Belajarbersamayudha.com

Website tentang teknologi, tutorial, bisnis dan informasi trending

Strategi Bisnis e Commerce Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis

Semua bisnis online pasti ingin meningkatkan tayangan dan penjulannya. Meskipun berbagai strategi bisnis e commerce sudah pernah anda lakukan, tetapi itu belum bisa membuahkan hasil yang maksimal. menentukan strategi penjualan yang tepat merupakan tahap yang penting untuk anda lakukan.

Baca Juga:

Sebab itu, pada artikel ini kami mencoba untuk membagikan beberapa strategi e-commerce untuk meningkatkan penjualan di toko online anda.

Taktik yang akan kami sampaiakan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pembelian, entah itu customer yang baru pertama kali membeli produk atau customer yang pernah  berbelanja di toko online anda.

Lakukanlah strategi bisnis e commerce ini untuk toko online anda kedepannya. Pjika anda sudah melakukannya, lakukan audit pada teknik e commerce yang anda terapkan di toko anda, pilih mana yang paling baik.

Strategi Bisnis E Commerce Yang Wajib Anda Kuasai

E commerce marketing adalah teknik pemasaran online berupa promosi untuk meningkatkan tayangan ke dalam toko online anda. Sehingga dengan hal itu  menyebabkan terjadinya transaksi pembelian oleh customer, dan juga menjaga customemer lama untuk tetap kembali ke toko Anda jika hendak membeli produk yang dulu sudah pernah mereka beli.

Strategi bisnis e-commerce yang baik mempunyai arti bahwa taktik pemasaran juga harus baik entah layanan pada website atau di luar itu. Teknik pemasaran yang baik nantinya akan membantu mempromosikan toko online anda melalui sebuah branding, mendapatkan customer yang loyal, dan akhirnya bisa mencapai tujuan akhir yaitu penjualan yang meningkat.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan toko online. Salah satunya melalui startegi bisnis e-commerce yang anda gunakan. Sehingga dapat mendorong penjualan bagi produk yang anda miliki. dibawah ini merupakan cara mempromosikan produk dalam menjalankan e-commerce.

1. Menggunakan Teknik Upsell Product

Upsell Product adalah sebuah strategi penjualan yang digunakan untuk mendorong customer membelanjakan lebih banyak produk yang di tingkatkan melalui teknik upsalling.

Kita pasti tidak asing lagi denga kata kata berikut ini “Apakah kamu ingin melakukan optimasi produk anda?”. Hal ini merupakan salah satu strategi upselling untuk menarik pelanggan membeli produk yang premium dan bukan produk yang awalnya ingin mereka beli.

Sebagian besar dari perusahaan bisnis, melakukan teknik upselling karena dirasa sangat efektif jika di bandingkan harus mencari pelanggan baru untuk berbelanja di toko Anda. Biasanya, calon pembeli belum tahu bawha ada  produk premium lain yang serupa dengan apa yang ingin mereka beli ternyata ada di toko online anda.

Contoh nyata dari teknik upselling dari penjualan produk kecantikan adalah dengan menawarkan paket produk kecantikan.

seperti, membuat paket produk maskara dan lispitk, atau bisa menggabungkan produk seperti krim, lipstik dan juga produk lainnya.

Dari situ tadi customer akan kebingungan akan membeli produk ecer atau satu paket. Dan juga akan berpikir dua kali untuk membayar sedikit lebih banyak dari yang awalnya ingin pelanggan beli, tapi bisa memiliki produk lebih banyak.

Pastikan teknik ini benar benar bisa membua customer lebih tertarik untuk membeli produk lebih banyak.

Hal yang harus di pertibangkan untuk menerapkan teknik upselling e-commerce:

  • Produk yang ditawarkan berkaitan satu dengan yang lain.
  • Menganalisa kemampuan customer didalam mengeluarkan uang untuk membeli produk anda.

Produk yang ditawarkanh harus sesuai dengan apa yang di butuhkan konsumen. karena ada kemungkinan bahwa mereka tidak tertarik karena produck yang kita tawarkan tidak sesuai kebutuhan.

Pastikan harga yang diberikan terjangkau terhadap kantong customer kita. Berikan sedikit potongan untuk produk upselling yang kita tawarkan. Karena customer akan lebih tertarik dengan harga yang lebih murah dan mendapatkan produk yang banyak.

2. Aktif dan Ramah di Messenger

Banyak strategi bisnis e commerce untuk meningkatkan konversi penjualan, salah satunya dengan teknik live chat.

Dengan hal itu untuk anda bisa berhubungan dengan customer secara positif. sebagai contoh, anda  bisa berhubungan dengan customer melalui toko online / martketplace atau website yang anda miliki.

Adanya fitur live chat ini memudahkan anda untuk membantu customer ketika sedang mencari produk. Contohnya adalah dengan mengarahkan pada suatu produk yang ingin mereka beli.

Selain itu, Live chat juga berfungsi untuk melakukan percakapan langsung dengan konsumen. Sehingga anda nanti bisa membantuk mengatasi masalah yang dimiliki customer saat akan membeli produk yang anda jual di toko online anda.

