Peran Lingkungan Bisnis Internal dan Eksternal

lingkungan bisnis

Memiliki suatu usaha atau bisnis memang tidak hanya ditunjang dengan materi, tetapi lingkungan sangat mempengaruhi agar usaha atau bisnis dapat dijalankan dengan mulus. Pada artikel kali ini kita akan bahas singkat apa itu Lingkungan Bisnis, Jenis dan Faktornya, yuk simak di bawah!

Apa itu Lingkungan Bisnis?

Melansir dari accurate.id, lingkungan bisnis merupakan sebuah nilai keseluruhan yang terbentuk dari individu, institusi, serta kekuatan lain yang berasal dari luar kontrol perusahaan.

Tapi perusahaan ini masih dapat bergantung terhadap mereka, karena mereka lah yang telah membentuk performa perusahaan dan keberlanjutan perusahaan.

Ada beberapa faktor yang dapat membentuk lingkungan bisnis, yakni diantaranya pesaing(kompetitor), pemasok, media, kelompok, pelanggan, pemerintah, kondisi pasar, kondisi ekonomi, teknologi, pemodal, tren, dan masih banyak lagi faktor eksternal dari perusahaan.

Baca Juga:

Contoh kecil seperti ini, misal terdapat perubahan pajak yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berdampak pelanggan membeli produk dalam jumlah yang lebih sedikit dari barang yang Anda jual.

Disini, bisnis harus menetapkan kembali harga jualnya agar dapat keluar dari permasalahan seperti itu.

Meski perusahaan tidak terlibat langsung dalam perubahan tersebut, tetapi sebagai pelaku bisnis harus sanggup untuk beradaptasi agar bisnis tetap bernafas.

Selain itu juga dapat bertahan dengan cara memanfaatkan kesempatan yang ada agar dapat meraih hasil yang maksimal.

Baca Juga: Praktek Manajemen Bisnis Online di Masa Pandemi

Jenis Lingkungan Bisnis

Lingkungan dalam bisnis dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni Lingkungan Internal serta Eksternal, lantas apa itu jenis lingkungan bisnis internal dan eksternal? Berikut di bawah penjelasannya.

Lingkungan Internal

Lingkup Bisnis Internal merupakan jenis lingkungan  yang terdapat di dalam tubuh perusahaan tersebut, dan yang memiliki impact tinggi terhadap aktivitas bisnis. Lingkungan bisnis internal ini terbagi menjadi 3 yakni: resource, capability, serta core competence.

Yang dimaksud dari resource adalah ketersediaan bahan baku bagi perusahaan tersebut. Capability merupakan suatu kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak karyawan sementara core competence merupakan suatu kemampuan perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain.

Lingkungan Eksternal

Jika tadi kita membahas Lingkungan Bisnis Internal, tidak lengkap jika tidak membahas Lingkungan Eksternal.

Faktor Bisnis Eksternal merupakan faktor dari luar perusahaan. Perusahaan tidak bisa mengontrol hal tersebut.

Tetapi jika terus beradaptasi dan menyesuaikan dengan faktor tersebut. Lingkungan Eksternal dalam sebuah bisnis ini dapat dikategorikan dengan beberapa poin yakni:

Threat of new entries, bargaining power of customers, threat of subtitle products, bargaining power of suppliers, serta intensity of competitive rivalry.

Threat of new entries merupakan suatu ancaman produk persis yang beredar di pasaran dengan target konsumen yang sama pula. Dibalik itu, threat of subtitle products merupakan suatu ancaman terhadap produk yang bisa menggantikan produk tersebut.

Bargaining power of customer merupakan daya tawar yang diinginkan oleh customer. dan bargaining power of supplier merupakan daya tawar dari supplier.

Intensity of competitive rivalry merupakan bagaimana sikap perusahaan untuk menjawab tantangan dari pesaing. Perusahaan tidak dapat mengontrol atau menghambat kemajuan perusahaan lain.

Tetapi dengan mempelajari lingkungan bisnis ini, perusahaan sudah berupaya mereduksi, mengantisipasi, dengan membuat suatu inovasi.

Faktor yang Mempengaruhi

Dalam kedua jenis lingkungan bisnis di atas internal dan eksternal, terdapat faktor penting yang dapat mempengaruhi analisis tersebut.

  1. Media massa,
  2. Pemasaran,
  3. Ekonomi makro,
  4. Pemanfaatan teknologi,
  5. Kebijakan pemerintah.

Salah satu contoh faktor yang dikeluarkan kebijakan pemerintah dan mempengaruhi lingkungan bisnis adalah bea cukai rokok.

Kebijakan pemerintah yang menaikkan bea cukai rokok yang menyebabkan aktivitas perusahaan rokok tersebut menurunkan jumlah produksi.

Hal itu disebabkan karena customer lebih memilih tidak membeli rokok yang harganya semakin mahal.

Alhasil, sebagai pengganti banyak petani tembakau yang mulai menyuplai tembakau mereka ke kios/warung.

Baca Juga: Yuk Bisnis: Dapatkan Uang Tambahan di Masa Pandemi

Akhir Kata

Memiliki suatu usaha atau bisnis akan membantu perekonomian kita sebagai pelaku bisnis. di lain sisi sebagai pelaku bisnis kita harus memperhatikan lingkup bisnis agar bisnis dapat berjalan dengan mulus.

Lingkup bisnis merupakan sebuah hasil keseluruhan yang dapat terbentuk dari individu, institusi, serta faktor luar lainnya.

Sehingga perusahaan tetap dapat bergantung kepada mereka, karena mereka yang dapat membentuk performa dan keberlanjutan perusahaan tersebut.

Terdapat juga jenis lingkup bisnis yang dapat dimanfaatkan terutama pada faktor internal. Lingkungan internal tersebut juga memiliki impact tinggi terhadap perusahaan.

Selain itu lingkungan bisnis eksternal juga merupakan suatu faktor penunjang yang dapat pelaku bisnis dapat memanfaatkan dan mengkaji kategori poin lingkungan tersebut

Sebagai pelaku bisnis tidak dapat mengontrol faktor lingkungan bisnis eksternal.

Terdapat faktor juga yang dapat mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis tersebut yakni media massa, pemasaran, ekonomi makro, pemanfaatan teknologi, serta kebijakan pemerintah.

Memang terdapat dampak positif dan negatif tetapi faktor ini pasti akan tetap berjalan, mungkin itu yang dapat kami berikan perihal Apa Itu Lingkungan Bisnis, Jenis Dan Faktornya, semoga bermanfaat dan terima kasih.