Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung – Masalah ini seringi jumpai oleh para ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak kos. Bagi mereka mencuci menggunakan mesin memang sangat mudah dilakukan dan praktis. Tapi jika saat mencuci pakaian tidak berhati-hati maka akan menyebabkan mesin rusak dan tidak bisa digunakan secara maksimal lagi. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan membahas penyebab mesin cuci rusak tidak bisa berputar tapi mengeluarkan bunyi dengung.

Baca Juga:

Beirkut ini merupakan pengalaman pribadi yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Jadi ceritanya begini sekitar setahun lalu saya mengalami masalah pada mesin cuci yang  saya gunakan. Masalah tersebut adalah pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung saja. Saat itu saya juga sempat panik kenapa bisa begitu.

Mungkin bagi saya itu adalah pengalaman yang cukup berharga. Karena itu pertama kali saya memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak mau berputar. Mesin cuci yang saya perbaik ini memiliki model 2 tabung yaitu pengering dan bagian cuci dipisah.

Lalu apa sih yang menajadi penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak mau berputar dan hanya mengeluarkan bunyi dengungan saja. Silahkan simak ulasan yang ada dibawah ini.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar dan Hanya Mendengung

penyebab pengering mesin cuci tidak berputar adalah kapasitor rusak
kapasitor

Saat itu saya mencoba menganalisa penyebab pengering mesin cuci tidak berputar dan hanya berbunyi dengungan saja. Sebab itu saya coba mencari refrensi tutorialnya dari video YouTube. Dan akhirnya saya menemukan tutorial yang benar-benar bermanfaat.

Setelah beberapa menit membongkar pengering mesin cuci tersebut, akhirnya saya menemukan hal yang menyebabkan kenapa pengering mesin cuci rusak. Dan yang menyebabkan yaitu kapasitor yang rusak.

Kalian juga bisa mencoba melihat skema kelistrikan yang ada dibelakang mesin cuci. Untuk peralatan yang kalian butuhkan yaitu hanya obeng plus dan minus saja.

Selain peralatan Anda juga harus menyiapkan kapasitor yang baru untuk menggantikan kapasitor lama yang rusak. Lalu untuk cara mengganti kapasitor rusak di pengering mesin cuci bisa melihat tutorial berikut ini.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Cara memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak bisa berfungsi dapat dengan mudah dilakukan. Beberapa hal yang perlu kalian siapkan adalah:

  1. Obeng
  2. Kapasitor Baru

Kedua alat dan bahan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu untuk mempermudah pekerjaan. Untuk langkah-langkah memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar yang pertama adalah melihat skema kelistrikan yang berada di bagian belakang dari body mesin cuci.

Setelah kalian memahami skema listrik mesin cuci langsung bisa membuka body mesin dibagian belakang dengan menggunakan obeng. Saat membongkar pastikan untuk selalu memperhatikan kabel-kabel yang ada. Supaya saat nanti memasangnya tidak kesusahan.

Setelah itu copot kapasitor lama yang sudah rusak dan ganti dengan kapasitor baru yang sudah kalian siapkan. Cara melepas sambungan kabelnya juga harus diperhatikan sesuai dengan warna supaya tidak konslet. Saat membuka mesin saya sarankan kepada kalian untuk membersihkan komponen pada pengering mesin cuci tersebut.

Cek semua baut apakah ada yang kendor atau tidak. Jika ada yang kendor segera dikecangkan. Apabila semua sudah dipastikan aman bisa memasang semua kabel dan body mesin cuci. Dan coba menghidupkan apakah saat ini pengering mesin cuci sudah bisa berputar dan tidak mendengung lagi.

Baca Juga: Cara Membuat Stiker WA Wajah Sendiri Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Untuk mesin cuci yang kami perbaiki ini memiliki merk LG. Tapi cara ini juga berlaku untuk merk mesin cuci lainnya seperti Sanyo dan lain-lain. Oiya didalam kapasitor yang baru tadi ada 4 kabel dan berisi 2 kapasitor didalam satu kemasan. Kedua kapasitor tersebut memiliki daya yang berbeda biasanya adalah 5uF dan 10 uF.

Biasanya yang 10 uF untuk motor mesin cuci dan yang 5uF untuk pengering mesin cuci. Kalian bisa membeli di toko eletronik terdekat dari rumah. Untuk harganya sangat murah yaitu 20 ribuan. Semuanya tergantung merk yang kalian beli.

Sekian artikel dari kami tentang cara mengatasi pengering mesin cuci yang mendengung dan tidak berputar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Blog Militer | Kangyusufmn | tipspraktiz.com