Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Page Setup Berfungsi Untuk Apa? Lihat Jawabannya disini

page setup berfungsi untuk  – pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fungsi page setup dan semua hal yang berkaitan dengan menu page layout yang biasa digunakan untuk mempercantik halaman dokumen.

Baca Juga:

page setup adalah fitur yang ada di dalam Microsoft office ( Word, excel, Power point, Acces, One note dan lain sebagainya ).

Biasanya aplikasi baik pengolah kata maupun angka selalu tersedia icon pengatur halaman atau page setup tersebut.

Saya kira Anda semua sudah tidak asing lagi dengan istilah page setup di Microsoft Office.

Page setup sering digunakan ketika Anda akan mencetak sebuah halaman ( Print Out ).

Jadi tujuan dari artikel kali ini adalah agar Anda bisa membuat halaman menjadi cantik dan rapi sebelum dilakukan percetakan.

Jika Anda sudah paham betul page setup berfungsi untuk apa saja? maka ini akan menjadi bekal untuk Anda ketika akan membuat Jasa Print atau Fotocopy sendiri.

Fitur – fitur yang mirip dengan page setup antara lain adalah Printer setup dan Print Review.

Pengertian Page Setup

Apa yang dimaksud dengan page set up? page setup merupakan tools bawaan yang ada disetiap microsoft office baik itu word, excel, power point, acces dan lainnya.

Biasanya page setup berfungsi untuk membantu kita ketika akan menyelesaikan sebuah tugas di Ms Word. Pekerjaan yang berkaitan dengan page setup antara lain adalah membuat surat, makalah, dan lainnya.

Akan tetapi, Jika anda yang masih belum tau apa saja fungsi page setup di ms word? silahkan anda membaca artikel ini. karena di dalam artikel ini saya akan mengulas apa yang dimaksud dengan page setup dan juga fungsinya!

Pengertian Dan Fungsi Page Setup di Ms Word Secara Umun

Dan sebagai pelengkap, kami juga akan coba mengartikan apa pengertian Page Setup menurut apa yang saya pahami..

Page Setup adalah sebuah fitur berbentuk menu pada aplikasi komputer pengolah kata dan gambar di mana fungsinya adalah untuk mengatur halaman (paper), pengaturan batas (margin), tata letak (layout), dan orientasi halaman yang berhubungan erat dengan hasil cetak fisik (print) hasil pekerjaan.

Page Setup diwujudkan dalam sebuah menu yang cukup kompleks. Poin pengaturan yang ada di dalam menu Page Setup berbeda-beda antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Ada yang cenderung simple, tetapi ada juga yang sangat lengkap.

Contoh aplikasi yang menggunakan Page Setup adalah: Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, dll), Corel Draw, Photoshop, dll.

Fungsi Page Setup pada Microsoft Office 

page setup berfungsi untuk mengatur halaman di word

Sudah sedikit kita singgung di atas mengenai fungsi Page Setup pada aplikasi Ms Office.

Secara umum dan mudah dipahami, Page Setup berfungsi untuk mengatur halaman (paper), pengaturan batas (margin), dan tata letak (layout).

Fungsi-fungsi Page Setup tersebut dirangkum kedalam sebuah menu di dalam sebuah aplikasi komputer yakni Microsoft Office. Melalui menu tersebut, pengaturan dapat dilakukan dengan submenu-submenu yang ada didalamnya.

Fungsi Page Setup ini dirasa sangat penting sekali untuk pekerjaan yang berkaitan dengan percetakan. Karena hasil dari Page Setup ini yang akan menyesuaikan ukuran kertas, margin, dan layout-nya ketika dicetak.

Salah satu aplikasi yang memiliki pengaturan Page Setup yang kompleks adalah Microsoft Word. Kami yakin kalian pasti sudah pada pernah menggunakan aplikasi ini.

Di dalam menu Page Setup Microsoft Word terdapat tiga kelompok menu dan setiap kelompok menu memiliki banyak pengaturan yang akan menyesuaikan dan merapikan hasil cetakan pekerjaan.

Meskipun banyak pengaturan di dalam page Setup Microsoft Word, pengoperasiannya tidaklah sulit. Kalian akan dengan mudah mempelajari dan memahaminya.

Page Setup Berfungsi Untuk :

Inilah ringkasan mengenai fungsi dan kegunaan dari page setup di Ms Word.

  • Sebagai tools untuk mengatur ukuran margin dan juga batas tepi di lembar kerja pada Ms Word
  • Membuat orientasi pada halaman
  • Mengatur jenis lembar kerja atau Work Sheet di Ms Word
  • Mengatur Judul Halaman Word
  • Digunakan untuk menyesuaikan break page setup
  • Mengganti latar belakang background di page setup
  • Menyesuaikan ukuran kertas ketika akan melakukan print out di Ms Word.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa page setup berfungsi untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan lembar kerja baik itu ukuran, jumlah, orientasi,layout halaman, margin,model dokumen ( Landscape atau Potrait ), menentukan jumlah kolom pengetikan dan tentu masih banyak fungsi lainnya.

Supaya Anda lebih puas terhadap pengetahuan akan fungsi page setup, Kalian bisa mencobanya sendiri di Ms Office yang kalian miliki. Bisa di HP atau di Komputer/Laptop.

Insert New Slide

Insert New Slide merupakan fitur pengatur slide yang ada di Ms Power Point. fitur tersebut biasa digunakan untuk mengatur jumlah slide, bisa untuk menambahkan slide baru atau menghapus slide yang tidak terpakai.

Cara Menambahkan Slide Baru dengan Insert New Slide

Cara untuk menambahkan slide baru di PPT sangat mudah. Cukup beberapa kali klik saja sudah selesai. Pensaran? berikut ini adalah langkahnya :

  • Klik menu Home
  • Setelah itu Klik ” New Slides Insert”
  • Pilih Group Slide
  • Lalu yang terakhir klik ” New Slide”
  • Selesai

Gampang kan? semoga dapat membantu anda ketika akan membuat lembar presentasi Anda menggunakan PPT.

Fungsi Peluncur Kotak Dialog Cepat

Kegunaan peluncur kotak dialog cepat adalah untuk melakukan pengaturan halaman pada microsoft office. Tetapi pada kesempatan ini saya akan membahas tentang fungsi kotak dialog yang ada di Ms Word.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kotak dialog cepat di Ms Word…

  • mengatur ukuran kertas termasuk tinggi dan panjang
  • mengubah posisi kertas menjadi landscape dan potrait
  • mengatur halaman menjadi normal, mirror atau membagi menjadi 2 sheet
  • peluncur kotak dialog cepat juga berfungsi untuk akses print out lembar kerja

Mengatur Jenis dan Ukuran Kertas di Word

Mengatur jenis dan ukuran kertas di ms word merupakan salah satu fungsi page setup. Dalam mengatur jenis dan ukuran kertas pasti tidak akan lepas dari yang namanya page set up. berikut ini saya akan share kepada teman teman bagian dari page setup yang berfungsi untuk mengatur jenis dan ukuran kertas adalah sebagai berikut :

  • Margin
  • Paper
  • Layout

Baca juga : cara mengatur page setup di Word

Akhir Kata

Saya harap setelah anda membaca artikel di atas. anda sudah bisa mengerti page setup berfungsi untuk apa saja. jika anda tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. kami persilahkan untuk share kepada teman kalian semua.

apabila ada hal yang ingin di tanyakan anda bisa tulis di kolom komentar di bawah ini. Dan terimakasih sudah mengunjungi web Belajarbersamayudha.com

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com