TOPOLOGI TREE : LENGKAP PENGERTIAN, CARA KERJA DAN KELEBIHAHN & KEKURANGAN

pengertian topolog tree

Apa yang dimaksud Topologi Jaringan Tree ( Pohon) ?

pengertian dari topologi tree dapat kita pahami sebagai sebuah struktur jaringan dalam bentuk rangkain listrik yang memiliki banyak cabang atau terminal ( node ). topologi ini memang nampak seperti topologi bus tapi didalam topologi tree hanya memiliki jalur tunggal saja.

Topologi Tree Merupakan ragam struktur khusus di mana banyak unsur terhubung disusun seperti cabang pohon. Sebagai figur, topologi pohon acap kali diaplikasikan untuk mengatur komputer dalam jaringan perusahaan, atau info dalam database.

selain itu Topologi Tree merupakan kombinasi dari topologi jaringan star dan topologi bus. Dalam topologi tree, node dari topologi jaringan bus yang mendasari diganti dengan topologi star lengkap.

Dalam topologi tree, cuma ada satu koneksi antara dua node yang terhubung. Karena dua node cuma dapat memiliki satu koneksi timbal balik, topologi tree membikin hierarki induk dan bawaan alami.

Baca Juga:

pengertian topologi tree

Alasan Topologi Tree Menjadi salah satu topologi jaringan yang paling efektif :

  • Terjadi komunikasi antara dua jaringan
  • Struktur jaringan menyerupai simpul akar, simpul orang tua perantara, dan simpul daun (seperti yang kita lihat pada pohon-n) atau struktur jaringan yang menunjukkan tiga tingkat hierarki karena dua tingkat hierarki sudah ditampilkan dalam topologi bintang.

keunggulan topologi tree:

  • Dapat dinilai sebagai leaf node dapat mengakomodasi lebih banyak node dalam rantai hierarkis.
  • Pengkabelan spot ke spot ke hub sentra di tiap-tiap simpul perantara dari topologi
  • pohon mewakili sebuah simpul dalam topologi bus
  • Jaringan hierarki lainnya tak tergoda sekiranya salah satunya rusak
  • Perawatan dan temuan kekeliruan yang lebih gampang

Kekurangan topologi pohon:

  • Kabel besar diperlukan
  • Banyak perawatan diperlukan
  • backbone membentuk spot kegagalan.

Cara Kerja Topologi Tree :

cara ekrja dari topologi tree ini mengakumulasikan karakteristik yang dimiliki oleh topologi star dan topologi bus. yakni dalam jaringan tree ini sinyal akan di salurkan terhadap seluruh node sehingga terjadi perluasan sebuah jaringan. akan menjadi hal yang wajar apabila di dalam dunia pendidikan seperti sekolah untuk mengkonfigurasikan jaringan topologi tree untuk menunjang  cara belajar mereka.

Topologi Terbaik dalam Jaringan Komputer : 

bagi teman – teman yang masih bingung untuk memilih topologi mana yang memiliki nilai paling baik antara topologi bus, topologi mesh, topologi ring, topologi star dan topologi tree. disini saya akan merekomendasikan topologi tree. kenapa? karena topologi jaringan ini merupakan jaringan yang berukuran kecil saja dan cocok untuk kegiatan kegiatan berskala kecil. lain hal topologi bisa menjadi baik itu semua tidak lepas dari perangkat node dan fitur keamanan yang selalu berfungsi.

cukup sampai disini ya teman – teman untuk pembahasan materi pengertian, cara kerja, kelebihan dan kekurangan dalam topologi tree. semoga dengan artikel ini bisa menjadi ilmu untuk kalian semua didalam belajar merakit topologi untuk perusahaan ataupun untuk menyelsaikan soal ujian di sekolah. semoga bermanfaat. terimakasih

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!