Cara Mudah Mengatur Kamera Inframerah di CCTV

Kamera Inframerah – hari ini saya akan membahas cara mengatur kamera inframerah pada cctv! Buat kamu yang masih bingung cara mengaturnya kamu bisa simak artikel ini hingga selesai.

Perlu Anda ingat jika sebenarnya selama CCTV menyala, maka indikator kamera inframerah juga akan menyala. Baik itu dalam keadaan terang ataupun dalam suatu keadaan yang gelap.Salah satu fungsi yang dimiiliki kamera inframerah adalah dapat menangkap gambar dengan jelas walaupun dalam keadaan yang sangat gelap sekalipun.

Lalu, apakah baik jika ternyata indikator kamera inframerah pada cctv terus menyala meskipun keadaan sekitar sedang terang?

Baca Juga : 5 Aplikasi Kamera Terbaik di Android, Gratis dan Lengkap!

Itu terjadi kamera CCTV yang kita gunakan selalu terpasang dengan ir cut module. Ir cut module adalah module yang sudah dipasang dengan docking lensa CCTV.Docking lensa yang ini memiliki penutup kaca otomatis yang dapat membuka dan menutup ketika triger tegangan berkurang.

Jika IR cut menyala, jalan cahaya akan dihalangi, sehingga menghasilkan gambar hitam putih.Tentu saja hasil gambar yang hitam putih ini tidak selalu diharapkan jika keadaan tidak benar-benar sedang dalam kondisi bahaya dan cahaya masih terhitung cukup.

Hal ini tentu saja menjadi suatu permasalahan yang tidak boleh Anda biarkan begitu saja. Jadi kamu harus sigap dalam menangani apa yang terjadi di kamera inframerah yang ada di cctv anda.

Baca Juga : 5 Kamera Analog Terbaik & Termurah 2020! Lihat Harganya Bikin Kaget

Mengatur Kamera Inframerah

Perangkat yang atau ini berada di depan dan merupakan bagian dari CCTV yang menentukan inframerah menyala atau tidak. Sensor yang satu ini berbentuk seperti resistor cahaya yang biasanya akrab disebut dengan LDR.

Ketika indikator kamera inframerahmu menyaka dalam keadaan terang sudag pasti sensor kamera inframerah anda rusak. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan membersihkannya dari debu jika memang alat ini berdebu. Cara lainnya Anda bisa mengganti dengan LDR yang baru.

sensor ini biasanya akan berdampingan dengan lampu infrared yang menjadi pertanda bahwa infrared menyala atau tidak.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kamera Prosumer Terbaik di 2020!

Kelemahan Kamera Inframerah — Kendala selanjutnya yang bisa membuat infra red terus menyala ialah, karena IR Cut Filter macet dan posisinya menutup.

Jika IR Cut Filter menutup lubang lensa, maka otomatis gambar yang tampil akan menjadi hitam putih.Padahal fungsi normalnya adalah IR Cut ini baru menutup jika mendapatkan triger dari LDR.Yang pertama bisa diakibatkan karena penggerak dari IR Cut yang macet sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Penyebab kedua adalah plastik filter sudah melengkung, sehingga menyebabkan ia tersangkut pada celah-celah rel IR Cut.

Penyebab yang kedua ini biasanya sering terjadi akibat kamera yang panas.Sehingga menyebabkan filter plastik di kamera inframerah akan meleleh dan melengkung. Atau bisa juga karena udara dan suhu dari lingkungan dimana CCTV tersebut dipasang. Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti docking lensa kamera.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik dan Berkualitas 2020

Nah itulah beberapa Cara Mengatur Kamera Inframerah di CCTV. semoga dengan artikel ini dapat membantumu yang masih kebingungan jika Kamera Inframerah di CCTVmu sedang rusak.

terimakasih sudah membaca artikel ini.

 

 

 

 

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Yudha Epsen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *