Langkah-Langkah Belajar Bahasa Jerman Dengan Efektif

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Jerman – Sebenarnya belajar bahasa Jerman itu gampang-gampang susah. Tentu saja dalam prosesnya juga tergantung dari niat serta bagaimana cara kita dalam belajar bahasa Jerman itu sendiri, seperti dikutip dari website pendidikan Eduversity.co.id

Berbeda dengan belajar bahasa Inggris yang mungkin anda sendiri sudah cukup familiar.

Belajar bahasa Jerman cukup sulit karena terdapat beberapa huruf-huruf tertentu yang membedakan antara bahasa Jerman dengan bahasa asing lainnya.

Namun saat anda sudah memutuskan untuk belajar bahasa Jerman, tentu saja anda harus memulainya dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut harus di lakukan karena dapat berpengaruh terhadap prosesnya.

Tips Dan Langkah-Langkah Belajar Bahasa Jerman Dengan Efektif

Bahasa Jerman sekarang ini menjadi salah satu bahasa asing yang cukup populer untuk di pelajari oleh kalangan anak muda di Indonesia. Terlebih lagi untuk mereka yang ingin mengikuti program-program internasional maupun pendidikan di Jerman.

Apakah anda termasuk orang yang ingin sekali menguasai bahasa Jerman? Jika memang begitu, tentu saja anda harus memiliki cara belajar yang cukup efektif agar dalam prosesnya belajar bahasa Jerman bisa di lakukan dengan cepat.

Untuk itu, bagi anda yang ingin belajar bahasa Jerman pada postingan kali ini saya sudah menuliskan beberapa tips nya untuk anda.

Mulai Dari Mengenal Huruf Serta Kata Dasar Bahasa Jerman

Langkah awal untuk anda yang ingin belajar bahasa Jerman pertama adalah denagn memulai dari mengenal huruf dan juga kata dasar dari bahasa Jerman. Sebenarnya dalam bahasa Jerman ini juga memiliki huruf alfabet yang mirip dengan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Untuk huruf alfabetnya sendiri, dalam bahasa Jerman terdiri dari 26 huruf mulai dari A sampai Z sama seperti bahasa Inggris atau Indonesia. Namun terdapat beberapa perbedaan dari bahasa Jerman yang membuatnya cukup unik. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Dalam bahasa Jerman terhadap huruf ekstra atau umlaut. Yakni huruf yang di atasnya terdapat tanda titik dua ( Ä Ö Ü )
  • Terdapat juga eszet atau B yang dalam pelafalannya dibaca sebagai huruf s double (SS)

Nah dua hal tersebut lah yang menjadikan bahasa Jerman cukup unik untuk dipelajari. Walaupun ada juga beberapa orang yang merasa kedua hal di atas menjadikan belajar bahasa Jerman cukup sulit.

Baca Juga : Translate Bahasa Banjar

Mulai Belajar Pelafalan Atau Pronunciation

Dalam belajar bahasa asing, termasuk juga bahasa Jerman tentu saja anda juga harus mempelajari bagaimana sih metode pelafalan atau pronunciation yang harus dilakukan.

Terdapat beberapa huruf maupun suku kata yang di ucapkan berbeda dengan pelafalan dari bahasa Indonesia. Untuk itu, anda harus mulai melatih dan membiasakan pengucapan maupun pelafalan dari Bahasa Jerman itu sendiri.

Misalnya saja seperti kata “Stuhl” yang berarti kursi. Mungkin dalam bahasa Indonesia, anda akan membacanya langsung stuhl, namun dalam bahasa Jerman anda harus membaca huruf “S” dengan “She”, artinya pelafalan dari kata tersebut menjadi “Shethul”.

Agar anda bisa dengan cepat menguasai bahasa Jerman, tentu saja anda harus rajin-rajin belajar mengucapkan setiap kosa kata dari bahasa Jerman. Perhatikan dan praktekkan setiap pelafalan dengan benar, karena jika salah ucap hal tersebut akan mengubah makna dari kata yang sedang anda ucapkan tadi.

Mendengarkan, Menulis Dan Membaca Dengan Bahasa Jerman

Berikutnya, agar anda bisa terbiasa dengan bahasa Jerman anda harus membiasakan mulai dari sekarang dengan mendengarkan, menulis maupun membaca dengan bahasa Jerman.

Anda bisa memulainya dengan mendengarkan lagu, film maupun video dengan berbahasa Jerman. Pastikan anda juga harus memperhatikan subtitle atau terjemahan dari video tersebut agar bisa terbiasa dalam pelafalannya.

Selain itu, anda juga bisa belajar menggunakan bantuan aplikasi belajar bahasa Jerman yang bisa anda install di smartphone android dengan gratis.

Baca Juga : Translate Bahasa Bali

Mengikuti Kursus Atau Les Bahasa Jerman

Langkah terakhir, agar anda bisa cepat mahir berbahasa Jerman. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk bisa cepat menguasai bahasa Jerman adalah dengan cara mengikuti kursus bahasa Jerman di Eduversity.

Eduversity sendiri merupakan lembaga pelatihan dan juga pembelajaran bahasa Jerman yang memiliki reputasi terbaik.

Sudah terkenal sejak dulu menjadi salah satu tempat kursus bahasa Jerman terbaik di Jakarta, tentu saja anda bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari belajar bahasa Jerman bersama Eduversity .

You cannot copy content of this page