Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Cara Mengatur Page Setup di Word

Pengertian Page Setup pada Microsoft Word

Bagi orang yang baru memulai belajar komputer mungkin page setup sangat sering terdengar di telinga kalian. Tapi ada juga yang belum tau apa itu page setup? Jadi page setup pada microsoft word adalah sebuah menu yang ada di dalam menu bar yang memiliki fungsi sebagai alat pengatur halaman.

Baca Juga:

selain itu page setup berfungsi untuk Mengatur batas kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas, mengatur area cetak, mengatur jeda halaman, memberikan latar belakang dokumen dan mencetak / memberikan judul tabel.

Hampir semua aplikasi pengolah kata dan gambar di komputer memiliki bagian ini. Keberadaan part ini sangat penting karena berkaitan dengan pencetakan fisik (printing) pekerjaan komputer. Bagian ini disebut pengaturan halaman, dan setiap aplikasi pengolah kata dan gambar memiliki bagian ini

Jadi apa yang dimaksud dengan pengaturan halaman, dan apa saja sih fungsi dari page setup ini? mari kita pahami pada artikel dibawah ini.

Ketika berbicara tentang arti pengaturan halaman, kami tidak dapat menemukan arti dari paten. Kami mencoba mencari literatur dari buku dan artikel di Internet, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Kami belum menemukan pendapat ahli yang memenuhi syarat untuk menjelaskan arti dari pengaturan halaman ini.

Namun dalam beberapa artikel, kami menemukan banyak orang yang mencoba menuliskan arti dari pengaturan halaman. Dan setelah mengambil beberapa contoh, ternyata semuanya mirip dengan premis fungsi pengaturan halaman.

untuk lebih jelasnya manfaat page setup untuk apa? yuk simak artikel dibawah ini!

Baca Juga : Cara Membuat Dokumen Baru di MS Word

Fungsi Page Setup di Microsoft Word

Page setup merupakan salah satu tools yang ada di microsoft office. Tools ini sangat penting untuk anda ketahui. Karena dengan page setup anda bisa mengatur dan mengubar ukuran pada margin sesuai dengan keinginan anda. Selain itu page setup berfungsi untuk mengatur orientasi halaman dan ukuran kertas.

Anda mungkin asing dengan istialah page setup. Sebenarnya arti dari page setup adalah sebuah pengaturan halaman. Jadi melalui pengaturan halaman. Anda dapat mengatur halaman anda menjadi bentuk potrait mapun landscape.

Ketika anda berkerja di bidang percetakan anda tidak akan lepas dari tool pagesetup ini. Selain mempelajari apa saja fungsi dari page setup anda juga harus mengerti fungsi – fungsi dari printer setup dan juga print preview.

Nah biasanya jika kalian sudah membuat dokumen dan ingin mencetak dokumen tersebut. Anda perlu mengatur margin pada halaman tersebut agar ketika di printout bisa memberikan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu anda perlu memahami fungsi – fungsi tools page setup di microsoft office ini. Yuk simak!

  1. Page setup dapat digunakan untuk meyesuaikan margin ketika akan melakukan print out dokumen
  2. Selain itu page setup juga berfungsi untuk Mengatur ukuran dan posisi pada kertas sesuai kebutuhan.
  3. Fungsi lainya dari page setup adalah anda dapat mengatur printer yang akan anda gunakan.
  4. Manfaat menggunakan tools ini adalah dapat memberikan nomor secara otomatis
  5. Mengatur halaman menjadi vertikal ataupun horisontal

Selain pengertian page setup mungkin ada beberapa orang yang  belum mengenal apa fungsi dari page setup di microsoft word? Secara umum page setup berfungsi untuk mengatur sebuah halaman atau lembar kerja di microsoft word agar terlihat lebih rapi selain itu juga bisa untuk mengatur kertas ketika kita akan melakukan print out pada komputer.

Mungkin dari teman teman juga sudah ada yang mengetahui fungsi page setup tetapi ketika page setup word tidak berfungsi apakah kalian sudah bisa mengatasi itu semua? Jika belum pada kesempaatan ini saya akan membagikan sebuah cara mengatur page setup di word dengan mudah.  Kalian cukup menyimak artikel ini hingga selesai.

Okey, itu ya teman teman manfaat dari mempelajari page setup di microsoft word. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi dari page setup ini. Mungkin setelah anda mencoba sendiri anda akan mendapatkan manfaat menggunakan page setup.

Baca Juga : Fungsi Toolbar di MS Word

Langkah – Langkah Mengaktifkan Fasilitas Page Setup :

Bagi kalian yang belum tau cara mengaktifkan page setup di word. Kalian bisa mengikuti langkag dibawah ini.

  1. Buka menubar pada microsofr word kalian
  2. Langkah selanjutnya pilih page layout
  3. Tersedia tampilan Orientation, Size dan Columns. Atau kalian bisa memilih Margin untuk setting sebuah halaman.
  4. Setelah memilih margin lalu klik Custom Margin yang terletak Footer Bar Margin.
  5. Setelah Custom Margin di klik akan muncul tampilan page setup yang bisa kalian atur lewat margin, paper dan layout yang ingin kalian atur sesuai kebutuhan.
  6. Setelah semua telah kalian atur sesuai dengan keinginan maka langkah terakhir adalah Klik OK.
  7. Selesai

Fungsi Group Page Setup di Ms Word

Group page setup di sediakan bagi kalian untuk memberikan kemudahan ketika kalian ingin mengatur halaman, kolom teks serta ukuran kertas yang akan kalian pakai. Ketika kalian menggunakan fitur ini kalian bisa menyesuaikan ukuran kertas dengan jenis yang ingin kalian gunakan.

Baca Juga : Cara Mengatur Spasi Antar Teks di Word

Icon Group Page Setup Beserta Fungsinya

berikut ini adalah icon – icon yang ada di menu group page setup :

1. Margin

Margin pada Page Setup memiliki fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan bidang teks pada sebuah halaman lembar kerja.

2. Orientation

cara mengatur page setup word

Fungsi utama pada orientation di page setup ini adalah untuk mengatur posisi lembar kerja kalian misal potrait atau landscape.

 

3. Size

cara mengatur page setup di word

Kata Size merupakan bahasa inggris dari “ukuran” tentu saja fungsi dari size ini sangat berhubungan dalam mengatur sebuah ukuran lembar kerja di ms word misal A4,A3, Letter dll

 

4. Columns

Tab Columns di Ms Word ini berfungsi untuk mengatur jumlah kolom pada lembar kerja kalian. Misal satu lembar kerja ingin di bagi menjadi 2 atau 3 tergantung settingan column yang kamu inginkan.

 

5. Breaks

Breaks pada Page Setup berfungsi untuk mengatur sebuah kolom untuk teks dan juga bisa digunakan untuk mengatur sebuah halaman.

6. Line Number

Fungsi dari line number adalah untuk menambahkan angka terhadap baris teks.

7. Hypenation

Fitur page setup di word yang paling sering digunakan salah satunya adalah Hypenation yang memiliki fungsi sebagai pemisah suku kata terhadap tanda icon penghubung secara otomatis.

Baca Juga : Cara Menyimpan File MS Word

Akhir Kata :

Mungkin itu saya teman – teman yang bisa saya sampaikan hal terkait dengan page setup. Semoga dengan artikel ini sobat jadi tahu bagaimana cara mengatur page setup di microsoft word. Setelah membaca artikel ini kalian di harapkan mengerti apa itu pengertian page setup dan selain itu anda juga harus paham kegunaan daripada menu page setup tersebut. Jadi jika di tanyakan guru kalian bisa menjawab.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com