CMS Bank Aceh: Pengertian, Manfaat & Cara Daftar

Cash Management System atau CMS Bank Aceh merupakan salah satu layanan unggulan hasil perkembangan perbankan di wilayah Aceh.

Pengembangan layanan ini bertujuan untuk secara resmi memfasilitasi kebutuhan keuangan instansi dan bisnis di Provinsi Aceh.

Sistem cash management Bank Aceh juga merupakan awal dari transformasi digital di berbagai institusi di Provinsi Aceh.

Sebelum kita mengenal fungsi dan berbagai manfaat sistem pengelolaan uang Bank Aceh, kita juga bisa melihat lebih dekat kantor yang menerbitkan teknologi tersebut. Gambaran singkat tentang Bank Aceh berikut ini.

Bank Aceh

Bank Aceh

Bank Aceh adalah salah satu bank daerah di Indonesia dengan wilayah operasi utamanya di provinsi Aceh.

Seperti banyak bank daerah lainnya, Bank Aceh juga merupakan bagian dari perusahaan daerah, terutama di provinsi Aceh.

Bank Aceh berada di bawah naungan PT Bank Pembangunan Daerah Aceh yang resmi berdiri pada tahun 1973 dan terus eksis hingga sekarang ini.

Bank Aceh adalah salah satu bank daerah yang didedikasikan untuk perbankan Syariah. Lembaga perbankan terbesar di Aceh ini menawarkan beberapa layanan kepada nasabahnya.

Beberapa layanan publik Bank Aceh antara lain:

1. Layanan Pembiayaan:

  • Rahn.
  • Ijarah.
  • Pembiayaan Mikro Bank Aceh.
  • Murabahah.
  • Musyarakah.
  • Mudharabah

2.  Penghimpunan Dana:

  • Produk Deposito.
  • Tabungan Seulanga.
  • Tabungan Aneka Guna iB.
  • Produk Giro.
  • TabunganKu.
  • Simpanan Pensiun.
  • Deposito Mudharabah.
  • Tabungan Simpeda iB.

Bank Aceh juga menawarkan layanan RAHN (Gadai Emas), bank garansi, eksekusi dan penerbitan jaminan, referensi bank dan pengelolaan dana.

Bank Aceh juga telah menerapkan MEPS dan memiliki layanan giro wadiah.

Selain layanan dasar tersebut, Bank Aceh juga memiliki fasilitas transfer, RTGS, collection, settlement, layanan ATM dan ATM Bersama seperti banyak bank modern lainnya.

Sebagai bagian dari operasional bisnisnya, Bank Aceh juga menerima pembayaran untuk berbagai keperluan, antara lain: Pembayaran pensiun, Penerimaan BPIH dan pajak, Pengiriman uang ke luar negeri, Tagihan telepon, listrik, ponsel dan Pengisian pulsa ponsel.

Bank Aceh juga memiliki layanan BPDNet Online yang memfasilitasi pembayaran tunai, transfer cadangan, transfer ke BPD lain dan penerimaan transfer dari BPD lain. Semua fungsi tersebut dapat bekerja pada jaringan online banking BPDNet.

Baca Juga: Cara Withdraw Binance Ke Bank BCA

Cash Management System atau CMS

CMS  adalah layanan yang diciptakan sebagai hasil pengembangan lembaga perbankan, yang tujuan utamanya adalah komersial dan lembaga negara.

Layanan CMS membantu organisasi menyederhanakan berbagai proses keuangan bisnis mereka.

Tujuan CMS biasanya untuk menangani urusan keuangan umum lembaga. Layanan CMS mendukung transaksi sederhana dan kebutuhan keuangan institusi yang kompleks.

Kehadiran CMS memudahkan dan membuat transaksi menjadi lebih efisien bagi perusahaan dan institusi yang menggunakan layanan tersebut.

CMS merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengatur arus kas suatu perusahaan setiap saat.

CMS juga mencatat semua transaksi keagenan dan intra-agensi. Sehingga kebutuhan transparansi informasi dan dokumentasi profesional terpenuhi dengan baik. Bahkan bisa bekerja tanpa setting CMS yang rumit.

CMS Bank Aceh

CMS Bank Aceh menawarkan berbagai layanan untuk mengelola urusan keuangan berbagai lembaga.

Layanan CMS Bank Aceh digunakan oleh seluruh unit kerja pemerintah Aceh.

