Aplikasi Open Source Android – merupakan sistem operasi terbuka, jadi semua orang yang terhubung dengan jaringat internet memiliki hak untuk mengembakan aplikasi tersebut. hal baik dari apa yang di timbulkan sebuah program yang bersifat open source atau terbuka adalah dapat memberikan kesempatan kepada semua orang yang telah menerima keuntungan dari penggunaan program tersebut untuk bisa memberikan feedback kepada seseorang yang menjadi founder atau pendiri dari aplikasi tersebut.

secara sederhana kita mengartikan open source adalah sebuah kode sumber yang diberikan kepada siapa saja yang mau mengakses program tersebut. tapi kenapa kode sumber tersebut diberikan cuma cuma kepada orang lain? padahal kode tersebut merpakan nyawa dari sebuah perangkat lunak.

Baca juga : 10 aplikasi belajar bahasa korea terbaik & gratis

Nah kembali pada penjelasan yang awal memang kelebihan aplikasi android ini memang sengaja dibuat secara terbuka guna siapa saja bisa memperbaiki bug yang ada didalam aplikasi tersebut supaya menjadi lebih baik lagi.

lalu apa saja aplikasi yang ada di android yang memiliki model open source? berikut ini saya akan ringkas aplikasi open source pada android yang paling keren! simak yuk.

10 Aplikasi Open Source Android

meskipun aplikasi ini bersifat open source gratisan, tapi jangan salah lho aplikasi ini gak kalah keren kok dengan aplikasi yang berbayar. dengan fitur fitur yang lengkap sepeprti

Wikipedia

apllikasi open source

Siapa yang tak kenal dengan wikipedia? saya kira kalian semua sudah mengetahui wikipedia sejak lama. platform wikipedia ini menyajikan sebuah informasi yang valid dan terpercaya.

Wikipedia tidak perlu diperkenalkan, tetapi aplikasi Android sumber terbuka resminya memilikinya! Aplikasi ini berisi banyak fitur keren yang memungkinkan Wikipedia menjelajahi Android dengan mudah. Pratinjau tautan, penjelajahan dengan tab, tombol “tetapkan”, direktori, dan fungsi lainnya. Jadikan pengalaman pengguna di aplikasi ini menyenangkan.

Baca juga : 12 aplikasi aksara jawa gratis & paling lengkap

K-9 Mail

aplikasi open source

K-9 Mail tidak memiliki keindahan dari berbagai klien email di Android, tetapi kekurangan ini menutupi kekurangan ini melalui fungsi yang disediakannya. Klien email mendukung IMAP, POP3 dan dukungan Exchange, dan mencakup fungsi seperti pencarian, push mail, sinkronisasi multi-folder, tag, dan lain – lain.

QKSMS

aplikasi open source

Ada beberapa aplikasi SMS yang sangat keren yang tersedia saat ini, dan QKSMS tentu saja salah satunya. Aplikasi SMS memiliki banyak pilihan dan berbagai pilihan untuk menyesuaikan tampilan aplikasi. Beberapa fitur aplikasi yang sangat penting termasuk pesan tertunda, dukungan jendela pop-up, emoji otomatis, pesan teks terpisah, dan banyak lagi. Secara umum, QKSMS adalah aplikasi yang sangat kaya fitur, namun metodenya sangat lengkap.

Bahan Audiobook Player

aplikasi open source

buat kalian yang menginginkan pemutar buku audio sederhana tanpa opsi dan fungsi yang rumit, Pemutar Buku Audio Material Audio sangat direkomendasikan. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk memilih folder tempat buku audio disimpan dan menyediakan opsi untuk menyembunyikan file buku audio ini dari pemutar musik, yang dihargai. Ini juga termasuk opsi untuk menyesuaikan kecepatan pemutaran, bookmark, pengatur waktu tidur dan mengingat item sisa Anda.

Baca juga : 12 aplikasi pemutar musik terbaik

Kagum File Manager

aplikasi open source

Play Store menawarkan banyak aplikasi pengelola file yang luar biasa, tetapi Amaze menonjol dengan beberapa fitur keren yang dikemas dalam UI Desain Materialnya yang indah. Manajer file berisi semua fungsi dasar serta berbagi SMB, panel samping navigasi yang dapat dengan cepat berpindah antar folder, manajer aplikasi, browser root, dan kemampuan untuk menandai file.

VLC Media Player

apllikasi open source

Kita semua tahu pemutar media VLC, tetapi Anda tahu itu dapat digunakan sebagai aplikasi sumber terbuka. VLC untuk Android menyediakan dukungan untuk sebagian besar codec audio dan video serta streaming jaringan. Ini juga mencakup beberapa fitur keren, seperti perpustakaan media, kemampuan untuk menelusuri folder, audio multi-track, pergerakan volume, pencarian dan kecerahan, dll.

Baca juga : 14 aplikasi penghemat baterai untuk android

SInyal Messenger Pribadi

apllikasi open source

Kami telah membicarakan tentang Signal dalam daftar aplikasi Messenger aman terbaik, dan perlu disebutkan di sini karena memiliki sertifikat sumber terbuka. Messenger membawa fungsi perpesanan biasa dan dukungan untuk panggilan suara, tetapi fungsi keamanan USP terletak pada obrolan dan enkripsi ujung-ke-ujung dan protokol kriptografi.

Manajer ML

apllikasi open source

ML Manager adalah manajer aplikasi sederhana untuk Android yang memungkinkan Anda mengekstrak file APK dari aplikasi dan game yang diinstal dan membagikannya dengan mudah. Selain itu, Anda juga dapat membagikan semua file APK di aplikasi sistem. Versi profesional aplikasi memiliki lebih banyak fitur, seperti menyembunyikan aplikasi dari peluncur, menghapus instalan aplikasi sistem, dan membersihkan cache dari setiap aplikasi.

Baca juga : 6 aplikasi live streaming bola gratis

AntennaPod

apllikasi open source

AntennaPod yakni aplikasi pengelola podcast yang memungkinkan Anda streaming atau mendownload jutaan podcast (cuma-cuma dan berbayar) dari banyak penerbit. Seiring dengan petinggi seperti BBC, CNN dan lain-lain. Dia membawa podcast dari penerbit independen juga. Ada juga fitur pemutaran yang keren seperti antrian, kecepatan pemutaran yang dapat disetel, pengatur waktu tidur dan dukungan bab.

Browser Web Petir

aplikasi open source

Browser Lightning adalah sebagai ringan sebab memperoleh sekitar 2 MB. Tetapi, itu masih mengemas seluruh fitur yang kami harapkan dari browser modern. Browser berbasis WebKit mencakup beberapa fitur unik seperti mode warna berbeda, seluruh mesin pencari populer untuk diterapkan, agen pengguna, mode membaca, dan lainnya. Sedangkan Lightning tidak dipungut bayaran, itu tersedia dalam versi berbayar juga yang membawa AdBlock dan tab tanpa batas.

Baca juga : 10 aplikasi edit foto kartun terbaik

Akhir Kata 

itulah 10 Aplikasi Open Source Android Terbaik dan Gratis  yang bisa kamu dapatkan dengan cuma cuma. semoga dengan artikel ini bisa mendorong kalian semua didalam mengembangkan sebuah aplikasi.


1 Comment

Zatnika · October 16, 2020 at 2:22 pm

Luar biasa juga ya, Apakah Open Source dengan Free Sofware itu sama ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *