Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Mencairkan Bantuan KIS dari Pemerintah Rp 300 Ribu

Belakangan ini banyak sekali beredar kabar tentang bantuan sebesar 300 ribu bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat ( KIS ). Namun, beberapa diantara mereka yang menerima bantuan masih bingung bagaimana cara menecairkan dananya. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami akan membahas cara mencairkan bantuan KIS 300 ribu dari pemerintah.

Baca Juga:

Apa itu BLT KIS?

Bagi yang belum tau KIS, KIS merupakan singkatan dari Kartu Indonesia Sehat. Saat ini pemerintah baru mengadakan program bantuan terbaru di tahun 2021 yaitu bantuan BLT KIS.

Bantuan langsung tunai ini dibuat guna ingin mensejahterakan rakyat yang terdampak virus corona. Selain itu, dengan bantuan KIS ini pemerintah sangat mengharapkan bahwa masyarakat akan sedikit terbantu secara perekonomiannya.

Seseorang yang akan menerima bantuan pemerintah ini  merupakan anggota keluarga yang terkena dampak dari pandemi virus covid-19. Apabila Anda merasakan dampak pandemi covid ini, silahkan mencoba cek apakah Anda mendapat bantuan BLT KIS atau tidak.

Baca Juga : Cara Invite BiP Agar Semakin Banyak Teman Untuk Ngobrol

Cara Cek Penerima Bantuan KIS

Bagi Anda yang pensaran apakah mendapat bantuan KIS atau tidak, Anda bisa mengeceknya langsung melalui situs resmi Kementrian Sosial atau di dtks.kemensos.go.id.

Abaila nama Anda tercantum sebagai penerima bantuan pemerintah, maka Anda berhak mendapatkan uang tunai sebesar 300 ribu rupiah.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke dalam situs resmi dtks.kemensos.go.id milik Kementrian Sosial
  2. Lalu Anda pilih menu kepesertaan DTKS yang Anda inginkan. Disana terdapat tiga pilihan antara lain adalah NIK, ID DTKS atau BDT dan No PBI JK atau KIS
  3. Silahkan Anda masuk dengan pilihan No PBI JK atau KIS
  4. Masukan Kode Verifikasi atau Capctcha yang terdapat dalam situs tersebut
  5. Terakhir Anda cukup klik menu pencarian
  6. Selesai

Syarat Penerima BLT KIS

Untuk bisa mendapatkan uang sebesar 300 ribu rupiah Anda harus melewati beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Berada di Desa dan terdaftar sebagai masyarakat oleh RT dan RW setempat
  2. Seseorang yang sudah kehilangan pekerjaan atau merasakan kesusahan akibat Pandemi Covid
  3. Tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah pusat atau Bansos

Jika Anda masuk kedalam kriteria diatas, silahkan Anda segera mencairkan dana bantuan tersebut. Bagi Anda yang masih bingung dengan bagaimana cara mencairkan bantuan KIS, silahkan lihat ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Aplikasi Sejuta Cita Beasiswa, Berikut Cara Mendaftarkan Diri Anda

Cara Mencairkan Bantuan KIS dari Pemerintah

Berikut ini akan kami jelaskan bagiaman cara mencarikan dana bantuan dari pemerintah. Beberapa langkah yang akan kami sebutkan ini merupakan informasi dari beberapa orang yang sudah dapat mencairkan bantuan KIS tersebut.

Untuk mencairkan dana BLT KIS Anda harus mendatangi RT setempat atau dimana Anda tinggal. Nanti Anda akan diarahkan oleh kepala RT dimana Anda tinggal. Setelah itu, biasanya langsung di arahkan ke RW, disana Anda akan diberikan informasi lebih lanjut tentang cara mencairkan dana tersebut.

Yang perlu Anda ketahui adalah beberapa tempat memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Ada beberapa wilayah yang akan membantu mengurus dana KIS tersebut hingga cair hanya cukup mengumpulkan informasi lengkap tentang data diri Anda.

Namun ada juga beberapa wilayah yang mengarahkan Anda untuk mengurus sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda langsung mengunjungi Balai Kota yang ada disekitar rumah Anda untuk menanyakan langkah selanjutnya untuk mencairkan bantuan KIS pemerintah tersebut.

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com