Sistem cash management Bank Aceh mendukung penuh transaksi digital untuk berbagai keperluan pembayaran. Semua transaksi ini menggunakan pembayaran gratis.

Sistem cash management Bank Aceh merupakan salah satu upaya untuk menekan pembayaran tunai di berbagai bisnis. Hal ini dapat meminimalisir berbagai kemungkinan kesalahan dalam penginstalan.

Berbagai pembayaran internal dan eksternal dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman melalui CMS Bank Aceh.

Penggunaan layanan ini memudahkan pengurangan pembayaran manual oleh petugas pengelola keuangan berbagai lembaga.

Ini juga meningkatkan efisiensi berbagai lembaga. Proses transaksi cashless dapat berjalan tanpa batasan jarak dan waktu selama terhubung dengan internet. Tentunya CMS Bank Aceh juga dapat mengurangi berbagai penundaan yang menghambat kinerja.

Cara Daftar CMS Bank Aceh melalui HP

Pendaftaran dilakukan dengan cara yang sama seperti pada aplikasi mobile banking lainnya.

Anda dapat mendaftar langsung melalui aplikasi Bank Aceh atau datang ke bank untuk layanan lengkap.

Sekarang Anda dapat mengunduh aplikasi itu sendiri dari Google Play Store resmi. Atau Anda bisa login menggunakan link CMS di atas.

Cara Login CMS Bank Aceh Lewat HP, Kompter atau Laptop

login cms bank aceh

Bagi Anda yang mungkin sudah mendaftar di CMS Bank Aceh maka bisa langsung login ke dalam CMS tersebut. Bagi yang belum mengetahui caranya bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini:

  1. Pertama kunjungi link https://ibc.bankaceh.co.id/authentication.
  2. Kemudian input kode Captcha
  3. Masukan username dan password
  4. Apabila lupa password, klik menu lupa password dan masukan email. Setelah itu password akan dikirimkan melalui email.
  5. Setelah itu klik Login untuk bisa menikmati fitur dan layanan dari CMS Bank Aceh.
  6. Selesai.

Agar dapat login tanpa kendala pastikan bahwa Anda masuk melalui cash management system yang benar. Selain itu username, passoword dan kode OTP juga jangan sampai ada yang keliru atau salah ketik.

Dan catatan yang terakhir adalah harus melakukan update OS yang Anda gunakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi.

Saat ini CMS Bank Aceh yang Anda gunakan adalah versi v.3.0.4.

Cara Mengatasi Lupa Password CMS Bank Aceh

  1. Pertama buka halaman https://ibc.bankaceh.co.id/forgot-password melalui perangkat Anda.
  2. Masukan kode Captcha
  3. Kemudian masukan username yang benar dan klik enter.
  4. Setelah itu kamu harus memasukan kata rahasia dalam kolom yang sudah tersedia
  5. Tekan tombol kode OTP untuk mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS dan Email.
  6. Masukan kode OTP sesuai dengan yang dikirimkan melalui SMS atau Email yang terkait dengan CMS Bank Aceh tersebut.

Manfaat Cash Management System Bank Aceh

Fitur CMS Bank Aceh menawarkan berbagai manfaat yang dirasakan di dalam dan di luar industri keuangan. Beberapa keunggulan CMS Bank Aceh di berbagai institusi adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan sistem cash management Bank Aceh yang lebih efisien

mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran tunai. Transaksi juga dapat dilakukan tanpa batasan waktu dan jarak jika pengguna memiliki koneksi internet.

2. Mudah digunakan

Sistem pengelolaan uang Bank Aceh dapat digunakan di smartphone dan komputer. Kedua pendekatan juga menawarkan aplikasi yang sangat sederhana dan mudah.

3. Keamanan dan Transparansi

Sistem cash management Bank Aceh mencatat semua transaksi di instansi tersebut. Sehingga kebutuhan transparansi data keuangan terpenuhi tanpa perlu penambahan tenaga kerja.
Semua transaksi di Cash Management System Bank Aceh juga menggunakan proteksi tingkat lembaga perbankan. Untuk memastikan bahwa semua transaksi aman untuk semua pihak.

Akhir Kata

Layanan CMS Bank Aceh dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai salah satu pilihan transformasi digital untuk berbagai instansi.

Selain bermanfaat, CMS Bank Aceh juga sangat mudah dikustomisasi. Bahkan kantor pengguna dapat mengurangi berbagai kebutuhan keuangan, program dan rutinitas secara otomatis didukung oleh CMS Bank Aceh.