Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Bagi yang ingin tahu tentang komunikasi bisnis mulai dari pengertian, jenis, karakteristik, level dan fungsi. Mari kita simak artikel pada kali ini hingga selesai.

Baca Juga:

Menurut Himstreet dan baty (Himstreet William;Baty Wayne:1990) dalam bussines Communications: Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antara individu melalui suatu system yang biasa. Baik dengan simbol-simbol, sinyal – sinyal maupun perilaku.

Sedangkan komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam duna bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi  non-verbal untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga: Bisnis Vito Yang Paling Menguntungkan!

Karakteristik Komunikasi Bisnis

Berikut karakteristik komunikasi bisnis baik tulisan maupun tulisan:

  1. Pesan yang terdapat di dalam sebuah komunikasi bisnis dirancang untuk penerima maupun audinece. Sehingga pesan yang terkandung didalam komunikasi tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan penerima.
  2. Pada pesan bisnis pasti memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit.Ada pesan bisnis yang memang harus secepat mungkin diterima dan ada juga yang tidak. Untuk mempertimbangkan biaya biasanya dikaika dengan tingkat kepentingan. Infomasi yang di terima perusahaan bersedia mengeluarkan biaya yang reative lebih mahal.
  3. Tujuan disusunya pesan bisnis biasanya lebih dari satu. Dan pesan harus disusun dengan tetap mejaga hubungan dengan konsumen.
  4. Pesan bisnis harus memperhatikan nada dan pengaruhnya terhdap audience, sehingga dalam komunikasi bisnis harus memperhatikan kata dan informasi yang dikirim.

Dalam kehidupan bisnis saat ini, infomasi yang harus disediakan dan infomasi yang harus dibuthkan  perusahaan sangat banyak. Kalau sebelumnya perusahaan manufaktur perusahaan tak perlu memberikan informais-informasi mengenai bahan-bahan yang terkandung didalamnya.

Perusahaan uang sadar akan pentingnya identitas dan citra atau sadar reputasi aka memelihara komunikasi yang sevara efektif dan produktif terhadap lingkungannya. Selama ini banyak perusahaan yang tidak memperdulikan fungsi hubugan masyarakat. (Jurnal Administrasi Bisnis : 2010)

Fungsi utamanya adalah mengelola reputasi perusahaan dan produk linkungan baik internal dan terutama eksternal. Didalam reputasi perusahaan terdapat identitas dan citra. Reputasi dapat dipahami sebagai “what is generally said or belived abaout a persons or things character”.

Antara apa yang dipercaya dengan apa yang terjadi adalah dua dunia yang berbeda. Orang mungkin saja tidak percaya perusahaan X walau kenyataannya demikian. Begitu juga sebaliknya, bila reputasi buruk maka meski kenyataan baik, orang tetap sulit mempercayai. (Budi W.Soetjipto : 1999)

Fungsi Komunikasi Bisnis

Dunia bisnis sangat dipengaruhi gaya berkomunikasi pelaku bisnis terutama komunikasi non-verbal tidak terencana dan kurang terstruktur namun komunikasi non-verbal memiliki pengaruh yang lebih besar. Menurut (dan Bove: 1998) komunikasi non verbal memiliki fungsi yaitu :

  1. Untuk memberikan informasi
  2. Mengatur alur suatu percakapan
  3. Mengekspresi emosi
  4. Mengendalikan dan mempengaruhi orang lain
  5. Mempermudah tugas tugas khusus

Oleh karna itu perusahaan dituntut untuk memberikan kotribusinya dalam kehiduppan bermasyarakat. Artinya bahwa perusahaan harus mempunyai kewajiban social terhadap komunitas sebagai suatu yang berdiri sejajar dan saling membutuhkan.

Level Dasar Corporate Sosial Responbility

Ada empat level dasar Corporate Sosial Responsiility yang didefinisikan oleh peneliti dalam bidang ini adalah:

  • Hal yang bersifat kebaikan umum
  • Kepentingan pribadi
  • Keuntungan langsung dan kepentingan pribadi komersil

Komunikasi bisnis dipandang sebagai sebuah komunikasi yan digunakan untuk membangun partnership, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.

Di dalam komunikasi bisnis terdapat sebuah informasi yang lengkap baik itu sisi ekternal maupun internal. Selain itu juga terdapat sebuah visi dan misi dari perusahaan, strategi, rencana, dan kultur dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Jenis komunkasi ekternal antara lain adalah pemasaran, merk, iklan, komunikasi pelanggan, hubungan masyarakat, media, tawar menawar dan lain sebagainya. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).(Roy Rondonuwu : 2007)

Penerapan Program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik ( Good Corporate Government).

Diperlukan tata kelola perusahaan yang baik. ( Good Corporate Government) dirancang agar dapar mengatur semua hal terkait pelaku bisnis (stakheholders) untuk mencegah kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.

Peran humas tugas mengelola informasi dan komunikasi bukan hanya pada para consumer  dan para pelanggan, melainkan juga terhadap semua pemangku kepentingan perusahaan. Jadi pemasaran bertujuan untuk membujuk agar orang membeli. Humas membuka komunikasi dan memberikan informasi untuk mendidik (Frank Jefkins: 1994)

Dengan adanya reputasi maka akan muncul kepercayaan (trust). Karena mendapat kepercayaan dari pemangku kepentingan menyebabkan proses komunikasi dalam bisnis bisa berjalan dengan baik. Tidak semua pelaku bisnis bisa mendapatkan kepuasan dari perusahaan tersebut. Akan terjadi suatu gradasi daam mulai dari yang sangat puas dan mempercayai.

Untuk mengoptimalkan hasilnya, Humas perlu menerapkan komunikasi yang efektif. Sehingga mendapatkan aspek-aspek penting didalam sebuah bisnis.

Baca Juga:
Blog Militer | Kangyusufmn | tipspraktiz.com