Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Jenis Jenis UPS Serta Cara Kerja-nya

Apa itu UPS? Apa saja Jenis & Cara Kerja UPS ?

Halo teman – teman semua kembali lagi di web belajarbersamayudha.com, nah kali ini aku mau kasih tau kepada kalian semua apa saja jenis jenis ups. Sebelum kita bahasa fungsi dari masing – masing jenis ups tersebut kita cari tahu dulu yuk apa itu UPS?

Jadi UPS merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memberikan daya kepada alat elektronik lainnya. Cara kerja UPS ini hampir sama dengan sebuah powerbank, tahu kan powerbank? Itu lho yang untuk mengisi daya ponselmu.

Cara Kerja UPS dan Jenisnya

UPS ini layaknya sebuah powerbank versi komputer atau perangkat elektronik lainnya. Contoh kasus ketika listrik dirumah kita mati secara tiba – tiba maka otomatis seluruh perangkat elektronik yang terhubung dengan arus listrik dirumah kita juga akan ikut mati.

Nah oleh karena itu UPS hadir layaknya sebuah pahlawan ketika mati listrik. Jadi apabila dirumah kalian mati listrik dan kalian belum sempat menyimpan pekerjaan di komputer kalian maka kamu harus mengantisipasinya dengan memasang Ups.

Baca Juga : ciri ciri topologi ring

Tap Ups dapat berkerja hanya dengan waktu yang terbatas jadi tidak bisa berjam jam memberikan daya kepada alat elektronik seperti komputer.

UPS hanya mampu mengaliri arus listrik hanhya dalam waktu menitan saja kurang lebih hampir 50 menit saja. Jadi sangat membantu sekali jika kamu akan menyimpan sebuah pekerjaan ketika sedang mati lampu supaya pekerjaanmu tidak hilang.

Jenis jenis ups

Jadi sekarang udah tau kan apa itu ups dan bagaimana UPS berkerja? Tentunya kalian semua sudah tau setelah baca artikel diatas. Nah selanjutnya kita akan belajar mengenai jenis jenis apa saja yang ada dalam ups.

Jadi ups dibagi menjadi 4 macam yaitu : On-line ups, Offline ups, Line-Interactive ups dan Modified ups. Tidak usah menunggu lama lama yuk kita langsung saja bahas satu persatu dari tipe ups berdasarkan cara kerja diatas.

Ups Online

jenis ups online

Yang akan kita bahas pertama kali adalah ups tipe online. Memang secara cara kerja dan pengaruh nya ups online ini lebih baik daripada ups jenis offline. Ups jenis ini berkerja dengan inverter yang mampu mengubah arus listrik dari pusat. Dengan alat tersebut maka akan mampu mengubah arus AC menjadi DC dengan bantuan sebuah rectifier.

Setelah arus berubah menjadi DC maka baterai akan menerima suplaian arus tersebut setelah itu arus akan di kembalikan lagi menjadi arus bolak balik melalui inverter dan mengaliri peralatan elektronik yang terhubung.

Dengan inverter arus yang awalnya belum stabil maka akan distabilkan kelebihan lain dari ups online ini adalah tidak akan di pengaruhi oleh arus pusat jadi ups online ini dapat berkerja dengan maksimal. Sangat disarankan untuk menggunakan ups online ketika peralatan yang di alirisi listrik perlu arus yang stabil dan cukup sensitif.

Ups tipe offline ini mengatur arus secara mandiri dan diregulasikan dengan menggunakan komponen stabilizer supaya arus menjadi stabil. Tapi buat kalian yang minim budget ups jenis offline ini cocok sih untuk sementara waktu. Jika sudah mengumpulkan uang bisa mengganti nya dengan ups tipe online.

Ups Offline

jenis ups offline

Ups jenis offline ini tergolong lebih murah dari ups jenis online. Tentunya fungsi dan manfaat dari ups ini berbeda. Ups offline membutuhkan jeda waktu ketika sumber arus listrik dari pusat terputus. Jadi sangat berisiko terhadap perangkat elektronikmu yang sensitif.

Bisa bisa jika harus perangkat elektronik atau komputermu terestart sendiri dan data yang ada di komputermu akan hilang. Hal itu cukup merugikan bukan? Iya apalagi kalau tugas sudah mau selesai malah komputernya ngerestart sendiri.

Ups tipe Line Interactive

jenis ups link interactive

UPS tipe Line Interactive ini memliki sebuah komponen tambahan yakni AVR atau sebuah regulator otomatis yang dapat mengakomodir arus daya dari sebuah pusat menuju kesebuah peralatan yang memerlukan daya listrik

Ups jenis Modified

Ups jenis Modified

model ups yang satu ini memang jarang ditemui di pasaran layaknya tipe ups yang lainnya. Karena tipe ups yang satu ini biasa digunakan oleh para mekanik yang bergerak di bidang elektronik terutama pada sebuah komputer.

Baca Juga : topologi star

Cara Memilih Ups Berdasarkan Jenisnya :

Berikut ini adalah beberapa tips sebelum kamu membeli sebuah UPS.

  1. pilihlah UPS sesuai dengan kebutuhan
  2. minimal harus paham cara kerja ups
  3. gunakan UPS jenis online jika komponen elektronik bersifat agresif

sebelum memilih UPS yang akan kamu beli sebaiknya identifikasi kebutuhan yang akan kamu jumpai. Misalnya apakah harus membutuhkan arus yang stabil pada perangkat elektronikmu  atau arus yang standar saja sudah cukup. Hal ini perlu kamu pikirkan baik baik.

Baca Juga : topologi jaringan

itulah 4 jenis pada ups yang harus kamu ketahui sebelum membeli perangkat tersebut. semoga dengan artikel ini bisa memberikan sedikit saja manfaat bagi teman teman semua. dan terimakasih sudah berkunjung

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com