Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop tidak bisa nyala – memang merupakan sesuatu hal yang sering terjadi. beberapa waktu lalu saya juga mengalami hal tersebut bahwa laptop saya tersebut mati akan tetapi lampu indikator tetap hidup. saya sempat panik karena saya hanya memiliki satu laptop saja dan harus saya gunakan setiap hari untuk mengerjakan tugas kuliah.

Baca Juga:

Oleh karena itu saya akan membagikan sedikit cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup untuk kalian semua. karena saya tahu apa yang kalian rasakan sekarang.

Baca Juga : Pengertian UPS dan Stabilizer

mungkin kita berpikir bahwa ketika layar laptop kita mati tetapi lampu indikator menyala kita menganggap hal tersebut adalah kerusakan pada layar monitor laptop kita. tetapi pada kenyataanya komponen yang mengalami kerusakan tidak hanya pada bagian layar monitor saja mungkin bisa di bagian yang lain.

jadi kita harus tahu apa penyebab laptop kita mati tiba – tiba. karena bagaimanapun juga laptop terbaik jika laptop tidak bisa menyala tetap saja tidak bisa digunakan. langsung saja kita simak penyebabnya.

Penyebab Laptop Mati Secara Tiba – Tiba :

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

1. Cara Mematikan Komputer yang Salah

mungkin sebagian besar kita menganggap cara mematikan komputer adalah hal yang sepele bagi kita, tetapi dengan hal yang kita anggap sepele akan menjadi dampak yang sangat pengaruh pada laptop kita. jadi buat teman – teman harus mengetahu cara mematikan komputer dengan benar. supaya terhindar dari kerusakan laptop seperti ini.

2. Baterai Habis dan Laptop Mati Secara Tiba – Tiba.

yang saya alami penyebab laptop saya tidak bisa nyala adalah karena laptop saya kehabisan baterai. jadi saya ingatkan buat teman – teman untuk menjaga daya baterai ketika menggunakan laptop. jangan sampe laptopmu kehabisan baterai karena akan menjadi penyebab laptop rusak.

Baca Juga : TOPOLOGI JARINGAN : Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

3. HDD Rusak

selain dari kesalahan tekhnis dari user ternyata ada yang bisa menjadi penyebab laptop mati dan tidak bisa nyala lho gaes. yaitu salah satunya adalah kerusakan dari HDD pada laptop kita.

apabila HDD pada laptop kita rusak biasanya akan muncul sebuah peringatan bahwa HDD tidak terdeteksi di laptop kita. dan untuk mengetahu kerusakan harddisk pada laptop kita bisa jadi memiliki cara yang berbeda beda.

4. Kerusakan Pada RAM

beberapa masalah yang timbul dari laptop tidak bisa menyala, penyebabnya adalah RAM pada laptop kita. mungkin bisa RAM rusak ataupun RAM tidak terbaca. untuk mengetahui RAM kita benar – benar rusak atau tidak kita bisa identifikasi dengan beberapa hal antara lain

a. Layar pada laptop kita akan mati

b. akan tetapi lampu indikator pada laptop kita akan tetap menyala

c. selain itu kipas akan tetap menyala laptop laptop dalam keadaan mati.

mungkin kerusakan di RAM ini bisa dengan mudah terdekteksi melalui beberapa ciri – ciri tersebut ya gaes.

Baca Juga : Daftar Laptop 1 Jutaan Terbaik Untuk Pelajar & Mahasiswa!

5. Kerusakan pada VGA

selain dari beberapa penyebab laptop tidak bisa nyala di atas adalah kerusakan VGA. ketika VGA pada laptop kita rusak, maka layar monitor pada laptop kita akan mati dan tidak akan muncul tampilan apapun pada laptop kita.

6. Kerusakan pada BIOS

penyebab yang terakhir yang memungkinkan laptop kita tidak bisa menyala tapi power tetap hidup adalah karena kerusakan pada BIOS. dan yang sering terjadi adalah di bagian Motherboard.

apabila kerusakan pada bios teman teman bisa langsung masuk bios untuk melakukan setting pada laptop sobat.

itulah bebrapa penyebab laptop mati dan tidak bisa nyala secara tiba tiba, jadi teman – teman harus kenal dengan penyebab itu dan intinya tetap tenang dan jangan panik ya gaes. karena dengan kerusakan tersebut kita bisa benahi dengan cara mengatasi laptop tidak bisa menyala tapi lampu indikator hidup yang akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Baca Juga : 5 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik 2020, Layak kalian dapatkan

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Berkedip

apabila kita tahu bahwa laptop kita rusak atau mati mungkin kita akan terburu – buru membawa ke service center atau tukang servis laptop. untuk kali ini saya akan membantu teman – teman untuk memperbaiki laptop yang mati secara tiba – tiba. berikut ini adalah langkah singkat yang bisa teman teman lakukan.

a. langkah yang bisa teman – teman lakukan untuk mengatasi laptop tidak bisa menyala adalah dengan cara menghidupkan power ketika posisi di charge.

b. apabila langkah di atas tetap tidak bisa menghidupkan laptop kita, kita bisa melakukan langkah selanjutnya kita bisa mencopot RAM pada laptop kita dan kemudian memasangnya lagi.

apabila dengan cara diatas laptop kita belum bisa normal kembali maka kita akan melakukan step yang selanjutnya dengan cara di bawah ini ya gaes.

Cara Memperbaiki Laptop yang Mati Secara Tiba – Tiba

a. kita harus menghubungkan ke layar monitor lain menggunakan kabel VGA apabila layar akan menampilkan program di laptop kita maka FIX kerusakan terjadi pada layar monitor kita.

b. apabila seudah mencoba cara diatas masih gagal coba senter LCD monitor pada laptop kita apakah terlihat ada program yang muncul bisa jadi lampu LCD pada laptop sobat yang rusak.

c. setelah itu kita bisa membersihkan RAM pada laptop kita dan memasangnya kembali bisa jadi RAM pada laptop kita kotor.

d. apabila hal diatas tidak juga berhasil makan kita perlu mengganti komponen pada laptop kita satu-satu mulai dari RAM,LCD dan Flexible.

saya harap cara mengatasi laptop tidak bisa menyala tapi layar monitor tetap hidup ini bisa berhasil ya gaes supaya bisa membantu kalian semua untuk mengatasi masalah laptop yang tidak bisa menyala.

teman – teman juga boleh apabila akan melakukan share artikel ini supaya juga dapat menolong orang lain juga 🙂

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com