TOPOLOGI MESH : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

pengertian topologi mesh

Apa itu Topologi Mesh?

Pengertian Topologi Mesh Merupakan rangkaian jaringan pada sebuah komputer yang tersusun dari beberapa kabel yang terhubung dari komputer satu dengan komputer yang lain dengan catatan dari satu sumber jaringan.

Topologi mesh adalah topologi yang lumayan populer dengan sebutaan topologi jala. Dengan topologi jala ini komputer yang berada dalam satu jaringan bisa berhubungan secara langsung.

Baca Juga : PENGERTIAN TOPOLOGI BUS

Dengan topologi jaringan mesh ini memungkinkan jaringan atau koneksi tetap tersalur meskipun ada salah satu koneksi yang terputus. Jaringan mesh biasa digunakan untuk sebuah jaringan nirkabel. Berikut ini merupakan gambar dan contoh topologi mesh.

topologi mesh

Baca Juga:

Karakteristik Topologi Mesh

Karakteristik Topologi mesh di pisahkan menjadi 2 jenis yaitu topologi mesh penuh dan topologi mesh terhubung sebagian. Jaringan yang ada didalam topologi mesh penuh ini memiliki keterkaitan antara satu komputer dengan yang lain. Dan berikut ini merupakan rumus menghitung koneksi yang terdapat di topologi mesh penuh :

N ( n-1)/2

N = total komputer yang berada dalam satu jaringan

Kemudian untuk topologi mesh yang terhubung sebagian hanya memiliki sedikit perbedaan dengan topologi mesh penuh yakni terdapat minimal 2 komputer yang terhubung dengan komputer dalam jaringan tersebut. Kelebihan dari topologi mesh yang terhubung sebagian adalah dapat mengatasi jaringan yang gagal dengan cara melakukan redudansi jaringan tersebut.

Baca Juga : PENGERTIAN TOPOLOGI STAR

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh

Didalam sebuah topologi jaringan pada komputer tidak akan terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Dan berikut ini saya akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan dalam jaringan topologi mesh.

Kelebihan Topologi Mesh

  1. Mampu mengelola jaringan dengan lalu lintas tinggi meskipun dengan sedang mengirimkan data secara bersamaan.
  2. Apabila terjadi putus jaringan tidak akan mempengaruhi jaringan yang lainnya.
  3. Tidak akan mengganggu perangkat lain meskipun akan ditambahkan sebuah perangkat baru

Kekurangan Topologi Mesh

  1. biaya yang diekluarkan untuk merangkai topologi mesh lebih mahal dari topologi jaringan jenis yang lain
  2. instalasi dari topologi mesh cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama
  3. kurang efisien karena terjadi redudansi pada jaringan

Baca Juga : Pengertian Topologi Ring

Cara Kerja Topologi Mesh :

Didalam sebuah jaringan mesh pasti akan menemukan sebuah cara kerja sevagai berikut : jaringan mesh ini pasti membutuhkan sebuah tabel rute yang akan menginfromasikan sebuah node. Dari node tersebut akan memberitahukan sebuah titik akses dan node tersebut akan menjadi sebuah alat untuk menunjukan sinyal tersebut akan diteruskan. Jadi kesimpulannya tanpa sebuah node dalam jaringan. Sinyal tidak akan bisa diteruskan ke titik akses jaringan tersebut.

Fungsi Topologi Mesh :

fungsi utama dari jaringan topologi mesh adalah untuk mengaitkan jaringan dalam sebuah perangkat terhadap perangkat lainnya dengan menggunakan sebuah rangkaian kabel. Oleh karena itu jika kita menggunakan topologi mesh maka komputer yang kita miliki bisa langsung terkomunikasi dengan komputer yang akan kita tuju.

Baca Juga : Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 

Ciri – ciri Topologi Mesh

Berikut ini merupakan ciri – ciri yang dimiliki topologi jaringan mesh.

  1. Topologi mesh ini berorientasi pada sebuah matriks
  2. Client server tidak di tentukan karena semua dapat menjadi client server.
  3. Komputer yang berada dalam satu rangkaian dapat melakukan komunikasi secara langsung
  4. Topologi mesh memiliki bentuk yang sederhana
  5. Terdapat redudansi jaringan

Baca Juga : Tips Mudah Belajar Komputer Dasar

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai disini dulu ya teman teman untuk materi topologi mesh. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian semua untuk lebih mengenali apa itu topologi mesh, ciri ciri topologi mesh, cara kerja topologi mesh, karakteristik yang ada dalam sebuah jaringan topologi mesh.

Mohon maaf apa bila terdapat kekeliuran didalam saya menuliskan artikel ini dan jika artikel ini dirasa bermanfaat boleh kalian share kepada teman – teman kalian. Terimakasih.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!