar merupakan menu makanan favorit, karena  sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Teksturnya yang lenmbut dan empuk membuat banyak orang menyukai roti tawar. Apalagi saat dipadukan dengan selai coklat atau selain rasa stroberi. Meskipun demikian Roti tawar juga memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi. Roti tawar sangatlah mudah didapatkan. Di setiap makanan pasti menjual roti tawar. Namun sesekali tidak ada salahnya lho membuat roti tawar sendiri di rumah. Dengan cara membuat roti tawar yang benar dijamin deh hasilnya pasti lembut dan enak, nggak kalah dari produksi pabrikan. Nah, berikut ini Belajarbersamayudha.com akan mengulas cara membuat roti tawar yang dirangkum dari berbagai sumber.

Tips membuat  roti tawar yang empuk dan lembut

Jangan lupa menggunakan bread improver dan bread emulsifier. Tapi jika tidak memiliki tak perlu khawatir dengan kedua bahan ini, roti akan tetap mengembang, tetapi hasilnya jelas berbeda dalam hal tekstur serat dan kekokohannya.pastikan adonan lembab jangan sampai kering dan jangan langsung memasukan es batu. Jangan menarik adonan saat membagi dan menimbang, gunakan pisau atau scrapper supaya serat roti terlihat bagus. Bentuk adonan harus bulat mulus supaya roti yang dihasilkan terlihat cantik dan rapi. Lakukan proses menguleni adonan selama sekitar 10 menit sampai kalis. Sebetulnya, setelah 7-8 menit diuleni, adonan sudah mulus dan halus, dan itu berarti proses menguleni sudah cukup. Namun, kamu bisa menambahkan 2-3 menit lagi untuk hasil lebih bagus. Saat cuaca sedang dingin, simpan adonan di dalam oven. Letakkan wadah yang sudah diisi air panas di rak oven bagian paling bawah dan taruh adonan di rak atasnya. Suhu yang lembap dan hangat dibutuhkan agar adonan mengembang dengan baik. Jika sudah memahami langkah-langkahnya, sekarang saatnya kamu praktik cara membuat roti tawar sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat roti tawar yang lembut dan lembut.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu berprotein tinggi
  • 1,5 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 1,5 sendok makan mentega putih
  • 100 ml air dingin atau air es
  • 2,5 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok makan ragi instan
  • ½ endok teh garam halus

Cara membuat roti tawar yang lembut dan empuk :

  1. Campurkan tepung terigu,gula pasir, susu bubuk, garam dan ragi instan, lalu aduk hingga merata.
  2. Masukkan telur lalu tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menggumpal. Lalu masukkan mentega putih dan aduk terus sampai adonan menjadi keras.
  3. Bulatkan adonan dan diamkan dalam wadah tertutup rapat selama 20 menit.
  4. oles loyang dengan mentega dan masukan adonan yang sudah dikempiskan kedalam loyang. Diamkan selama 40 menit hingga adonan mengembang.
  5. Panggang dalam oven roti hingga roti tawar benar-benar matang kira-kira selama 15 menit
  6. Potong sesuai keinginan dan siap untuk disajikan

Baja Juga : Cara Membuat Roti Bakar yang Enak dan Mudah

Artikel diatas merupakan sedikit informasi cara membuat roti tawar. Dengan mencoba lebih sering membuat teman teman lebih bisa lagi menghasilkan roti tawar yang empuk dan lembut. Dan terimakasih sudah berkunjung di Belajarbersamayudha.com dan sudah mengerti cara membuat roti tawar.

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com