Cara Berkembangbiak Wortel Vegetatif & Generatif ( Penjelasan )

Tanaman wortel adalah jenis tanaman biennial yang mampu hidup hingga 12 bulan sampai 24 bulan. Saya yakin kalian semua pasti sudah tahu jika wortel sangat kaya akan vitamin A. Tapi apakah apakah kalin tahu cara wortel berkembang biak? Jika belum tahu mari kita simak cara berkembangbiak wortel pada artikel ini.

Wortel juga menjadi salah satu sayuran favorit bagi orang Indonesia. Sebagian besar makanan atau masakan selalui dicampuri dengan irisan wortel. Salah satu masakan yang biasannya ada wortelnya yaitu soup, risoles dan masih banyak lagi.

Baca juga :

Selain dibuat menjadi sebuah makanan, kalian semua juga bisa memanfaatkan wortel menjadi minuman jus yang sehat untuk mata. Karena wortel sangat kaya akan provitamin A.

Siklus hidup dari tanaman wortel

cara berkembang biak tanaman wortel

Rata – rata wortel bisa bertahan hidup sampai 1 – 2 tahunan. Ini dihitung mulai dari benih wortel sampai wortel tersebut mati. Pada tahun pertama biasanya wortel sedang mengalami proses pertumbuhan hingga siap panen. Dan tahun selanjutnya wortel mengalami proses reproduksi bahkan nantinya mati.

Bunga wortel memiliki warna putih dan memiliki ukuran yang kecil. Bunga wortel ini juga termasuk golongan bunga majemuk. Bentuk dari bunga ini hampir menyerupai seperti sarang burung wallet.

Bentuk bunga wortel yang menyerpuai sarang burung wallet ini memiliki arti yang cukup penting. Biasanya, bunga yang berada disisi luar akan lebih mudah matang, sehingg menjadikan bunga di bagian dalam akan menghasilkan serbuk sari yang baik dan subur.

Cara Berkembangbiak Wortel

cara tanaman wortel berkembang biak genratif

Regenerasi tanaman wortel ini bersumber dari biji. Menamam wortel sangat cocok pada tempat yang lumayan tinggi dan dingin. Dengan kondisi dataran dan cuaca seperti ini, maka wortel akan lebih cepat dewasa dan menghasilkan bunga untuk penyerbukan. Proses penyerbukan ini biasa disebut dengan perkembangbiakan generatif.

Diatas kita sudah dapat menyimpulkan bahwa wortel berkembang biak dengan cara penyerbukan generatif.

Pada tanaman wortel, bunga dari wortel tersebut dapat menghasilkan dua jenis biji. Salah satu alasan mengapa bunga wortel menghasilkan biji lebih dari satu antara lain karena setiap bunga wortel memiliki 5 sepal, 5 benang sari, dan 2 putik.

Setiap putih dari tanaman wortel ini memiliki 2 buah sel telur. Nah dari sini juga, peran angin dan serangga juga sangat penting didalam membantu proses penyerbukan dari tanaman wortel tersebut.

Untuk dapat menghasilkan benih wortel tersebut, maka harus melewati proses penyerbukan terlebih dahulu.  Dan proses ini harus dilakukan terus menerus hingga benih biji yang dihasilkan semakin banyak.

wortel berkembang biak dengan cara generatif

cara berkembang biak tanaman wortel memang tergolong sangat unik. Mengapa begitu? Penyerbukan wortel dapat dilakukan dengan sendiri dan juga bisa diserbuki oleh tanaman wortel yang lain.

Cara petani mendapatkan benih wortel biasanya dengan meneliti bagian unggulan dari benih wortel tersebut. Benih wortel terbaik bisa dilihat melalui biji wortel yang berada didalam buah.

Selain berkembangbiak secara generatif, nampaknya tanaman wortel juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Apa itu perkembangbiakan vegetatif pada wortel? Proses perkembangbiakan vegetatif yakni melalui umbi dari tannaman wortel tersebut yang ditanam didalam tanah. Perkembangbiakan vegetatif nantinya akan menghasilkan tunas baru untuk tanaman wortel.

Baca juga : 

Kesimpulan

Baik teman – teman pada artikel diatas dapat kita simpulan bahwa cara berkembangbiak wortel melalui 2 proses. Proses tersebut adalah vegetatif dan generatif. Didalam perkembangbiakan ini bisa dilakukan melalui biji dan juga melalui batang wortel yang nantinya akan menghasilkan tunas.

Tapi kalian jangan lupakan, peran serangga dan angin. Karena dengan mereka, proses penyerbukan akan lebih mudah. akhir kata dari saya terimakasih sudah berkunjung di web belajarbersamayudha.com dan apabila ada kritik dan saran bisa isi di kolom komentar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *