Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Pengertian UPS dan Stabilizer : Komponen, Cara Kerja, Fungsi & Jenis-nya

Halo sobat yudha hari ini saya akan membahas sedikit tentang pengertian ups dan Stabilizer. selain itu saya juga akan memeberikan sedikit pengetahuan cara kerja dan komponen didalam ups dan stabilizer.

Baca Juga:

ups

Apa yang di maksud UPS?

UPS adalah sebuah perangkat yang bisa memberikan suplai daya dengan baik dan cepat tanpa sebuah hambatan. secara garis besar UPS memiliki fungsi sebagai backup daya pada perangkat elektronik dan juga memiliki manfaat untuk menyimpan daya ketika perangkat elektronik tersebut kehilangan aliran listrik.

beberapa hal yang sangat penting yang dimilki perangkat UPS ini adalah sebagai alat pengatur daya listrik. oleh sebab itu perangkat yang terhubung dengan UPS ini akan memiliki kestabilan arus listrik. selain itu UPS juga akan memberikan keamanan ketika terjadi arus singkat atau konsleting pada  perngkat elektronik yang di aliri listrik.

Baca Juga : TOPOLOGI JARINGAN : Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

pada umumnya Uniterrubtible Powes Supply atau UPS ini hanya dapat mengaliri daya listrik ke perangkat elektronik yang memiliki daya lebih rendah Misal UPS yang memiliki daya 700 Watt hanya bisa memberikan perangkat elektronik dengan daya 500 Watt. kita juga tidak bisa mengandalakan perangkat ini karena daya yang di alirkan hanya sebentar saja kira kira 20 menitan.

Manfaat UPS pada Kelistrikan 

ketika kita melihat beberapa pengertian UPS diatas kita semakin tahu bahwa perangkat ini memiliki manfaat yang sangat banyak terutama di bidang kelistrikan. lalu apa saja manfaatnya? yuk kita lihat artikel dibawah ini.

1. Dapat Menyimpan Daya

perangkat ups dapat menyimpan daya ketika listrik tiba tiba sedang mati entah emang terjadi kerusakan atau dari PLN. jadi untuk perangkat komputer yang pasti dialiri arus listrik perangkat ini bisa dikatan sebagai jantung dari sebuah kelistrikan.

apabila kamu belum sempat menyimpan data yang ada di komputermu, kamu akan di berikan waktu sekitar 20 menit melalu aliran dari perangkat UPS ini sehingga sangat menolong kamu untuk menyimpan data atau pekerjaanmu supaya tidak hilang.

2. Memberikan Kestabilan Pada Arus Listrik

pada dasarnya arus listrik yang mengalir dirumahmu atau dimana saja bersifat tidak tetap atau tidak stabil oleh karena itu diperlukan perangkat UPS ini untuk menyetabilkan arus listrik yang ada dirumahmu.

arus listrik yang awalnya tidak stabil setelah kita memasang  perangkat UPS ini listrik yang ada dirumah kita akan menjadi stabil sebagai mana mestinya.

3. Memberikan Cadangan Arus Listrik

kita tidak akan tahu listrik dirumah kita akan mati, oleh karena itu kita perlu suatu alat yang yang dapat menolong perangkat elektronik dirumah kita supaya tidak langsung ikut mati. karena memang fungsi UPS yang utama adalah memberikan cadangan atau suplai listrik ke perangkat elektronik lainnya.

jadi UPS ini memang seperti malaikat penolong ketika Listrik dirumah padam sehingga kita bisa melakukan aktivitas selama beberapa menit dan juga kita juga bisa memback up data data yang ada di dalam perangkat komputer kita.

4. Mencegah Korsleting Listrik

arus pendek yang akan terjadi dirumah kita merupakan hal yang sangat kita hindari karena dapat menghanguskan dokmen dokumen penting yang kita miliki, bahkan selain dokumen bisa jadi seisi rumah kita akan menjadi korban korsleting listrik.

untuk mengatasi hal tersebut kita memang perlu alat yang bisa mencegah hal itu. alat itu adalah UPS teman teman bisa menggunakan perangkat ini untuk meningkatkan keamanan kelistrikan dirumahmu.

Baca Juga : 15 Proyektor Mini Terbaik di 2020

Cara Kerja UPS :

UPS merupkan perangkat elektronik yang canggih , untuk cara kerja di perangkat ups ini tergolong tidak berbelit belit karena UPS akan otomatis berkerja ketika ada arus listrik yang tidak wajar di rumah kita, sehingga secara otomatis UPS yang akan menstabilkan.

selain itu ketika listrik dirumah kita padam UPS akan secara otomatis akan menopang kelistrikan dirumah kita selama jangka waktu beberapa menit saja. seperti itulah cara kerja UPS yang sangat simple yang mampu menolong kelistrikan dirumah kita.

Komponen – Komponen UPS

UPS merupakan satu perangkat yang sudah jadi dan memiliki fungsi sedemikian rupa yang sudah saya jelaskan diatas, dan kita perlu tau apa saja komponen komponen yang menyusun unit UPS tersebut. dan dibawah ini saya akan menjelaskna komponen tersebut.

1. Inverter

komponen inverter pada ups ini memiliki fungsi sebagai akomodir arus listrik yang mengalir pada perangkat komputer dan memiliki kelebihan mengubah arus searah pada listrik menjadi arus bolak balik pada listrik (AC)

2. Rectifier

komponen rectifier merupakan kebalikan fungsi dari Inverter karena komponen ini merubah arus yang semula AC menjadi arus Direct Current (DC)  yang berguna untuk pengisian baterai.

3. Baterai

komponen yang sangat penting dan wajib pada ups adalah baterai karena dari baterai ini UPS bisa memberikan daya ke perangkat elektronik lain dalam waktu beberapa menit dan biasanya selama 20 menit.

Baca Juga : Daftar Laptop 1 Jutaan Terbaik Untuk Pelajar & Mahasiswa!

Jenis – jenis UPS :

pada dasarnya UPS tidak hanya memiliki satu jenis saja melainkan memiliki beberapa jenis. apa saja itu? yuk kita baca.

1. Line Interactive UPS

line interactive ups

dalam jenis ini UPS sering kita jumpai dalam perusahaan skala kecil atau rumahan tetapi UPS jenis ini memiliki keunggulan dalam mengatur tegangan seacar otomatis

2. Stand By Offline UPS

stand by offline ups

jenis UPS ini memang paling standar, dan sering digunakan untuk keperluan pribadi misal komputer pribadi. karena perangkat jenis ini dapat membantu keamanan data kita ketika listrik tiba tiba padam.

3. Online Double Conversion UPS

online double conversion ups

jenis UPS yang satu ini merupakan jenis yang paling bisa di andalakan karena daya utama bersumber dari baterai dan tak perlu ada pengalihan daya ketika lisrik dirumah kita padam.

Baca Juga : Review Nintendo Switch Lite : Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Stabilizer :

pada dasarnya listrik yang stabil memilliki daya sebesar 200 Volt, ketika kita mengukur daya dirumah kita dibawah itu makan tentunya terjadi hambatan di aliran listrik. dan apabila terjadi hambatan di aliran listrik pasti akan menimbulkan dampak buruk bagi perangkat elektronik yang ada dirumah kita.

ketika perangkat elektronik kita tidak di aliri arus yang stabil makan hasil atau kinerja perangkat kita tidak akan maksimal dan menhgasilkan yang terbaik. oleh karena itu kita perlu membutuhkan stabilizer untuk menstabilkan aliran listrik dirumah kita supaya lebih optimal dan aman.

Manfaat Stabilizer : 

  1. Stabilizer akan mmeberikan kestabilan arus listrik kepada perangkat – perangkat elektronik yang dialirisi listrik khususnya Komputer,Kulkas, dll
  2. memberikan keawetan yang ekstra bagi komponen elketronik yang di hubungkan dengan stabilizer.

Baca Juga : 13 Emulator Android Terbaik Untuk PC

itulah bebrapa pengertian UPS dan Stabilizer serta berbagai manfaat,fungsi,cara kerja, komponen dan jenis – jenis nya . semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi yang benar dan manfaat untuk kalian semua. dan terimakasih sudah mampir di web belajarbersamayudha.com

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com