Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer

pengertian dan fungsi processor pada komputer

Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer – Processor merupakan sebuah komponen yang terdapat didalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai otak untuk mengendalikan kinerja komputer. Sehingga baik atau buruknya sebuah processor akan menentukan kecepatan akses komputer atau laptop yang anda miliki.

Processor atau CPU pada Komputer dan Laptop Anda berfungsi sebagai pusat control semua program aplikasi yang terinstall dan berjalan pada PC Anda.

Ada beberapa jenis yang menentukan processor tersebut baik atau buruk?  Biasanya kualitas processor diukur dari kecepatan atau yang biasa kita kenal dengan istilah Ghz ( Gigahertz ). Semakin tinggil nilai Ghz maka akan semakin baik pula processor komputernya.

Sehingga ini bisa menjadi tips memilih prosessor yang baik ketika Anda akan membeli perangkat komputer yang baru maupun bekas.

Bagi Anda yang suka bermain game di PC, Anda bisa memilih spesifikasi porsessor diatas 3Ghz.

Baca Juga:

Pengertian dan Fungsi Processor Pada Komputer

pengertian dan fungsi processor pada komputer

Cara Kerja Processor

Cara kerja processor adalah sebagai terimanal atau pusat controling perangkat keras lainnya. Contohya : ketika kita menggunakan Mouse, Keyboard, Sound, Mic dan perangkat Hardware kita tidak akan bisa terlepas dari fungsi processor.

Ketika Anda menggunakan perangkat yang sudah saya sebutkan diatas, maka selanjutnya akan di olah oleh processor yang nantinya akan menjadi output didalam monitor komputer atau laptop anda.

Ketika Anda menggerakan Mouse, maka processor akan mengolah tindakan tersebut sehingga cursor dapat bergerak sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Kurang lebih seperti itu cara kerja dari sebuah processor.

Fungsi Processor

Dari uraian diatas, Kita bisa menarik kesimpulan tentang kegunaan processor yang terpasang di Laptop atau Komputer milik kita.

  • Untuk menjalanakan aplikasi atau program yang ada di Komputer atau Laptop
  • Menaplikasikan segala perintah dari user
  • Mengontrol seluruh sistem yang ada di komputer
  • Melakukan prosesing data yang telah diterima dari perangkat keras yang lain

Fungsi dari porsessor yang sudah saya sampaikan tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh perangkat keras maupun lunak lainnya.

Pada intinya, kecepatan processor tentu akan menentukan kualitas laptop. Apabila processor memiliki kapasitas yang besar pasti program yang berjalan di komputer juga akan semakin ringan.

Baca juga : Page Setup Berfungsi Untuk Apa? Yuk kita lihat!

Akhir Kata

Sekian artikel pengertian dan fungsi processor pada komputer dan laptop dari saya. Silahkan anda baca juga artikel seputar teknologi yang sudah kami sediakan untuk pembaca setia belajarbersamayudha.com

Baca Juga :

Tinggalkan Komentar