Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Untuk Pemula

Cara Memulai Usaha Donat Rumahan – Diantara kamu pasti tidak asing lagi dengan donat. Donat merupakan makanan olahan yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Tidak heran jika banyak orang kecanduan dengan rasa nikmat yang ada pada donat.

Bagi kamu yang suka rasa manis, sepertinya donat menjadi makanan cemilan yang tepat. Biasanya donat dibuat dengan rasa yang gurih serta manis dari toping tambahan yang ada diatas permukaan donat.

Karena perkembangan jaman yang semakin maju, kita bisa mendapatkan peralatan untuk membuat donat dengan mudah. Sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus membeli di warung atau di mall.

Selain membuat donat untuk di konsumsi sendiri, kamu juga bisa menjualnya melalui online atau dititipkan di warung dekat rumah kalian. Tetapi jika kamu masih bingung harus memulai usaha donat seperti apa? Kamu bisa mempelajari cara memulai usaha donat rumahan yang akan saya bahas secara lengkap berikut ini.

Baca Juga : rincian modal usaha konter hp

Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Untuk Pemula

cara memulai usaha donat rumahan

Banyak sekali cara yang dimiliki oleh pengusaha donat, baik itu yang masih pemula maupun yang sudah sukses. Tapi hari ini saya akan memberikan rekomendasi cara memulai usaha donat yang sederhana saja, yang bisa kamu lakukan dirumah tanpa harus ribet dan mengeluarkan modal yang banyak.

  1. Menentukan Resep Terbaik

Mencari resep donat yang terbaik sepertinya tahap awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha. Tapi, jika kamu sudah memiliki resep sendiri itu akan jauh lebih baik ketimbang harus menjiplak resep orang lain.

Atau kamu bisa membuat donat dengan berbagai resep, sehingga kamu bisa membandingkan mana resep yang terenak dan layak untuk dijadikan makanan olahan donat untuk dijual kepada orang lain. Karena jika kita tidak mencoba bermacam resep, pasti rasa donat yang kalian buat tidak akan maksimal.

Atau kamu bisa membuat donat dengan takaran bahan yang berbeda dan takaran tersebut bisa kalain tulis di kertas atau notepad. Jika kita sudah selesai membuat donat dan ternyata rasanya lezat, kita bisa membuat donat kembali dengan resep yang sudah kita tulis tadi.

  1. Menggunakan nama yang unik untuk usaha donat kalian

Nama usaha atau brand jika tidak kalah penting ketika akan membangun sebuah usaha. Jika anda ingin memberikan nama, saran saya menggunakan nama yang unik. Selain unik, sebaiknya gunakan kata yang pendek saja supaya mudah di ingat oleh customer kalian.

  1. Menggunakan Logo Yang Cerah dan Lucu

Selain dari nama yang menarik dan unik, logo juga nggak kalah penting lho. Coba kamu posisikan sebagai pembeli, biasanya jika kamu ingin membeli makanan pasti sering melihat logonya terlebih dahulu.

Jika logo yang ada di brand makanan tersebut menarik, pasti kita juga akan semakin penasaran dengan makanan yang dijualnya. Untuk usaha donat rumahan, sebaiknya kamu menggunakan logo yang cerah dan menarik.

Tapi hal yang harus di perhatikan adalah, kalian harus tetap memasukan ciri khas donat yang kam buat kedalam logo tersebut.

  1. Memberikan Varian Rasa Yang Beragam

Biasanya donat yang dijual di warung disekitar rumah kita adalah donat dengan toping messis dan coklat. Atau kalau tidak biasanya dengan bubuk gula halus yang berwarna putih yang dicampur dengan donat tersebut.

Apakah kamu akan membuka usaha donat rumahan seperti itu? Tentu saja tidak kan? Jadi kamu bisa menggunakan varian rasa yang beragam dan unik atau anti mainstream. Jika toping donat yang kita berikan jarang digunakan oleh penjual donat lainnya pasti akan memberikan nilai plus untuk usaha donat kalian.

  1. Menyiapkan Alat Yang Diperlukan

Alat yang paling pokok untuk membuat donat adalah mixer. Tapi jika kamu mampu mengaduk adonan secara manual dengan tangan itu juga tidak masalah. Tapi jika kamu mengaduk adonan dengan tangan pasti hasilnya tidak akan selembut menggunakan mixer.

Untuk kalian yang punya budget lebih sebaiknya kamu membeli mixer sebagai alat untuk membuat donat. Karena dengan menggunakan mixer roti ini, kamu tidak akan capek dan hasilnya pun pasti lebih baik daripada menggunakan tanggan.

  1. Menentukan Pasar Dimana Kita Akan Menjual Donat Tersebut

Masuk saya soal menentukan pasar ini buka ke pasar mana kita akan menjual donat. Tapi, maksud pasar disini yaitu siapa sih target pembeli donat kita. Apakah anak – anak, pemuda atau orang dewasa.Atau mungkin segala usia?

Jika tujuan marketnya adalah anak – anak yaitu kamu tidak bisa menggunakan harga yang terlalu mahal. Secara logika uang jajan anak – anak juga tidak banyak. Beda halnya kalau target penjualan kalian kepada remaja atau abg.

Biasanya anak – anak abg tersebut lebih suka dengan hal yang menarik dan membuat penasaran. Tidak masalah itu harganya mahal atau murah.

Baca Juga : dimsum terenak di jogja

Akhir Kata

Gimana gaes? Apakah artikel cara memulai usaha donat rumahan ini bisa membantu kalian semua ? silahkan kirim kritik dan saran kalian di kolom komentar di bawah ini.

Karena kami menganggap kritik dan saran akan membuta website ini semakin baik dari sebelumnya, terimakasih.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *