Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Studi Kelayakan Bisnis Aspek Lingkungan dan Keuangan

Pada saat Anda ingin untuk memulai sebuah usaha, maka perlu untuk memiliki ide yang kreatif. Tujuannya agar usaha tersebut dapat menarik minat konsumen. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa faktor lainnya, sehingga studi kelayakan bisnis ini penting untuk dilakukan.

Baca Juga:

Walaupun sebenarnya studi ini penting untuk calon pengusaha lakukan, akan tetapi masih banyak juga yang mengabaikannya. Sehingga, tidak jarang beberapa usaha yang menjumpai masalah dan kesulitan hingga akhirnya usaha tersebut tidak berlanjut.

Lalu, sebetulnya apa itu studi kelayakan bisnis? Apa saja aspek, tujuan, dan manfaatnya bagi suatu usaha dalam meraih kesuksesan? Yuk langsung kita simak saja informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Administrasi Bisnis: Pengertian, Ruang Lingkup dan Karakteristik

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis?

Untuk sebagian orang maupun pengusaha, studi kelayakan bisnis ini masih kedengaran asing. Namun, studi ini memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan suatu usaha. Oleh karena itu, pengusaha pemula sebaiknya perlu memahami mengenai apa saja yang berkaitan dengan studi tersebut.

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu aktivitas yang calon pengusaha lakukan dalam menilai  apakah bisnis tersebut layak untuk dijalankan atau tidak. Aktivitas tersebut yaitu mulai dari mengidentifikasikan masalah, peluang, menenutukan tujuan, hingga menentukan gambaran mengenai situasi usaha serta menilai beberapa manfaat yang akan diperoleh.

Terkait dengan usaha, studi tersebut dapat calon pengusaha pakai untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat. Bagi Anda calon pengusaha pemula, studi ini sangat penting untuk Anda lakukan agar dapat terhindar dari segala kerugian.

Terdapat enam bagian yang akan Anda teliti dan analisis pada saat melakukan studi ini, antara lain:

  1. Deskripsi Pasar
  2. Deskripsi Usaha
  3. Teknologi yang Anda perlukan
  4. Rincian tentang finasial dan struktur organisasi
  5. Kesimpulan mengenai usaha yang akan Anda rintis dapat maju

Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Ketika akan melakukan studi kelayakan usaha ini, terdapat berbagai aspek yang harus Anda teliti. Umumnya aspek-aspek tersebut memiliki sifat yang fleksibel. Jadi, dapat Anda tambahkan atauapun kurangi sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.

Berikut ini beberapa aspek dasar yang tentu akan Anda teliti pada saat akan melakukan analisis studi kelayakan, yaitu:

1. Aspek Hukum atau Legalitas

Aspek pertama yang sudah pasti akan Anda teliti saat melakukan studi kelayakan yakni aspek hukum atau legalitas. Hal tersebut berkaitan dengan semua hal yang menyengkut legalitas dan ketentuan hukum saat mendirikan suatu perusahaan.

Di aspek yang pertama ini, poin-poin yang akan Anda analisis yakni izin lokasi, NPWP, surat tanda daftar perusahaan, akta pendirian usaha dari notaris, SIUP, dan lainnya.

2. Aspek Ekonomi dan Budaya

Di aspek yang kedua ini, studi tersebut akan menganalisis dampak yang akan terjadi pada perusahaan karena kondisi sekelilingnya. Dari segi budaya, studi ini akan menganalisis cara perusahaan dalam mempengaruhi adat istiadat pada daerah sekitar.

Sedangkan dari segi ekonomi, akan menganalisis mengenai dampak perusahaan pada tingkat pendapatan per kapita di wilayah tempat perusahaan tersebut berdiri.

3. Aspek Pasar dan Pemasaran

Analisis yang akan Anda lakukan pada aspek ketiga ini yakni akan menjawab apakah produk yang perusahaan hasilkan mempunyai peluang pasar.

Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain potensi pasar, jumlah konsumen. Selain itu juga daya beli masyarakat, segmentasi, situsasi persaingan pada industri tersebut, dan lainnya.

4. Aspek Manajemen

Pada aspek manajemen ini berkaitan dengan operasional perusahaan baik pada pembangunan maupun pengembangan. Jika dibandingkan dengan semua aspek yang di analisis, aspek manajemen ini mempunyai cakupan yang sangat luas.

Hal tersebut karena seluruh hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan juga turut masuk ke kategori aspek manajemen. Mulai dari managemen sumber daya sampai finansial perusahaan.

5. Aspek Keuangan

Pada sebagian usaha, modal merupakan hal utama yang harus Anda miliki sebelum memulai suatu bisnis. Sehingga, aspek keuangan ini menjadi hal yang dapat menentukan apakah bisnis Anda akan berjalan lancar atau tidak di masa mendatang. Proses penganggaran merupakan hal yang harus Anda lakukan apabila hendak melakukan perencanaan bisnis secara matang.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan suatu usaha. Lalu sebenarnya apakah tujuan dari aktivitas ini?

Umumnya, tujuan utama seorang pengusaha melakukan studi kelayakan yaitu untuk mengukur peluang suatu usaha apakah dapat berlanjut atau akan berhenti di waktu tertentu.

Ketika menjalankan suatu usaha, setiap pengusaha tentu memiliki keinginan agar usahanya tersebut bisa meraik kesuksesan dan berhasil. Akan tetapi, jika tidak melakukan studi ini, pengusaha seperti menerobos suatu jalan yang tidak diketahui tanpa memakai petunjuk apapun.

Hal tersebut sudah pasti akan sangat merugikan pengusaha karena dapat mengakibatkan usaha yang ia jalankan gagal. Namun, ketika melakukan studi terlebih dahulu, pengusaha akan mengetahui apakah usaha yang ia jalankan dapat berjalan kedepannya atau tidak. Sehingga, dapat membantuk pengusaha dalam pengambilan keputusan.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Apabila dalam memulai usaha diawali dengan melakukan studi kelayakan terlebih dahulu, maka ketika usaha tersebut sudah berjalan hasilnya akan berbeda daripada yang tidak melakukan studi tersebut. Hal tersebut tentunya karena terdapat berbagai manfaat yang akan diperoleh ketika melakukan studi kelayakan usaha. Manfaat tersebut antara lain:

1. Resiko Kerugian Dapat Diminimalisir

Pada saat menjalankan suatu usaha, tentu aka nada berbagai hal yang tidak dapat kita prediksi. Sehinga, pebisnis harus menyiapkan segala sesuatu agar seluru hal yang akan terjadi di masa dapat dapat terantisipasi.

Melalui analisis studi kelayakan ini, pengusaha bisa meminimalisir resiko yang akan terjadi pada perusahaan. Selain itu, pengusaha juga dapat merencanakan aktivitas yang dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan.

2. Perencanaan Bisnis Menjadi Lebih Mudah

Ketika menganalisis kelayakan usaha, pengusaha akan memperoleh berbagai informasi yang berkaitan denan usaha yang akan di rintis tersebut. Informasi tersebut termasuk juga dengan kekurangan dan kelebihan yang suatu usaha miliki.

Sehingga melalui studi tersebut, pengusaha bisa lebih mudah dalam menyusun perencanaan untuk masa depan. Selain itu, pengusaha juga dapat menyusun rencana kegiatan yang akan memberikan keuntungan untuk perusahaan.

3. Pelaksanaan Bisnis Menjadi Lebih Lancar

Manfaat ketiga yang dapat Anda peroleh yakni program-program yang telah direncanakan sebelumnya bisa tereksekusi secara lebih mudah dan akurat. Melalui hasil analisis, pengusaha bisa menilai dan melakukan evaluasi terkait program dan kebijakan yang memberikan keuntungan dan kerugian untuk perusahaan.

Sehingga, pelakasanaan suatu usaha tersebut akan menjadi lebih mudah untuk terealisasi dan seluruh programnya akan memberikan keuntungan.

4. Kemudahan Dalam Melakukan Pengawasan

Terdapat banyak hal yang bisa Anda analisis saat melakukan studi kelayakan ini. Laporan-laporan hasil analisis dari beberapa aspek bisa Anda pakai dalam melakukan pengawasan.

Tidak hanya pengawasan dari internal saja, namun perusahaan juga bisa memperoleh pengawasan dari pihak eksternal. Jadi, pihak yang berwenang akan dapat lebih mudah ketika melakukan pengawasan melalui pedoman pada laporan analisis tersebut.

5. Pengendalian Menjadi Lebih Mudah

Ketika menjalankan suatubisnis, tentu pebisnis akan menjumpai berbagai masalah dan penyimpangan. Supaya masalah tersebut tidak membesar, maka pebisnis harus bisa melakukan pengendalian terhadap masalah tersebut secara cepat dan tepat.

Hal tersebut tentu akan bisa terwujud jika sebelumnya pebisnis melaksanakan studi kelayakan terlebih dahulu. Sehingga informasi  dan laporan hasil analisis dapat pebisnis pakai untuk menentukan aspek mana yang menjadi masalah. Selanjutnya, pebisnis akan dapat mengambil langkah yang tepat untuk penyelesaian masalah tersebut.

Baca Juga: Komunikasi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Akhir Kata

Studi kelayakan bisnis adalah salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan ketika hendak memulai suatu usaha. Melalui studi tersebut, maka resiko buruk yang akan usaha hadapi dapat diminimalisir.

Selain itu, melalui studi ini peluang perusahaan bisa menjadi lebih meningkat dalam mempertahankan eksistensi dan kesuksesannya. Jadi, bagi calon pengusaha ada baiknya jika melakukan studi kelayakan usaha ini supaya perencanaannya bisa menajdi lebih matang.

Baca Juga:
Blog Militer | Kangyusufmn | tipspraktiz.com