Kenapa Shopee Selalu Kembali Ke Halaman Utama? Ini Solusinya

Saat ini Shopee menjadi salah satu e-commerce raksasa dengan pasar terbesar di Indonesia. Ada banyak produk yang dijual disana baik itu pakaian, makanan, jasa hingga alat elektronik. Terlepas dari semua itu Shopee tetap pernah mendapatkan masalah di Systemnya, ada saatnya dimana aplikasi Shopee error dan selalu kembali ke halaman utama.

Masalah lainnya yang juga tidak kalah sering terjadi adalah toko Shopee tidak bisa dibuka sehingga para seller tidak bisa berjualan.

Masalah ini meski sepele namun juga menyebalkan, apalagi ketika kita sudah memilih barang yang akan dibeli dan sudah saatnya checkout. Shopee selalu kembali ke halaman utama menjadi masalah yang cukup serius karena tidak terjadi sekali duakali.

Buat kamu yang penasaran kenapa Shopee selalu kembali ke halaman utama atau mengalami error yang lainnya. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan yang menjadi penyebab Shopee keluar sendiri dan bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Kenapa Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama?

Ketika kita sedang membuka aplikasi Shopee dan ternyata kembali ke halaman utama sebenarnya penyebab utamanya adalah dikarenakan aplikasi kadaluwarsa atau sistem sedang maintenaince.

Jika memang tidak dari kedua penyebab tersebut, maka masalah di aplikasi Shopee kemungkinan besar terjadi karena:

Bug Aplikasi: Shopee yang keluar sendiri bisa jadi disebabkan oleh bug di aplikasi Shopee. Karena bug tersebut maka aplikasi tidak bisa berjalan seperti biasanya. Jika memang bug yang menjadi masalahnya maka hanya developer aplikasi yang bisa mengatasinya.

Kuota Internet Habis: Selain bug, yang menjadi penyebab lainnya adalah koneksi internet yang tidak lancar atau kuota internet kalian habis. Jika memang kuota kamu habis maka layanan tidak bisa berjalan sama sekali bahkan bisa membuat Shopee kembali ke halaman utama. Untuk itu jangan lupa memeriksa jaringan internet yang ada di ponsel kalian.

RAM Penuh: Jika handphone kalian memiliki banyak aplikasi yang terinstal, coba sesekali kamu memeriksa ruang penyimpanan apakah sudah penuh atau belum. Karena RAM yang penuh maka akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi lain termasuk Shopee.

System Error: System yang error biasa disebabkan karena lonjakan pengunjung yang terlalu tinggi. Hal itu disebabkan karena adanya program flash sale atau event diskon. Hal itu dikarenakan tidak sedikit yang ingin memenangkan flash sale shopee dan mendapatkan hadiah yang menarik.

Mungkin keempat ulasan di atas bisa menjadi gamabaran umum kenapa shopee kembali ke halaman utama atau keluar sendiri.

Cara Mengatasi Shopee Selalu Kembali ke Halaman Utama

Jika kamu sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab shopee kembali ke halaman beranda, maka langkah selanjutnya adalah memberikan solusi. Namun solusi ini tidak bisa digunakan untuk semua keadaan, karena masalah yang kamu alami mungkin berbeda. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti semua cara mengatasi Shopee yang selalu keluar sendiri ke halaman utama.

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami masalah error di aplikasi Shopee.

1. Memperbarui Aplikasi

Coba kamu check versi apk Shopee yang kamu gunakan saat ini. Karena pihak Shopee sering melakukan pembaruan dari segi layanan dan produk yang mereka sediakan. Cara ceknya adalah kamu bisa masuk di Play Store dan mencari aplikasi “Shopee” jika memang sudah diperbaru maka tombol hijau akan bertuliskan “buka” jika aplikasi yang kamu gunakan versi lama maka keterangan di tombolnya adalah “Update”

2. Membersihkan Cache

Bagi pengguna HP Xioami maka kamu bisa memberishkan Cache di aplikasi Shopee menggunakan Xiaomi Game Turbo 5.0 Apk secara gratis. Aplikasi tersebut bisa kamu instal dan kamu gunakan untuk membersihkan file sampah yang tersimpan di HP Android milikmu.

Tapi ada juga cara membersihkan cache Shopee melalui “Saya” kemudian pilih ikon roda > Informasi > selanjutnya pilih menu Bersihkan Cache.

3. Paksa Berhenti Aplikasi

Cara mengatasi kenapa Shopee selalu kembali ke halaman utama adalah memaksa berhenti aplikasi Shopee. Langkahnya cukup mudah hanya perlu masuk di menu Pengaturan > kelola aplikasi > pilih Shopee > lalu pilih “Paksa Berhenti”

4. Menginstal Ulang Shopee

Terkadang ada beberapa aplikasi yang error dan harus melakukan Instal ulang. Hal ini berlaku juga di aplikasi Shopee yang error.

Untuk kamu yang mengalami masalah di aplikasi Shopee kamu bisa menginstal ulang aplikasi tersebut agar bisa berjalan normal kembali.

5. Menggunakan WiFi

Jika dirumah kalian tidak memasang WiFi maka kamu bisa login WiFi gratis yang sudah tersedia dimana-mana.

Karena koneksi internet stabil bisa menjadi penyebab shopee selalu kembali ke halaman utama. Langkah mengatasinya adalah mengganti ke Mode Pesawat selama beberapa detik setelah itu hidupkan paket data atau menggunakan WiFi.

6. Restart Perangkat Android

Apabila dari semua solusi di atas ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali maka kamu bisa mengatasinya dengan cara merestart hp yang kamu gunakan.

Setelah itu kamu bisa menutup semua aplikasi yang sedang berjalan termasuk Shopee.

Tunggu hingga beberapa saat hingga ponsel sudah siap digunakan kembali dan coba buka dan login aplikasi Shopee.

Jika masih kembali ke menu utama maka kamu bisa menghubungi Customer Service Shopee agar masalah yang saat ini kamu hadapai bisa segera teratasi. Kirimkan bukti yang jelas dengan cara membagikan tangkapan layar ke CS Shopee.

Akhir Kata

Jika ingin mengulas masalah di aplikasi Shopee pasti tidak akan pernah habis. Karena namanya juga aplikasi dan system pasti tidak akan luput dari error. Untuk itu kamu hanya perlu memahami penyebab dan juga cara mengatasinya.

Silahkan lagukan langkah mengatasi Shopee kembali ke menu utama yang sudah kami sampaikan di atas.