Tujuan Dalam Pengembangan Komunikasi Dalam Jaringan Adalah – Jawaban

Tujuan Dalam Pengembangan Komunikasi Dalam Jaringan adalah – Komunikasi dalam jaringan mempunyai banyak tujuan. Berikut ini merupakan beberapa jawaban tentang tujuan komunikasi didalam jaringan.

Maksud dari komunikasi dalam jaringan disini terkait dengan membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan merupakan kegiatan tukar informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih didalam internet. Komunikasi yang dilakukan dengan internet disebut cyberspace.

Salah satu tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan yaitu untuk memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi tanpa harus memikirkan jarak dan waktu.

Tentu saja sebagai manusia yang hidupnya bersosial, kita tidak akan bisa menghindar dari sebuah komunikasi. Entah itu secara langsung ataupun melalui sebuah jaringan internet.

Pengembangan komunikasi dalam jaringan juga sudah terbukti dengan adanya produk digital yang semakin berkembang. Produk tersebut contohnya adalah Smartphone, Komputer, HT dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Selain produk fisik, contoh lain dari berkembangnya komunikasi dalam jaringan adalah terciptanya internet. Kita mungkin juga sudah tahu pasti bahwa ada jaringan type 5G.

Nah, itu merupakan cuplikan dari tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan yang akan kita pelajari saat ini.

Baca juga : Bagaimana seharusnya sikap kita saat menggunakan kertas?

Pertama kali ada komunikasi dalam jaringan adalah tahun 1960, tepatnya di  universitas of Hawaii. Setelah puas dengan temuannya itu,Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet ( komunikasi dalam jaringan internet ) atau disebut dengan Aloha

tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah …

Dibawah ini saya akan menjelaskan beberaoa manfaat dari pengembangan komunikasi dalam jaringan.

1. Sharing Resources

Dengan sharing resources anda dapat memisahkan sumber yang ada dengan artian bahwa program, peralatan dan hal lainnya dapat digunakan dilakukan dan dimanfaatkan secara bersama. Secara khusus hal yang ada didalam jaringan komputer tanpa harus terpengaruh oleh lokasi.

2. Media Komunikasi

Dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan,

Contoh : teleconference, Instant messaging, chatting. Mengirim surat elektronik (e-mail), dan aplikasi yang lainnya.

3. Integrasi Data

Tidak bergantung dengan komputer yang ada di pusat, segala proses yang ada didalam jaringan tidak bergantung dari satu komputer saja, melainkan dapat dibagikan kepada komputer lainnya dalam satu jaringan..

4. Memberikan Keamanan Pada Sebuah Data

Walaupun data kita bisa di akses orang lain dengan mudah, kita tidak perlu khawatir. Karena data kita didalam jaringan internet juga sudah dijaga dengan baik oleh system.

Salah satu tindakan keamanan yang dilakukan dalam pengembangan dalam jaringan antara lain adalah pemberian password yang akan digunakan sebagai akses login oleh pemilik.

Nah, hal ini juga merupakan salah satu manfaat dari komunikasi dalam jaringan.

5. Lebih Hemat Tenaga

Dengan sistem komunikasi daring, tentu saja tenaga kita tidak akan terkuras hebat. Pada jaman dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda wilayah kita harus menjumpai secara langsung.

Selain itu jika lokasinya susah untuk dijangkau atau jauh, paling kita menggunakan surat yang dikirimkan melalui POS.

Namun dengan adanya tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan ini semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi dalam jangkauan yang luas.

Dan dari situ akan timbul manfaat komunikasi dalam jaringan seperti efisiensi tenaga didalam diri kita.

Selain dari jawaban diatas, masih ada lagi tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah sebagai berikut :

  • Komunikasi tidak dipengaruhi oleh jangkauan wilayah
  • Informasi dapat lebih cepat sampai
  • Mengurang pengeluaran biaya ( yang dulunya menggunakan kabel sekarang hanya menggunakan sinyal )
  • Dapat mengirimkan lebih dari satu jenis file
  • Keamanan didalam informasi lebih terjaga
  • Informasi yang dikirimkan bisa lebih akurat

Contoh Soal :

Tujuan komunikasi dalam jaringan adalah . . .

  1. Untuk mengirimkan virus komputer atau mallware
  2. sebagai media untuk melakukan kejahatan melalui internet
  3. memberikan kemudahan untuk melakukan komunikasi dengan jarak yang jauh
  4. Mempersulit manusia dalam mengirim atau menerima informasi
  5. Mempermudah sharing file

Jawaban : C. Memberikan kemudahan untuk melakukan komunikasi dengan jarak yang jauh

Keuntungan dan Kerugian Komunikasi Dalam Jaringan

Kita disini pasti sudah mengerti bahwa komunikasi dalam jaringan memang dapat mendatangkan suatu keuntungan.

Terlepas dari hal yang dapat memberikan manfaat, komunikasi dalam jaringan juga dapat mendatangakan sebuah kerugian bagi penggunanya.

Pada kesempatan ini saya juga akan menyebutkan manfaat dari komunikasi dalam jaringan dan kekurangannya.

Apa saja manfaat komunikasi dalam jaringan?

Supaya penjelasan pada materi ini lebih lengkap, saya akan menyebutkan 3 keuntungan komunikasi dalam jaringan terlebih dahulu.

  • Lebih efektif dan efisien

Mengirimkan sebuah pesan melalui jaringan internet pasti akan lebih cepat dan mudah. Hal ini merupakan sebuah manfaat dari komunikasi dalam jaringan.

  • Dapat berkomunikasi secara pribadi dan juga berkelompok

Salah satu keuntungan menggunakan komunikasi dalam jaringan yaitu kita bisa melakukan komunkasi secara pribadi maupun secara berkelompok.

Jadi kita bisa melakukan komunikasi dengan cara mengirimkan pesan pribadi. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi melalui sebuah group.

  • Bisa berkomunikasi dimana saja dan kapan saja

Selain manfaat yang sudah jelaskan diatas, ternyata ada keuntungan lain menggunakan jaringan internet untung komunikasi.

Keuntungan tersebut adalah kita bisa melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja. Entah itu kita sedang berada didalam toilet atau dikebun dan juga pada tengah malam kita tetap bisa berkomunikasi.

Syaratnya hanya sebuah jaringan internet.

Kerugian Komunikasi Dalam Jaringan

Selain memiliki keuntungan, pasti tidak akan terlepas dari sebuah kerugian. Kerugian yang ditimbulkan dari komunikasi dalam jaringan salah satunya adalah harus mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah jaringan atau paket internet.

Selain biaya juga kekuatan dari sinyal internet. Jika sinyal internet kita down, maka kita tidak bisa melakukan komunikasi dalam jaringan.

Baca juga :

Kesimpulan

Komputer dan Jaringan merupakan suatu hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Karena jika didalam komputer tidak terhubung dengan sebuah jaringan, artinya komputer tidak dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. Begitupun jaringan, jika tidak ada media perantara maka jaringan juga tidak dapat digunakan.

Perkembangan zaman yang saat ini semakin maju. Mengharuskan kita untuk selalu paham apa tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan? Dan beberapa sudah dijelaskan oleh Belajarbersamayudha.com di atas tadi.

Tinggalkan Komentar

error: Content is protected !!