Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi : Sejarah, Manfaat, Persamaan & Perbedaan

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Halo teman – teman semua, hari ini saya akan membahas tentang pengertian tekhnologi informasi dan komunikasi. Jadi apa itu teknologi informasi dan komunikasi? Definisi TIK adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk memberikan sebuah informasi bagi seseorang.

TIK di bagi menjadi dua bagian yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Yang masing masing bagian tersebut memiliki fungsinya sendiri. Jika di definisikan teknologi infromasi sangat berkaitan dengan segala hal yang berbentuk infromasi mulai dari proses, penggunaan alat dan juga pengelolaan sebuah infromasi.

Baca Juga : Cara Mengatur Page Setup di MS Word

Sedangan teknologi komunikasi adalah sebuah perangkat atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan sebuah informasi kemudian memproses informasi tersebut hingga informasi tersebut bisa di bagikan dan diterima orang lain.

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi :

pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Sejarah teknologi infromasi dan komunikasi di Nusantara pertama kali dari sebuah radio di tahun 1925. Setelah penemuan radio tersebut munculah stasiun radio yang tersebar di seluruh indonesia. Setelah berpuluh tahun mendatang kira kira tahun 1965 munculah sebuah televisi yang menggeser eksistensi radio pada masanya. Dan TVRI lah yang menjadi stasiun TV pertama yang ada di indonesia.

Baca Juga : Pengertian Topologi BUS

Lalu sekitar tahun 1990an terbitlah internet di indonesia. Dengan kehadiran internet seluruh masyakarakat indoenesia sangat terbantu didalam melakukan segala aktivitas maupun pendidikannya.

Perbedaan Informasi dan Komunikasi :

Mungkin teman – teman semua menganggap bahwa tekhnologi informasi dan komunikasi adalah suatu hal yang sama. Memang jika kita lihat sekilas saja, hal tersebut hampir mirip. Tapi pada kenyataanya tekhnologi informasi dan komunikasi memiliki perbedaan.

Perbedaan tekhnologi informasi dan komunikasi ditekanakna pada sebuah tujuannya. Jadi tekhnologi informasi adalah kumpulan dari beberapa data yang akan di proses. Sedangkan tekhnologi komunikasi adalah hasil dari sebuah data yang sudah melalui tahapan pengumpulan dan pemrosesan hingga menjadi sebuah infromasi yang bisa disalurkan terhadap orang lain.

Sebagai contoh dari  perbedaan tekhnologi infromasi dan komunikasi. Perkembangan sebuah komputer yang bisa kita pakai hingga saat ini adalah sebuah contoh dari tekhnologi informasi. Sedangkan tekhnologi komunikas merupakan hasil kinerja dari komputer tersebut misalnya sebuah alat elektronika dan alat yang digunakan untuk menyampaikan infromasi dengan baik dan cepat.

Baca Juga : Pengertian Topologi STAR

Persamaan Infromasi dan Komunikasi :

Selain memiliki perbedaan, nampaknya Tekhnologi informasi dan komunikasi juga memiliki persamaan. Lalu apa saja persamaan dari tekhnologi informasi dan komunikasi? Jadi secara umum persamaan informasi dan komunikasi adalah hal atau aktivitas yang dapat diterima oleh orang lain dan orang lain mampu memahami dari apa yang kita sampaikan melalui sebuah alat atau media.

Infromasi dan komunikasi merupakan kedua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena masing masing memiliki fungsi yang saling berkaitan.

Manfaat Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

Selain memiliki fungsi mengumpulkan data, memproses dan mengiriman data atau informasi ke orang lain. Taknologi informasi dan komunikasi memiliki manfaat yang lain. Berikut ini merupakan manfaat teknologi informasi dan komunikasi di kehidupan manusia hingga saat ini.

Memudahkan seseorang untuk berkomunikasi

Manfaat yang di timbulkan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selain memudahkan seseorang untuk berkomunikasi jarak jauh juga bisa memberikan infromasi lebih cepat. Mungkin sebelum kemunculan internet seseorang yang ingin mengirimkan pesan harus melalui POS ataupun di tulis  dalam sebuah kertas.

Kini dengan perkembangan jaman terutama di bidang teknologi infromasi dan komunikasi dapat memudahkan seseorang mengrimin pesan secara cepat.

Dapat Melakukan Transaksi Secara Online dengan mudah

Sehubungan dengan maraknya penjualan online. Tentu akan memaksa kita untuk melakukan transaksi secara online. Dahulu mungkin kita melakukan transaksi harus menggunakan sistem COD ( Cost On Delivery ). Kini kita bisa lebih mudah melakukan pembayaran melaluii transfer bank. Dan itu semua tanpa kita sadari merupakan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi.

Melakukan Komunikasi tanpa batasan Waktu dan Tempat

Manfaat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang lainya adalah akses tanpa batasan waktu dan tempat. Bagaimana bisa ? saat ini kita sudah merasakan manfaat tersebut. Ketika kita mendapat tugas untuk mencari informasi dari internet bisa jadi kita mendapatkan sebuah jawaban dari wilayah yang berbeda dari tempat tinggal kita.

Selain itu ketika kita mengirimkan sebuah pesan kepada teman kita yang berada di luar negeri pun kita bisa tanpa harus menunggu beberapa hari untuk mengirim pesan tersebut.

Baca Juga : Pengertian Topologi RING

Memudahkan Kita Mencari Pekerjaan

Manfaat lain dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi selanjutnya adalah kita bisa lebih mudah mengakses lowongan pekerjaan tanpa harus mendatangi perusaahan tersebut dan bertanya informasi di sana. Cukup kita membuka internet kita dan melakukan pencarian lowongan pekerjaan maka kita langsung diarahkan kepada apa yang sedang kita cari.

Proses Belajar Lebih Efektif dan Efisien

Sebenarnya manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi masih banyak salah satunya adalah memudahkan kita dalam proses belajar dan mengajar kita. Apalagi saat ini sedang dilanda virus corona. Saat ini kita mungkin sedang melakukan pembelajaran online dari rumah tanpa ada halangan dan rintangan.

Itulah salah satu manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi yang sudah kita rasakan dalam kehidupan kita.

Bagaimana teman – teman apakah artikel ini bisa membantu teman – teman menemukan jawaban? Semoga dengan artikel bertemakan pengertian teknologi informasi dan komunikasi ini serta beberpa persamaan dan perbedaan dan juga manfaat dari teknologi informasi bisa memberikan wawasan untuk teman yang sudah membaca artikel ini.

Baca Juga : Pengertian Topologi Jaringan

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bisa kalian bagikan ke teman – teman kalian. Terimakasih.

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com