Tujuan akhir dari fitur live chat ini adalah terjadinya sebuah transaksi penjualan dari produk yang di beli customer.

Lakukan hal ini dengan sebaik mungkin dan ramah sehingga customer senang berbelanja di toko online anda.

3. Memahami Kebutuhan Pasar

Jika anda punya keinginan untuk memperluas tingkat penjualan anda, maka anda perlu paham kebutuhan pasar dan menghitung modal yang anda miliki untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Hal yang bisa anda lakukan adalah riset kata kunci, kondisi geografis, apa yang sedang trending, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika modal yang kamu miliki belum cukup, anda bisa melakukan sistem pre order. Karena dengan cara itu kamu bisa tahu apa yang sedang dibutuhkan customer anda.

Sebagai model, seandainya Anda mencoba menetapkan satu dari tiga produk yang akan Anda rilis untuk dipasarkan.

Anda bisa membikin halaman untuk masing-masing produk dan menetapkan bahwa Anda menerapkan foto produk yang bermutu dan tulisan yang menarik untuk deskripsi produk yang akan di posthing.

Sesudah itu, Anda dapat menentukan stok produk menjadi “kosong” lalu nyalakan fitur “wishlist” atau “ingatkan sekiranya produk tersedia”. Dari sana Anda dapat memperhatikan produk mana yang paling memperoleh respon dari customer.

dan hasilnya nanti dapat Anda pakai untuk menentukan produk mana yang lebih bagus untuk Anda jual. Terutama dengan jumlah lebih banyak..

 

4. Meningkatkan Optimasi Pada Halaman Produk Toko Online

Conversion rate optimization atau (CRO) adalah cara yang biasanya digunakan oleh pengelola bisnis online untuk meningkatkan penjualan toko mereka.

Mempraktikan CRO akan membantu Anda untuk mengidentifikasikan masalah yang ada pada kios online Anda seperti, “di mana Anda kehilangan penjualan?”, “karakter customer yang dengan mudah meninggalkan toko?”, “hal yang perlu dilakuakn sehingga dengan mudah mendapatkan customer yang loyal?”, dan sebagainya.

Cara ini dikerjakan dengan cara penelitian kualitatif dan kuantitatif. sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang riil dan tidak memihak tentang bagaimana toko online Anda mengkonversi konsumen menjadi pelanggan konsisten

Sesudah menjalankan penelitian untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dari toko online tersebut, Anda dapat mengoptimalkan hipotesis dan ujicoba untuk mengamati pendekatan mana yang menjadikan penjualan terbanyak untuk bisnis e-commerce Anda.

5. Memberikan Reward Kepada Pelanggan Setia

Berkonsentrasi pada seorang pelanggan ialah metode terbaik yang bisa menghemat biaya dalam meningkatkan penjualan online dari produk bisnis Anda

Pelanggan yang kembali untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan bisa menjadi hampir 22% dari pendapatan Anda.

Menurut data yang di keluarkan stitch lab, customer baru hanya menyumbah 11% dari pendapatan toko. Pelanggan lama juga melakukan hampir 15% transaksi yang lebih banyak dalam setahun.

Salah satu cara untuk mengapresiasi pelanggan setia seperti mereka adalah melalui program loyalitas pelanggan. Ada banyak cara bagi pelanggan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari program rewards ini.

Customer yang kembali membeli produk atau layanan yang Anda berikan dapat menyumbang hampir 22% dari pendapatan Anda.

Salah satu cara untuk mengapresiasi pelanggan setia seperti mereka yaitu melalui sebuah program rewards kepada pelanggan setia. Ada banyak cara yang membikin pelanggan dan Anda menerima manfaat dari program rewards ini.

Dapat saja dengan memberikan pelanggan insentif tambahan untuk melaksanakan pembelian dan mewujudkan brand Anda berada di top of mind mereka dengan fitur pengingat otomatis.

Anda sendiri yang akan memilih cara apa untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia Anda, seberapa acap kali dan dengan cara apa.

Contohnya, Anda mungkin memiliki program yang berbasis nilai, dengan mata uang berbasis nilai hal yang demikian yang dapat di redeem dengan diskon, pengiriman cuma-cuma atau produk cuma-cuma dari Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan dalam proses dan peningkatan penjualan online untuk bisnis Anda.

Kalau Anda masih kewalahan dalam mengelola orderan dan bisnis dari brand e-commerce Anda, mungkin layanan dari e-commerce enabler dapat menjadi solusinya.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah tau kan strategi bisnis e commerce? Jika kalian benar benar melakukan strategi di atas dijamin usaha online anda semakin berkembang.

Untuk memperdalam ilmu marketing online anda, silahkan kalian baca model bisnis e commerce yang sudah saya posthing di web belajarbersamayudha.com

Selamat mencoba dan semoga bisnis online anda semakin berkembang!

Baca juga :

Baca Juga:

Leave a Reply

Blog Militer | Kangyusufmn |idwarta.com